Harga Atap Sirap / Kayu Ulin Terbaru Agustus 2019

Harga Atap Sirap Terbaru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait daftar harga atap sirap terbaru. Buat Anda yang tinggal di pulau jawa dan ingin memasang atap sirap pada rumah idaman Anda sebaiknya siapkan dana yang cukup banyak. Pasalnya harga atap sirap di jawa pastinya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga atap sirap yang ada di Kalimantan, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan harga dari atap sirap tersebut cenderung berubah-ubah, misalnya saja karena faktor bahan baku, tempat pengiriman dan masih banyak lagi.

Cara pemasangan atap sirap tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan harus tukang yang sudah ahli, hal itu bertujuan supaya dalam pemasangannya tidak mengalami masalah atau kerusakan, kini sudah banyak perusahaan atau jasa yang menawarkan penjualan atap sirap dalam satu paket dengan tukang sekaligus, tentunya harga yang ditawarkan. lebih mahal dibandingkan dengan hanya membeli atap sirap saja.

harga-atap-sirap

Atap sirap sendiri memiliki bebrapa keunggulan dibandingkan dengan genteng biasa, misalnya saja dari bobotnya yang lebih ringan serta awet dan tahan lama terhadap berbagai cuaca. Akan tetapi, atap sirap juga tak luput dari kekurangan yaitu  pemasangannya  yang memakan waktu lebih lama ketimbang genteng biasa. Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya mengenai kelebihan atap sirap berikut ini.

Kelebihan  Atap Sirap

  1. Jaminan Tahan Panas Dari Atap Sirap

Material kayu mempunyai sifat yang mampu menyerap panas dengan baik. Ketimbang atas yang berbahan seng atau keramik, atap sirap mampu menahan hawan panas dari cahaya matahari secara maksimal. Hasilnya adalah atap sirap akan memberikan efek yang sangat menyejukkan pada hunian, tentunya ini akan membuat penghuni tak perlu lagi untuk terus-terusan menyalakan pendingan ruangan sehingga bisa menghemat penggunaan listrik.

  1. Atap Sirap Mempunyai Bobot Ringan

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa atap sirap mempunyai bobot yang sangat ringan. Apabila dibandingkan dengan material atap yang lainnya seperti tanah liat, keramik atau aspal, alderon, atap sirap memang mempunyai bobot yang  lebih ringan. Melalui bobotnya yang sangat ringan ini, instalasi atap sirap dapat dilakukan lebih mudah dan cepat sehingga pengeluaran Anda untuk membaya tukang dapat diminimalisir.

  1. Atap Sirap untuk Hunian Etnik dan Artistik

Atap sirap ini berupa lembaran tipis memanjang dengan ukuran pe lembar yang telah dikemas dalam ikatan.  Jenis dari atap sirap sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari kerucut sampai dengan persegi panjang dan memiliki beragam warna seperti abu-abu tua, hitam, cokelat tua dan merah kekuningan

Nah untuk penyusunan atap sirap di hunian dengan pemilihan bentuk serta warna yang tepat pastinya akan menghasilkan kesan artistik dan indah. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin menonjolkan konsep etnik di hunian, sangat cocok sekali menggunakan atap sirap karena akan memberikan kesan yang sangat natural.

  1. Atap Sirap Awet dan Tahan Lama

Perlu Anda ketahui bahwa meterial kayu uliin pada atap sirap sudah teruji kekuatannya. Alhasil, atap sirap ini akan sangat awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun, bahkan semakin lama penggunaan atap sirap akan memberikan nilai seni yang tinggi pada sebuah bangun. Jadi meskipun harga atap sirap jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan atap tanah liat, tetapi hal ini sangat sepadan dengan durabilitas yang dihasilkannya.

Baca juga: Harga Atap Spandek Terbaru

Pemilihan dan Pemasangan Atap Sirap

Penggunaan atap sirap pastinya akan memberikan prestise tersendiri karena selain memiliki harga yang tergolong cukup mahal, jenis atap yang satu ini masih sangat jarang untuk digunakan di hunian umum. Akan tetapi, ada hal penting yang harus Anda perhatikan  yaitu teknik pemasangan atap sirap yang membutuhkan ahli khusus untuk dapat memaksimalkan derajat kemiringan sehingga tidak akan cepat bocor dan keropos. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pemasangan atap sirap yang benar:

  1. Pertama, lakukan pemotongan di bagian ujung-ujung bilah kayu sirap sebagai bahan atap sirap. Ini bertujuan agar bentuknya rapi dan presisi sehingga susunan atap akan menjadi rapat.
  2. Jika Anda berencana untuk membuat model eskpose dari atap sirap ini maka pastikan sisi permukaan bagian bawahnya sudah rapi. Disarankan juga untuk mempertahankan warna dan tekstur asli kayu.
  3. Pada dasarnya pemasangan bilah-bilah atap sirap ini sama seperti atap genteng. Atap ini harus disusun secara per baris, mulai dari bagian yang paling bawah hingga ke atas.
  4. Sebagai bahan perekat untuk bisa mempertahankan posisi bilah-bilah kayu, maka Anda dapat memakunya ke bagian usuk. Terdapat dua macam paku yang digunakan yaitu paku biasa dan paku kuningan.
  5. Gunakanlah alat paku tembak untuk bisa menancapkan paku-paku tersebut supaya pengerjaannya menjadi lebih cepat dan mudah. Hal ini mengingat jumlah paku yang perlu ditancapkan dalam memasng atap sirap bisa mencapai ribuan.
  6. Umumnya, atap sirap akan dipasang secara berlapis-lapis yang terdiri atas 3 sampai 4 lapisan. Adapun susunan atap sirap mulai dari bagian yang terbawah adalah sirap layer pertama, alumunium foil, sirap layer kedua, sirap layer ketiga, dan sirap layer keempat.

Dalam pembelian atap sirap sendiri tergantung dari ukuran itu sendiri mulai dari ketebalan yang hanya 2 mm sampai 5 mm. Untuk lebih jelasnya mengenai harga atap sirap ada pada paragraf berikut di bawah ini.

Harga Atap Sirap

Biasanya harga atap sirap dihitung per lembar, jadi tinggal Anda hitung saja jika satu lembarnya saja mencapai Rp 3 ribuan maka tinggal dikalikan berapa lembar yang anda butuhkan. Berbeda lagi apabila dihitung per tali atau per ikat, karena memang bentuknya yang panjang biasanya produsen menjualnya berdasarkan ikatan.

Satu paket ikatan kayu biasanya berisi 20 genteng sirap. Tiap ikat harganya berkisar 100.000 rupiah. Kebutuhan tiap atap berbeda-beda namun jika diibaratkan ukuran atap rumah minimalis bisa menghabiskan 200-300 ikat. Sehingga biaya untuk bahan atap sirap bisa mencapai Rp 20jt – Rp 30jt. Namun tunggu dulu, kisaran tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Untuk proses pemasangan biasanya produsen mematok harga per meter perseginya yakni sekitar 50rb-70rb/meter persegi.

harga-kayu-ulin

Baca juga: Harga Gazebo Minimalis Terbaru

Itulah sedikit informasi mengenai daftar harga atap sirap terbaru di tahun ini. Dengan berbagai pertimbangan memang tidak ada salahnya memakai atap sirap untuk rumah karena secara desain yang lebih unik serta bobotnya yang ringan dan tahan lama.