Harga Gorden Jendela Minimalis


Gorden Minimalis – Tirai atau yang disebut dengan gorden adalah potongan kain atau tekstil yang biasanya digunakan untuk menghalangi masuknya cahaya matahari. Pada awalnya, tirai digunakan sebagai penutup jendela rumah di pedesaan.

Pembuatannya pun cukup sederhana, hanya menggunakan kain polos. Pada waktu itu, tirai hanya menutupi setengah bagian jendela yaitu di bagian bawahnya saja, sedangkan di bagian atasnya dibiarkan terbuka supaya cahaya matahari tetap bisa masuk kedalam. Saat ini tirai atau gorden telah hadir dengan berbagai bentuk dan model.



Fungsi dan Manfaat Gorden

Selain hadir dengan berbagai macam bentuk dan model. Tirai atau gorden ini juga memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dan manfaat gorden :

  • Sebagai penutup jendela

Rumah pada umumnya memiliki bukaan yang berupa pintu, jendela, dan ventilasi yang mempunyai kegunaan masing-masing. Seperti jendela misalnya, jendela dibuat agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah,  sekaligus untuk melihat pemandangan yang ada diluar rumah.

Namun ada kalanya kita ingin menutup jendela untuk privasi, khususnya di malam hari. Pada saat itulah gorden akan berperan penting sebagai penutup jendela. Selain itu, ruangan yang dilengkapi dengan gorden akan terasa lebih hangat dan nyaman.



  • Berfungsi sebagai pengatur kualitas dan kuantitas cahaya

Gorden juga memiliki fungsi untuk kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Hal ini sangat penting untuk menjamin kenyamanan aktivitas anda pada saat di dalam rumah. Ketika bekerja di dapur ataupun mengerjakan pekerjaan kantor, pastinya anda memerlukan pencahayaan yang cukup. Kontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan hanya dengan membuka atau menutup gorden.

  • Gorden berfungsi untuk menjaga privasi

Melihat pemandangan yang ada di luar rumah lewat jendela tentu akan sangat menyenangkan. Namun, rasa nyaman tersebut akan berkurang jika hal sebaliknya yang justru terjadi, yaitu orang luar juga dapat melihat bagian dalam rumah anda.

Hal ini tentunya akan beresiko terhadap keselamatan dan keamanan anda. Untuk itulah kegunaan gorden. Gorden yang tertutup dapat menghalangi pandangan dari luar ke dalam rungan, demikian pula sebaliknya. Hal ini sangatlah penting jika anda sekeluarga ingin melakukan aktivitas sehari-hari anda didalam rumah tanpa harus khawatir karena dilihat ataupun diamati orang dari luar.

  • Gorden berfungsi sebagai penambah nilai estetik

Tidak dapat dipungkiri bahwa gorden akan sangat berpengaruh pada tampilan estetika ruang. Hal ini tidak lain karena porsi penutup jendela ini sangat besar sehingga akan menyita perhatian siapapun yang melihatnya. Dengan kata lain, elemen penutup jendela memiliki peran besar dalam menciptakan mood ruang.

Baca juga: Harga Sprei Bonita

Cara Memasang Gorden Pintu Yang Benar

Cara memasang gorden harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar, agar gorden dapat terlihat indah di pintu. Pasalnya, gorden yang tidak dipasang dengan benar, tidak akan enak jika dipandang mata. Selain itu, juga memungkinkan merusak bagian-bagian dari gorden itu sendiri.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *