Contoh Desain Teras Rumah


Desain Teras Rumah Minimalis – Teras merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Pada umumnya, teras rumah terdapat pada bangunan rumah bagian depan. Oleh karena itu, teras rumah merupakan bagian rumah yang akan pertama kali dilihat orang ketika akan masuk dalam rumah. Dengan begitu, sangat penting sekali bagi kita untuk membangun teras rumah sebaik mungkin agar memberikan kesan postif saat melihat rumah kita.

Di area perkotaan, lahan untuk membangun rumah kini sangat terbatas sehingga kita harus panda-pandai dalam mendesain rumah. Dalam kondisi seperti ini, bagian-bagian rumah harus kita buat sesimple mungkin termasuk bagian teras rumah. Maka tak jarang, di perkotaan kebanyakan rumah dibangun dengan desain minimalis. Teras yang dibangun juga tidak terlalu luas, atau yang bisa dikatakan sebagai teras rumah minimalis.



Teras rumah sendiri merupakan bagian penting yang biasa kita gunakan untuk bersantai, membaca koran sambil minum kopi, atau  untuk menerima tamu. Maka sudah seharusnya kita membuat desain yang baik supaya teras rumah minimalis ini bisa nyaman untuk kita gunakan.

Tak heran, banyak sekali pemilik rumah yang memperindah teras rumahnya dengan berbagai hiasan seperti tanaman-tanaman di dalam pot sehingga tampak hijau, segar, dan indah.

Model Teras Rumah Minimalis

1. Teras Minimalis Sederhana

Model teras minimalis sederhana ini sangat cocok untuk rumah-rumah  yang berukuran kecil. Teras ini memiliki lantai yang tidak terlalu luas, pintu utama dan atap datar kecil sebagai penutupnya. Tanpa memiliki elemen tambahan seperti tiang ataupun dinding karena elemen ini dapat membuat rumah semakin terlihat sempit.



Supaya lebih menarik, anda bisa mengaplikasikan elemen dekorasi seperti taman vertikal atau gantungan di dinding.

Ide lain untuk teras minimalis sederhana:

Teras mungil dan tidak terlalu menonjol, hanya memiliki fungsi sebagai jalan masuk utama.

Meskipun sederhana, anda bisa menciptakan kesan manis dengan menempatkan beberapa elemen tanaman di teras ini.

2. Teras Minimalis Mewah

Untuk rumah mewas, teras rumah menjadi salah satu bagian yang bisa dieksplorasi lebih lanjut. Ukuran teras bisa dibuat lebih luas, bentukan teras bisa diolah sedemikian rupa supaya bisa tampak elegan. Demikian pula dengan penambahan perabot.



Tidak masalah jika anda menambahkan perabot seperti kursi dan meja di teras rumah mewah ini. Hal ini bertujuan untuk ruang tunggu ataupun ruang santai di sore hari. Agar terlihat megah, anda bisa mengaplikasikan marmer pada dinding.

Anda juga dapat mengaplikasikan teras minimalis mewah, seperti ini :

Teras rumah mewah dengan elemen pencahayaan dan perabot minimalis di depan rumah.



Teras rumah mewah dengan tempat duduk yang unik mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Harga Batu Alam Per m2

3. Teras Minimalis Batu Alam

Saat ini, batu alam memang sering dihadirkan dalam sebuah rumah minimalis dengan tujuan untuk mengurangi kemonotonan dalam sebuah fasade rumah. Biasanya batu alam dipasang pada bagian teras rumah untuk dapat menciptakan kesan fokus di teras rumah, seperti tekstur dan juga warna alami yang muncul.

Agar menciptakan kesan elegan, anda dapat menambahkan pencahayaan buatan yang sederhana pada dinding teras.  Selain itu, rumah akan terlihat fokus dengan teras yang jauh lebih tinggi dari taman rumah.

Maka dari itu, anda bisa menambahkan elemen beberapa anak tangga untuk dapat mempertegas teras rumah.

Inpirasi lain untuk teras minimalis menggunakan batu alam:

Elemen batu alam yang memiliki ukuran besar juga bisa dimanfaatkan sebagai lantai dan dinding teras.

Pemanfaatan elemen batu alam ini tidak perlu di seluruh dinding, hanya cukup sebagian saja.

4. Teras Minimalis Elegan

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menciptkan konsep elegan pada sebuah teras rumah. Selain memanfaatkan batu alam, bentukan-bentukan seperti teralis jendela yang dipasang di muka pintu utama juga bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat.

Bentuk tersebut tidak harus selalu masif. Bentukan berongga dengan pola tertentu juga bisa diterapkan. Dengan adanya elemen vertikal ini teras rumah akan menjadi lebih fokus dan terlihat elegant.

Selain desain diatas, model nan elegan ini juga dapat anda terapkan :

Suasana elegan dapat anda ciptkan dengan memasang pintu utama dari material kaca.

Tambahkan juga elemen dinding bertekstur di teras rumah untuk dapat menambah kesan detail yang manis.

5. Tiang Teras Minimalis Batu Alam



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *