Harga Atap Spandek Terbaru Termurah Juli 2019

Harga Atap Spandek Per Meter – Ada banyak sekali jenis bahan bangunan yang terbuat dari baja salah satunya adalah atap spandek yang merupakan atap terbuat dari zincalume, plat zincalume sendiri dalam bentuk lembaran polos yang dibuat menggunakan mesin tekuk baja ringan dengan demikian jadilah spandek yang sering Anda jumpai pada atap bangunan rumah bangunan dan lain sebagainya, ada banyak sekali macam bentuk atap spandek yang digunakan dan semuanya tergantung ukuran yang bisa disesuaikan seperti kebutuhan yang Anda butuhkan, bahkan di era modern seperti saat ini atap spandek semakin beragam salah satunya yaitu banyaknya pilihan warna yang tersedia.

Apabila dulu kita mengenal Apa itu spandek hanya berwarna polos saja maka kini sudah banyak yang memiliki varian seperti zincalume silver yang kini peminatnya tergolong cukup banyak, selain itu ada pula beberapa jenis pilihan warna lain pada atap spandek tersebut, harga atap spandek sendiri tergantung sesuai ukuran dan juga ketebalan.

atap-spandek-2

Rata-rata jenis atap spandek memiliki ketebalan antara 0,30 mm sampai 0,50 mm bisa dikatakan bahan tersebut sangat tipis sekali karena kurang dari 1 cm, namun walaupun tipis akan tetapi spandek sangatlah kuat dan kokoh serta tahan lama karena terbuat dari plat baja. Selain hal di atas, ada banyak kelebihan atap spandek lainnya adalah anti pecah, kemudian anti keropos, anti patah, anti retak, anti rayap, tidak tembus sinar matahari dan ringan sehingga mudah dipasang.

Baca juga: Harga Galvalum Per Lembar

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata spandek juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atap spandek. Pertama suara lebih bising, karena terbuat oleh bahan dasar seng yang tipis. Untuk mengurangi suara bising atap spandek bisa menggunakan alumunium foil dan glass wool, tetapi harus menambah budget belanja agak lumayan. Kedua sedikit lebih panas, meskipun tidak tembus matahari, suhu panas akibat sinar matahari tersebut terasa di bawah. Lagi-lagi penggunaan alumunium foil dan glass wool sebagai penahannya dapat mengurangi suhu panas di di dalam ruangan.

atap-spandek-1

Jadi tidak mengherankan kalau sekarang banyak masyarakat yang sedang membangun rumah memilih menggunakan atap spandek, sayangnya dari berbagai kelebihan tersebut ada kekurangan dari spandek tersebut misalnya saja suara lebih bising karena atap ini terbuat dari bahan dasar yang tipis jadi apabila terkena benda asing ataupun hewan yang ada di atas maka suaranya cukup mengganggu telinga. Namun ada cara lain supaya suara tersebut bisa diredam salah satunya yaitu dengan menambahkan sebuah aluminium foil.

Cara Memasang Atap Spandek

Atap spandek seringkali diklaim sebagai salah satu material yang mempunyai daya tahan paling lama. Kekuatan dari atap yang satu ini ditaksir bisa mencapai hingga lebih dari 20 tahun lamanya. Ini berarti bahwa selain terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, anti keropos dan anti rayap ternyata atap spandek memiliki daya tahan yang sangat baik. Dengan komposisi campuran yang sangat tepat maka produk atap spandek ini juga memiliki sifat anti karat.

Selain itu, proses pemasangan atap spandek terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ingin tahu? Berikut ini kami akan bagikan cara memasang atap spandek yang baik dan benar.

  1. Mengukur jarak tumpuan

Sebelum hendak memasang, Anda harus mengetahui terlebih dahulu seberapa besar atap spandek yang akan dipasang. Oleh karena itu, dimensi yang berupa panjang, lebar dan juga tinggi atap sangatlah dibutuhkan. Jika Anda sudah menemukan data tersebut maka segera ukur jarak tumpuan yang dibutuhkan oleh atap. Dalam hal ini Anda akan membutuhkan cara menghitung kebutuhan atap spandek yang benar.

  1. Mendesain kuda-kuda baja ringan

Dalam mendesain kuda-kuda ini, ada beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan, yaitu kekuatan struktur dalam menahan beban atap, derajat kemiringan atap supaya air hujan bisa mengalir tanpa hambatan dan juga menentukan panjang thop chord. Untuk menentukan hal ini Anda bisa menggunakan jasa ahli yang memang sudah berpengalaman dalam pekerjaan konstruksi rangka atap. Hal ini memiliki tujuan untuk menghindari kegagalan dalam proses pemasangan.

  1. Memasang kuda-kuda

Apabila desain tersebut sudah selesai di buat, maka proses pemasangan baru bisa dilakukan. Dalam melakukan pekerjaan ini akan membutuhkan bantuan dari beberapa orang. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

  1. Memasang reng baja ringan

Setelah pemasangan kuda-kuda sudah selesai, pekerjaan berikutnya adalah memasang reng. Jenis reng lebih mengacu pada jenis penutup atap yang digunakan, dimana dalam kasus ini adalah atap spandek. Karena reng memang harus sesuai dengan lebar daun dari atap. Sehingga jarak antar reng tidak akan selalu sama pada setiap atap rumah.

  1. Pemasangan atap spandek

Rangka atap yang sudah jadi menandakan bahwa Anda kemudian sudah bisa memasang atap spandek. Pekerjaan ini harus dilakukan secara hati-hati dan seksama, agar rumah tidak mengalami kebocoran.

  1. Proses finishing

Proses yang terakhir adalah proses finishing. Proses finishing merupakan proses untuk mengevaluasi kembali hasil pekerjaan, jika ada yang terlihat salah maka Anda harus segera perbaiki saat itu juga.

Baca juga: Harga Kanopi Minimalis Terbaru

Berbicara soal harga atap spandek sendiri tergantung sesuai ketebalan untuk yang memiliki ukuran ketebalan 0,30 mm harganya bisa mencapai Rp 45.650,- per meter persegi sedangkan dengan ketebalan 0,50 mm bisa Anda beli dengan harga Rp 90.650,- per meter persegi. Harga secara total dari atap spandek sendiri tergantung berapa panjang dan banyak yang anda pesan. Lebih lengkapnya untuk atap spandek semua ukuran bisa dilihat pada daftar harga di bawah ini dari pabrik dan agen toko besi paling murah.

Harga Atap Spandek Per Meter

No Ketebalan Satuan Harga (M2)
1 Zincalume 0,3 mm 1 Meter Rp 49.650,-
2 Zincalume 0,35 mm 1 Meter Rp 59.650,-
3 Zincalume 0,4 mm 1 Meter Rp 74.650,-
4 Zincalume 0,45 mm 1 Meter Rp 79.650,-
5 Zincalume 0,5 mm 1 Meter Rp 88.650,-
6 Spandek 0.25 1 Meter Rp 35.650,-
7 Spandek 0.30 1 Meter Rp 45.650,-
8 Spandek 0.35 1 Meter Rp 65.650,-
9 Spandek 0.40 1 Meter Rp 70.650,-
10 Spandek 0.45 1 Meter Rp 80.650,-
11 Spandek 0.50 1 Meter Rp 90.650,-

 

Itulah informasi mengenai harga atau sebanding terbaru di tahun ini semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang membangun rumah. Untuk harga diatas setiap kota penjual tentu akan berbeda-beda seperti di Surabaya, Bekasi, Jakarta Selatan, Bandung, Semarang, Tangerang, Solo, Lampung, Palembang, Yogyakarta yang bisa juga berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan dulu. Namun harga diatas adalah harga kisaran sehingga bisa Anda jadikan sebagai acuan.