Biaya Jasa Desain Rumah Minimalis Modern


Biaya Desain Rumah Minimalis – Semua orang tentu ingin memiliki rumah yang terlihat indah dan nyaman untuk ditinggali. Di samping itu mungkin juga tidak sedikit yang sudah memiliki gambaran ingin rumah yang seperti apa. Yang jadi masalah adalah jika kita tidak memiliki keahlian di bidang arsitek. Di saat seperti ini kita butuh jasa desain rumah.

Saat ini tidak sulit untuk menjumpai jasa desain yang ditawarkan oleh seorang arsitek. Kita bisa menjumpainya dengan mudah di internet. Atau informasi dari keluarga maupun teman dekat.



Jasa desain ini menjadi hal yang terbilang penting. Apalagi jika kita tidak memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Sebab desain rumah ataupun desain bangunan lainnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Faktor keindahan dan kenyamanan memang penting, tetapi yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa desain yang kita buat benar-benar sesuai standar dan memberikan keamanan yang baik bagi penghuni rumah.

Seorang arsitek sudah memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Sehingga berbagai pertimbangan dipikirkan dengan baik agar rumah bisa berdiri kokoh, indah dan nyaman. Tidak mengherankan jika biaya desain bangunan seperti rumah dibanderol cukup mahal. Lalu sebenarnya berapa biaya desain rumah terbaru?

Perlu diketahui bahwa dalam menetapkan biaya desain ada ketentuan tersendiri. Masing-masing penyedia jasa mempunyai ketetapan tersendiri soal harga yang harus dibayarkan oleh customer mereka. Oleh karena itu mari kita bahas cara menghitung biaya desain rumah.



Baca juga: Harga Sewa Jasa Arsitek

Menghitung Biaya Desain Rumah

Umumnya di Indonesia ada dua macam dalam menentukan biaya desain atau design fee. Yakni dihitung per meter persegi atau dihitung berdasarkan persentase dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) total bangunan. Dari kedua macam tersebut perhitungan berdasarkan per meter persegi menjadi yang paling banyak diterapkan. Supaya lebih jelas berikut kita bahas keduanya.

Biaya Desain per Meter Persegi

Harga jasa desain rumah yang ditetapkan arsitek terbilang variatif. Hanya saja kisarannya adalah Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1 juta per meter persegi. Harga yang beragam ini didasarkan pada pengalaman dan skill masing-masing arsitek. Semakin berpengalaman seorang arsitek maka biaya yang harus dibayar tentu saja akan semakin tinggi.

Kebanyakan arsitek menggunakan model pembayaran seperti ini daripada berdasarkan persentase dari RAB total bangunan. Yang membedakan adalah ketetapan tarifnya. Maka dari itu kita perlu mencari tahu tarif yang dipatok oleh arsitek di sekitar kita atau internet. Kita bisa mencari rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa arsitek tersebut agar lebih yakin dengan hasil pekerjaannya.

Metode pembayaran per meter persegi mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya arsitek tidak akan membuat pemilik proyek boros karena biaya desain per meter persegi sudah ditetapkan sejak awal. Selain itu pemilik proyek juga akan lebih mudah dalam menghitung dan memperkirakan biaya desain yang diperlukan untuk mengerjakan proyek tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *