Biaya Jasa Desain Rumah Minimalis Modern

Biaya Desain Rumah Minimalis – Semua orang tentu ingin memiliki rumah yang terlihat indah dan nyaman untuk ditinggali. Di samping itu mungkin juga tidak sedikit yang sudah memiliki gambaran ingin rumah yang seperti apa. Yang jadi masalah adalah jika kita tidak memiliki keahlian di bidang arsitek. Di saat seperti ini kita butuh jasa desain rumah.

Saat ini tidak sulit untuk menjumpai jasa desain yang ditawarkan oleh seorang arsitek. Kita bisa menjumpainya dengan mudah di internet. Atau informasi dari keluarga maupun teman dekat.

Jasa desain ini menjadi hal yang terbilang penting. Apalagi jika kita tidak memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Sebab desain rumah ataupun desain bangunan lainnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Faktor keindahan dan kenyamanan memang penting, tetapi yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa desain yang kita buat benar-benar sesuai standar dan memberikan keamanan yang baik bagi penghuni rumah.

Seorang arsitek sudah memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Sehingga berbagai pertimbangan dipikirkan dengan baik agar rumah bisa berdiri kokoh, indah dan nyaman. Tidak mengherankan jika biaya desain bangunan seperti rumah dibanderol cukup mahal. Lalu sebenarnya berapa biaya desain rumah terbaru?

Perlu diketahui bahwa dalam menetapkan biaya desain ada ketentuan tersendiri. Masing-masing penyedia jasa mempunyai ketetapan tersendiri soal harga yang harus dibayarkan oleh customer mereka. Oleh karena itu mari kita bahas cara menghitung biaya desain rumah.

Baca juga: Harga Sewa Jasa Arsitek

Menghitung Biaya Desain Rumah

Umumnya di Indonesia ada dua macam dalam menentukan biaya desain atau design fee. Yakni dihitung per meter persegi atau dihitung berdasarkan persentase dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) total bangunan. Dari kedua macam tersebut perhitungan berdasarkan per meter persegi menjadi yang paling banyak diterapkan. Supaya lebih jelas berikut kita bahas keduanya.

Biaya Desain per Meter Persegi

Harga jasa desain rumah yang ditetapkan arsitek terbilang variatif. Hanya saja kisarannya adalah Rp 100 ribu sampai dengan Rp 1 juta per meter persegi. Harga yang beragam ini didasarkan pada pengalaman dan skill masing-masing arsitek. Semakin berpengalaman seorang arsitek maka biaya yang harus dibayar tentu saja akan semakin tinggi.

Kebanyakan arsitek menggunakan model pembayaran seperti ini daripada berdasarkan persentase dari RAB total bangunan. Yang membedakan adalah ketetapan tarifnya. Maka dari itu kita perlu mencari tahu tarif yang dipatok oleh arsitek di sekitar kita atau internet. Kita bisa mencari rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa arsitek tersebut agar lebih yakin dengan hasil pekerjaannya.

Metode pembayaran per meter persegi mempunyai beberapa kelebihan. Salah satunya arsitek tidak akan membuat pemilik proyek boros karena biaya desain per meter persegi sudah ditetapkan sejak awal. Selain itu pemilik proyek juga akan lebih mudah dalam menghitung dan memperkirakan biaya desain yang diperlukan untuk mengerjakan proyek tersebut.

Biaya Desain Berdasarkan Persentase Biaya Konstruksi

Untuk biaya jasa desain arsitek berdasarkan persentase biaya konstruksi juga terdapat ketentuan khusus. Hal ini bisa dilihat dari tabel honorarium arsitek yang dirilis oleh Ikatan Arsitek Indonesia. Berikut tabel honorarium yang bisa Anda perhatikan.

 

Biaya Bangunan sampai Kategori Bangunan
Khusus Sosial 1 2 3
KurangĀ  Rp 200 juta Mengikuti Ketentuan dari Pemerintah yang berlaku < 2,50% 6,50% 7,00% 8,00%
Rp 200 juta 2,50% 6,50% 7,00% 8,00%
Rp 2 milyar 2,50% 5,51% 5,90% 6,48%
Rp 4 milyar 4,78% 5,13% 5,60%
Rp 20 milyar 4,20% 4,52% 4,92%
Rp 40 milyar 3,71% 4,01% 4,38%
Rp 60 milyar 3,29% 3,58% 3,92%
Rp 80 milyar 2,92% 3,20% 3,52%
Rp 100 milyar 2,60% 2,88% 3,18%
Rp 120 milyar 2,32% 2,59% 2,88%
Rp 140 milyar 2,07% 2,34% 2,62%
Rp 160 milyar 1,86% 2,12% 2,39%
Rp 180 milyar 1,67% 1,98% 2,20%
Rp 200 milyar 1,51% 1,76% 2,03%

Untuk dicatat, persentase yang tertera pada tabel adalah persentase biaya desain untuk arsitek berdasarkan biaya bangunan. Selain itu persentase fee desain arsitek juga bisa bermacam-macam. Tergantung kategori bangunan yang dikerjakan. Tabel yang ada di atas merupakan standar minimal biaya desain arsitek yang berlaku dan dikeluarkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Sebagai gambaran, misalnya jika biaya bangunan yang dikerjakan menelan biaya hingga Rp 900 juta dan masuk dalam kategori bangunan 1, maka biaya jasa desain yang harus dibayarkan kepada arsitek adalah 2,5% dari biaya bangunan. Sehingga besaran biayanya adalah Rp 22.500.000.

