Rumus Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Rumus Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan.

Rumus Luas Rangka Atap Baja Ringan – Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung atau menentukan kerangka besi atau sejenisnya, hal itu dikarenakan untuk mengetahui luas total dari rangka atap baja tersebut memerlukan teknik khusus yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang terlebih lagi bagi yang masih awam soal teknik bangunan.

Fungsi utama dari menghitung luas yaitu Anda bisa mengetahui berapa keperluan dari baja yangAnda butuhkan untuk membuat hingga jadi, dengan begitu Anda tidak lagi kesulitan untuk mengetahui berapa besaran rupiah yang nantinya dikeluarkan. Selain itu dengan mengetahui rumus luas rangka atap baja ringan maka Anda tidak perlu repot-repot mencari kontraktor atau tukang bangunan.

Bisa dikatakan cara menghitung luas rangka atap baja ringan gampang-gampang susah, hal itu berkaitan dengan kebiasaan ataupun teknik yang harus dipelajari.

Bagi orang yang sudah mengetahui tata caranya maka bisa dikatakan sangat mudah sekali namun buat mereka yang masih baru pertama kali mencoba atau beberapa kali sudah pasti mengalami kesulitan bahkan bisa membuat frustrasi.

Untuk itu kami sarankan Anda terus mencoba belajar cara menghitung luas rangka atap baja ringan tersebut hingga benar-benar bisa jadi dengan demikian teknik tersebut bisa anda gunakan sewaktu-waktu.

cara-menghitung-rangka-atap-baja-ringan

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Atap

Saat ini sudah banyak rumah atau bangunan yang memakai rangka atap baja ringan karena diklaim lebih kuat dan juga kokoh dibandingkan dengan menggunakan bahan lain, walaupun secara harga rangka baja sudah pasti lebih mahal namun dapat dipastikan umur penggunaan rangka baja pada atap sudah pasti lebih panjang, tidak mengherankan kalau sekarang banyak tukang atau jasa yang menawarkan rangka baja untuk atap sedangkan soal harganya sendiri biasanya tergantung sesuai dengan tipe atau ukuran. Untuk lebih mudah menghitung luas rangka atap baja biasanya menggunakan rumus berikut ini:

V = (Panjang Bangunan + Overstek Genteng) x (Lebar Bangunan + Overstek Genteng)

Derajat Kemiringan Atap Genteng (Cos Yang Digunakan)

Sebagai contoh kasusnya rumus di atas agar lebih dipahami kami umpamakan ukuran bangunan rumah 10 x 10 meter ditambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume angka atap baja ringan adalah seperti di bawah ini.

  • Panjang Bangunan = 10+1+1 = 12 meter
  • Lebar Bangunan = 10+1+1 = 12 meter
  • Derajat Kemiringan = Cos 35 = 0.819
  • Volume = 12 x 12 : 0, 819 = 175,8 meter persegi
  • Jadi hasilnya sudah bisa diketahui untuk luas rangka atap baja ringan bangunan rumah anda yang dibutuhkan adalah 175,8 m2

Itulah tadi informasi mengenai cara menghitung luas rangka baja atap yang bisa Anda pelajari dengan sangat mudah, namun untuk semakin terbiasa maka Anda harus belajar berkali-kali supaya hasilnya lebih akurat. Nah, untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai material ini, maka selanjutnya kami akan bagikan cara pemasangan rangka atap baja ringan.

cara memasang rangka atap baja ringan

Pada dasarnya, pemasangan rangka atap baja ringan memiliki macam persyaratan teknis dan langkah-langkah kerja yang sistematis. Mengenai masalah tekhnik memasang rangka atap baja ringan adalah sebagai berikut :

Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang rangka atap baja ringan.

  • Pastikan bahwa kuda-kuda yang terpasang harus kuat dan stabil, serta harus terpasang tegak lurus terhadap ring balok.
  • Kerataan dalam ketinggian apex untuk pemasangan nok di setiap kuda-kuda.
  • Ratanya harus sisi miring pada atap.
  • Coating ataupun lapisan tidak timbul kerusakan.
  • Tidak terjadinya perubahan bentuk karena kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan.

Sesudah syarat diatas sudah terpenuhi, kemudian pemasangan kuda-kuda baja ringan sudah bisa dilaksanakan. Ada tiga tahap  yang utama dalam cara memasang rangka atap baja ringan ini, yaitu:

  1. Persiapan
  2. Levelling dan marking (penyamarataan dan penandaan)
  3. Pemasangan

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai uraian diatas bagaimana cara pemasangan rangka atap baja ringan dari tiga tahapan tersebut :

Persiapan

Pada tahapan pertama, yang harus dipersiapkan adalah:

  1. Gambaran perencanaan atap yang akan dipakai dan peletakan kuda-kuda.
  2. Perlengkapan peralatan yang akan dipakai untuk pemasangan kuda-kuda.
  3. Pentingnya Peralatan K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja) sebagai syarat paling utama untuk melakukan pekerjaan di atas ketinggian.

Leveling dan Marking (Penyamarataan dan Penandaan)

Apabila persiapan sudah terpenuhi, maka cara pemasangan rangka atap baja ringan yang berikutnya adalah kegiatan leveling dan marking :

  1. Pastikan bahwa pemukaan ring balon dan siku-nya merata.
  2. Pastikan bahwa rangkaian ring balok sudah terikat secara keseluruhan di bagian bangunan. Dan telah tersambung dengan benar pada kolom di bawahnya.
  3. Pengukuran jarak antar truss, kemudian tandai posisi untuk menempatkan truss sesuai dengan gambar rencana kerja.

Pemasangan Kuda Kuda

Sampailah kita pada tahap yang ketiga yakni pemasangan kuda-kuda:

  1. Apabila kuda-kuda terpasang sama dengan nomor urutan yang sudah di tandai. Pada saat memasang, pastikan posisi kanan dan kiri kuda-kuda supaya tidak terbalik.
  2. Mengecek kuda-kuda yang telah berdiri supaya tegak lurus dengan ring balok.
  3. Untuk pengencangan kuda-kuda menggunakan plat L.
  4. Untuk pengencangan plat L dengan ring balok memakai dynalbolt, dan tambahkan juga balok untuk menjadi penopan sementara agar kuda-kuda tidak berubah posisinya.
  5. Pemasangan material balok nok.
  6. Pemasangan bracing sebagai penguatan.
  7. Pemasangan reng pada jarak yang sudah di sesuaikan penutup yang digunakan. Disetiap pertemuan reng dengan kuda-kuda diikatt menggunakan sekrup (screw) ukuran 10-16×16 sebanyak 2 buah.
  8. Pemasangan outrigger (Outrigger merupakan suatu struktur tambahan yang berbentuk rangka batang berdimensi besar).
  9. Pemasangan reng-reng langit pada permukaan bagian atas bottom chord kuda-kuda di di sekrup (screw) dengan jarak masing-masing 120 cm.

Baca juga: Harga Genteng Metal

Itulah cara pemasangan rangka atap baja ringan untuk tekhnik dasar. Saran dari kami, jika Anda ingin menggunakan material konstruksi ini maka pilihlah tenaga ahli yang pastinya  sudah mengerti tekhnik dasar pemasangan rangka atap baja ringan.

Bahan bangunan untuk membuat atap rumah yang berkaitan adalah genteng, asbes gelombang, genteng beton dan seng galvalum.

Source:

menghitung volume atap baja ringan,rumus cara pasang baja ringan,cara menghitung rumus rang baja ringan,cara menghitung rangka atap baja ringan,cara menghitung pasangan atap baja ringan,cara menghitung meter baja ringan,cara menghitun luas kap,Cara mengetahui rumus kemiringan atap baja ringan,Rumus rangka baja ringan,cara hitung luasan atap baja ringan

Loading...