Desain Dan Denah Rumah Minimalis

Rumah minimalis saat ini sudah semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar yang memiliki lahan semakin terbatas. Rumah dengan desain minimalis ini tidak akan memerlukan lahan yang luas sebagai tempat pembangunannya.

Justru desain rumah minimalis ini akan memanfaatkan setiap ruang yang tersedia dengan semaksimal mungkin. Penataan yang tepat juga akan membuat rumah model minimalis ini terlihat semakin cantik dan menarik.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara anda untuk mengatur ruangan-ruangan yang berada di dalamnya agar tetap fungsional dan menarik. Keterbatasan lahan tidak akan menjadi masalah selama anda dapat mengatur ruangan dengan baik. Disamping itu, bagian luar rumah jangan sampai luput dari perhatian.

Baca juga: Biaya Jasa Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Pada umumnya rumah model minimalis mempunyai ukuran yang kecil, seperti 35 atau 45. Rumah seperti ini biasanya hanya memiliki satu sampai dua kamar saja, dan satu kamar mandi, satu ruang dapur yang sering digabung dengan ruang makan, satu ruang tamu, dan satu ruang keluarga. Rumah dengan model minimalis ini hanya terdiri dari ruangan-ruang yang penting  dari segi fungsi.

Disamping itu, beberapa ruangan juga akan digabung. Seperti misalnya, dapur digabung dengan ruang makan dan ruang tamu digabung dengan ruang keluarga yang dipisahkan oleh sekat ruangan. Hal ini tak lepas dari keterbatasan lahan sehingga anda harus pandai untuk mengatur setiap ruangan dalam rumah minimalis anda.

Mengingat setiap ruangan luasnya sangat terbatas, maka furniture yang akan dimasukkan di dalam rumah minimalis harus memiliki ukuran yang kecil atau sedang. Hal ini bertujuan agar furniture tidak akan membuat ruangan  menjadi penuh sesak. Untuk ruang tamu anda bisa menggunakan meja dan kursi  berbentuk L yang menempel ke dinding dan menambah ruang gerak.

Sedangkan untuk ruang dapur anda bisa menggunakan konsep minibar supaya meja dan kursi makan bisa dimuat dengan mudah. Sementara itu, untuk  kamar tidurnya anda bisa menggunakan ranjang yang sudah dilengkapi dengan laci di bagian bawah sebagai tempat untuk menyimpan pakaian. Bisa juga menggunakan lemari dengan pintu geser supaya tidak memakan begitu banyak ruang.

Model Rumah Minimalis

Model desain rumah minimalis ini terdiri dari satu lantai dan dua lantai. Penambahan lantai bisa menjadi alternatif yang tepat untuk memberikan ruang tambahan dalam rumah karena lahannya sangat terbatas. Terlebih, jika anggota keluarga anda bertambah maka penambahan kamar juga harus dilakukan.

Dengan tidak adanya halaman yang luas untuk digunakan dalam menambah kamar maka anda harus memutar otak lagi. Hal ini bisa diatasi dengan cara menambah lantai rumah. Lantai kedua dapat digunakan untuk beberapa kamar. Sedangkan lantai pertama bisa digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang dapur.

Rumah Minimalis Modern

Mempunyai rumah yang berukuran kecil bukan berarti dapat disulap menjadi lebih indah. Anda bisa menerapkan penataan rumah modern yang mengutamakan segi fungsional dan nilai estetikanya. Kesan minimalis modern bisa dihadirkan lewat pemilihan bahan material, cat dinding tembok dan furniture yang digunakan.

Dengan pengaturan yang tepat, rumah berukuran kecil ini masih akan tetap terasa nyaman untuk anda tempati. Nilai estetika dari rumah juga dapat menambah kesan minimalis modern pada rumah sehingga bisa anda terapkan. Anda juga dapat mengonkonsultasikn desain rumah minimalis ini pada arsitek sehinggi bisa didapatkan model rumah yang sesuai dengan keinginan.

Teras Rumah Minimalis

Tidak hanya bagian interior saja, eksterior rumah juga harus anda perhatikan terutama teras rumah. Karena teras merupakan bagian rumah yang terlihat dari luar dan menjadi kesan pertama bagi para tamu yang berkunjung.

Teras rumah ini dapat diisi dengan sepasang kursi teras dan juga meja kecil. Kursi teras bisa digunakan untuk tempat bersantai di waktu luang maupun menjamu  para tamu yang  tidak sempat masuk ke dalam rumah. Selain itu, teras juga dapat diisi dengan tanaman hijau di dalam pot atau tanaman berbungan supaya semakin terlihat cantik dan indah.

Taman Rumah Minimalis

Gambar Rumah Minimalis

Untuk bisa mendapatkan inspirasi mengenai rumah rumah minimalis yang akan dibangun, anda bisa melihat gambar ataupun denahnya dahulu. Gambar rumah ini bisa anda dapatkan dari internet. Bisa juga didapatkan dari arsitek yang akan menangani pembangunan rumah anda.

Kami juga menyarankan anda untuk selalu melihat-lihat contoh denah dari desain rumah minimalis dahulu sebelum akan membangunnya. Hal ini bertujuan supaya anda memiliki banyangan seperti apakah rumah anda jika sudah jadi nantinya.

Denah rumah juga akan membantu supaya anda mendapatkan bangunan rumah yang sesuai dengan keinginan. Peran penting lainnya dari sebuah denah rumah adalah supaya anda menjadi paham perbandingan luas rumah dan tanah serta luas setiap ruangan dalam rumah.

Baca juga: Desain Interior Rumah Minimalis

Sebelum mulai membangun rumah biasanya arsitek akan memberikan denah rumah. Tujuannya supata anda bisa melakukan perombakan denah rumah sebelum rumah bisa mulai untuk dibangun. Anda akan diperlihatkan mengenai perkiraan gambar rumah ketika sudah jadi dan apakah gambar tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda ataukah belum. Jika belum sesuai, anda bisa melakukan beberapa penyesuaian lagi.

Gambar rumah ini merupakan perencanaan desain apakah rumah minimalis akan dibuat dengan satu lantai atau dua lantai. Semua ini akan kembali pada kebutuhan dan keinginan anda sendiri. Anda pun bisa mengkonsultasikannya dengan arstitek supaya mendapat desain yang sesuai. Terlebih karena rumah akan anda tempati dalam jangka waktu masih lama sehingga harus sesuai dengan keinginan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *