Cara Cepat Membasmi Rayap Pada Bangunan Rumah

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Cara Cepat Membasmi Rayap Pada Bangunan Rumah.

Mengatasi Rayap Di Tembok dan Kusen Kayu – Masyarakat Indonesia khususnya di daerah pedesaan masih banyak yang memakai atap rumah dari bahan kayu, selain sebagai tradisi penggunaan dari atap kayu sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan cara lain seperti rangka besi. Namun dibalik kelebihan-kelebihan bahan bangunan kayu tersebut ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh atap kayu salah satunya yaitu mudah sekali diserang rayap sehingga secara perlahan rumah bisa roboh karena kayu terus digerogoti oleh hewan pemakan segala tersebut.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membasmi rayap pada atap rumah, seperti yang kita ketahui bahwa kayu sangat rentan sekali terhadap serangan rayap apalagi jenis-jenis kayu yang rapuh. Walaupun demikian atap kayu tetap saja masih menjadi pilihan masyarakat dan dianggap memiliki banyak manfaat, sebagai atap rumah kayu sudah menjadi kebiasaan dan juga harganya yang lebih murah.

basmi-rayap-rumah

Jenis-Jenis Rayap

Seperti yang kita tahu bahwa rayap yang bersarang di dalam tanah dan memakan kayu, perabotan yang terbuat dari bahan kayu akan menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap sendiri memiliki 3 jenis yaitu :

  1. Rayap Kayu Kering

Rayap kayu kering ini banyak ditemukan pada kayu yang kering, biasanya di struktur timber dari gedung. Jenis rayap yang satu ini tidak terlalu tergantung pada sumber air dan tidak perlu untuk mencari makanan di dalam tanah.

  1. Rayap Kayu Lembab

Rayap kayu lembab biasa memakan kayu yang sudah membusuk, misanya saja kayu dari pohon yang jatuh.  Jenis rayap yang satu ini menjadi ancaman yang paling serius. Rayap kayu lembab ini biasa bersarang di tanah dengan kelembaban yang rendah.

  1. Rayap Tanah

Rayap jenis ini merupakan serangga sosial dan senang berkelompok untuk membentuk koloni dalam jumlah yang sangat besar. Mereka biasanya tinggal di bawah permukaan tanah dan selalu merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi melalui jalan tersembunyi yang hampir tidak terlihat sama sekali di fondasi dinding ataupun lantai.

Cara Mencegah Rayap

Keberadaan rayap memang akan sangat menganggu, sebaiknya Anda mencegah keberadaan rayap pada rumah Anda. Tindakan mencegah akan lebih menguntung daripada membasmi rayap setelah ia menghancurkan rumah kita. Adapun cara mencegah rayap adalah sebagai berikut :

  1. Memilih Kayu dengan Benar

Memilih kayu yang akan digunakan sebagai kusen ataupun perabotan rumah yang lainnya menjadi langkah awal pencegahan terhadap rayap. Ada dua jenis kayu yang kami sarankan untuk menghias interior rumah Anda, yakni kayu jati dan kayu merbau. Rayap sangat tidak menyukai kedua jenis kayu ini. Kayu jati tidak disukai rayap karena sifatnya yang sangat keras sehingga akan sangat sulit untuk dimakan rayap. Sedangkan kayu merbau akan mengeluarkan bau yang sangat khas yang tidak disukai rayap. Kayu merbau juga memiliki kandungan zat yang besifat racun bagi jamur dan juga rayap.

  1. Hindari Lembab

Tempat lembab  adalah tempat yang paling disukai oleh rayap untuk berkembang biak. Maka dari itu, Anda harus usahakan tidak ada kebocoran dalam rumah Anda. Namun jika ada kebocoran pada genteng ataupun saluran air, segeralah untuk menambalnya dan jangan biarkan terlalu lama.

  1. Mengenali tanda-tanda serangan rayap

Sangat penting sekali untuk mengenali serangan rayap, sesegara mungkin Anda harus melakukan penanganan sebelum rayap berhasil untuk merusak perabotan kayu Anda. Tanda-tanda serangan rayap bisa berupa serpihan-serpihan kayu dan juga lubang dimana-mana, akan ada semacam gumpalan-gumpalan kecil seperti lumpur yang menempel pada kayu. Selain kedua hal itu, gejala lainnya yang menunjukan serangan rayap adalah kemunculan laron. Penting diketahui bahwa laron merupakan rayap dewasa yang hanya keluar ketika akan berkawin.

  1. Injeksi Anti Rayap

Injeksi anti rayap harus dilakukan untuk dapat mencegah berkembangnya rayap-rayap. Sebagai tindakan pencegahan umumnya injeksi akan dilakukan sebelum rumah didirikan. Injeksi dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan anti rayap ke dalam tanah sehingga rayap tidak akan mempunyai tempat utuk bertumbuh di bawah rumah. Injeksi anti rayap ini mampu bertahan hingga 5 tahun.

Akan tetapi jika atap rumah Anda sudah mulai diserang oleh banyak rayap maka segera mungkin Anda harus bertindak agar atap tidak roboh, ada tiga (3) cara mudah membasmi rayap pada kayu seperti berikut ini:

1. Semprot menggunakan minyak tanah, dengan begitu atap rumah Anda bisa terhindar dari hewan tersebut cukup mengolesi pada bagian yang sering di makan rayap maka secara lahan perlahan bagian tersebut akan hilang.

2. Beri celah antara tembok dan kayu, biasanya pemilik rumah ingin membuat teras depan pada bangunan rumah dengan cara menempelkan langsung pada kayu dan tanah sehingga langsung menjadi santapan bagi para rayap, untuk menghindari hal itu lebih baik Anda memberikan celah antara tembok dan kayu supaya bangunan rumah dengan atap kayu tidak cepat rusak.

Namun apabila dua cara diatas masih belum begitu sempurna satu-satunya cara yaitu mengganti semua kerangka kayu tersebut dengan baja ringan, harganya memang lebih mahal namun ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda terima dengan memakai baja ringan misalnya saja lebih tahan lama lebih kuat tidak mudah terserang rayap dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Baca juga: Harga Kanopi Minimalis

Demikianlah informasi yang kami sampaikan mengenai cara menghilangkan rayap pada atap rumah dengan bahan kayu. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Loading...