Biaya desain untuk arsitek tersebut tidak dibayarkan langsung di awal pengerjaan. Melainkan dibagi dalam beberapa tahap dalam persentase tertentu pada tiap tahapan.

Kategori Bangunan

Berikutnya kami jelaskan mengenai kategori bangunan menurut tabel di atas. Ada beberapa kategori bangunan yang perlu Anda ketahui. Antara lain bangunan khusus, bangunan sosial, bangunan kategori 1, bangunan kategori 2 dan bangunan kategori 3.

Bangunan Khusus

Bangunan kategori khusus dimiliki, digunakan dan dibiayai oleh pemerintah sesuai dengan yang tercantum dalam Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Bangunan Sosial

Bangunan sosial merupakan bangunan yang tidak bersifat komersial atau non komersial. Yang masuk dalam kategori ini adalah:

  • Masjid, gereja dan tempat peribadatan lainnya, rumah penampungan yatim piatu, bangunan pelayanan masyarakat dengan luas bangunan maksimal 250 m2.
  • Bangunan rumah tinggal atau hunian yang memiliki luas maksimal 36 m2.

Bangunan Kategori 1

Bangunan kategori 1 merupakan bangunan yang mempunyai karakter sederhana, serta mempunyai kompleksitas dan tingkat kesulitan yang juga rendah. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Tipe hunian: hostel, asrama
  • Tipe industri: gudang atau bengkel
  • Tipe Komersial: bangunan tidak bertingkat atau tempat parkir

Bangunan Kategori 2

Bangunan kategori 2 mempunyai karakter, kompleksitas dan tingkat kesulitan rata-rata. Yang m masuk dalam kategori ini antara lain:

  • Tipe hunian: kompleks perumahan, apartemen, kondominium
  • Tipe komersial: kafetaria, restoran, kantor, perkantoran, rukan, ruko, toko, pasar, pusat perbelanjaan, hangar, stasiun, terminal, bangunan parkir bertingkat, superblock atau fungsi campuran
  • Tipe komunitas: bioskop, ruang pameran, ruang serbaguna, ruang konferensi, auditorium, perpustakaan, ruang pertemuan, penjara, kantor pelayanan umum
  • Tipe industri: pabrik, gudang pendingin, gardu pembangkit listrik
  • Tipe pendidikan: sekolah, tempat perawatan
  • Tipe pelayanan medis: klinik umum, klinik spesialis, atau rumah jompo
  • Tipe rekreasi: stadion, taman umum, gedung olahraga, gymnasium, kolam renang

Bangunan Kategori 3

Bangunan kategori ini memiliki karakter khusus, dengan kompleksitas dan tingkat kesulitan yang tinggi. Berikut adalah jenis bangunan yang masuk dalam kategori 3:

  • Tipe hunian: rumah tinggal pribadi
  • Tipe peribadatan: masjid, gereja, klenteng dan rumah peribadatan lain dengan luas lebih dari 250 m2
  • Tipe komunitas: museum, monumen, istana, galeri, ruang konser
  • Tipe komersial: bandara, hotel
  • Tipe pendidikan: kampus, laboratorium, pusat penelitian atau riset
  • Tipe pelayanan medis: sanatorium, rumah sakit
  • Tipe lain: pemugaran, renovasi, bangunan dengan dekorasi khusus, kantor kedutaan, kantor lembaga tinggi negara

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Tropis

Biaya dan Paket Desain

Sebagai tambahan informasi di website ini akan kami jabarkan empat paket desain rumah yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Berikut informasi mengenai estimasi biaya yang perlu kita bayar.

Paket Super Lengkap

Paket ini biasanya dibanderol sekitar Rp 100.000 per meter persegi. Pada paket ini pelanggan akan mendapatkan beberapa benefit. Seperti desain 3D eksterior dan interior seluruh ruangan. Anda juga mendapatkan gambar kerja, termasuk gambar arsitek, gambar struktur dan utilitas. Termasuk gambaran desain dalam bentuk video dengan durasi 4-10 menit.

Paket Lengkap

Paket ini biasanya dibanderol sekitar Rp 80.000 per meter persegi. Paket ini memuat desain 3D eksterior, denah tata ruang, dan juga gambar kerja, yaitu gambar arsitek, gambar struktur, dan utilitas. Paket ini bisa dipakai untuk pengurusan IMB.

Paket 3D dan Denah

Paket ini dibanderol Rp 50.000 per meter persegi. Dengan biaya tersebut Anda mendapatkan denah tata ruang rumah dan desain 3D view dari bangunan rumah Anda.

Paket Desain 3D Interior

Harga paket ini biasanya ditetapkan berdasarkan per view. Biasanya biaya yang dipatok mulai dari Rp 1,5 juta per view. Paket ini memberikan gambaran yang detail untuk view setiap ruangan. Sehingga memudahkan kita untuk memperkirakan hasil akhir desain interior rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *