Desain Dan Denah Rumah 3 Kamar

Desain Rumah 3 Kamar – Lahan yang digunakan untuk perumahan kini semakin terbatas, tentunya untuk menyematkan beberapa tempat tidur dalam sebuah rumah menjadi hal yang cukup tricky. Sebuah keluarga yang memiliki dua anak atau lebih tentu tidak cukup jika hanya memiliki dua kamar.

Di samping itu, jika anda mempunyai lebih banyak kamar tidur berarti anda harus mempertimbangkan lebih dalam membuat floor plan atau denah rumah minimalis yang tepat karena semakin banyaknya kamar tidur yang anda inginkan, maka akan semakin sempit pula ruang yang tersisa untuk ruangan lainya.

Sebagian orang mungkin akan merasa cukup dengan dua kamar tidur saja di rumah, tetapi  sebaiknya ketika anak-anak sudah tumbuh dewasa, mereka harus diberikan kamar tidur pribadi sendiri-sendiri. Belum lagi jika anda kedatangan tamu dan berencana untuk menginap di rumah anda. Maka dari itu, setidaknya anda harus memiliki 3 kamar tidur dalam rumah.

Baca juga: Desain Dan Denah Rumah Minimalis

10 Insipirasi Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Mempunyai 3 buah kamar tidur bukan berarti anda harus mengorbankan kenyaman bersantai anda di ruang tamu, ataupun keleluasaan dalam memasak di dapur. Dengan perencanaan denah rumah yang tepat, anda pun masih tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar meskipun rumah minimalis anda telah disemati 3 buah kamar tidur.

Kami telah merangkum beberapa denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur yang mungkin bisa anda jadikan referensi ketika akan membangun rumah.

  1. Denah rumah minimalis type 36

Keleluasaan ruangan akan memungkinkan anda untuk memiliki 3 buah kamar tidur dengan ukuran yang lumayan besar, 3 kamar mandi, 1 dapur, dan teras samping rumah. Penempatan jendela yang pas dan tepat untuk pencahayaan juga di tonjolkan pada desain yang satu ini.

  1. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9

Memiliki karakter warna yang berbeda di setiap ruangan, sehingga tidak akan membuat anda bosan dengan rumah anda sendiri. Dengan adanya teras di kamar tidur utama membuat denah rumah 3 kamar ini menjadi sangat unik.

  1. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak

Dengan perferensi gaya yang sesuai keinginan masing-masing, akan membuat para anggota keluarga menjadi betah di rumah. Meski gaya kamar tidurnya berbeda, namun rumah ini konsisten menggunakan warna monokrom baik itu untuk cat dinding ataupun perabotan yang lainnya.

  1. Light and fun

Denah rumah minimalis ini memiliki perpaduan warna yang lembut. Kamar anak yang lebih luas dibandingkan dengan kamar lainnya, serta ruang keluarga yang besar akan memungkinkan tumbuh kembang anak menjadi maksimal. Dengan adanya taman dan tangga menuju rumah pun akan membuat rumah ini lebih menyenangkan.

  1. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur

Denah ini biasanya menggabungkan ruang keluarga, rumah makan, dan juga dapur pada satu ruang besar. Anda pun tidak perlu lagi membangun kamar mandi di setiap kamar, cukup satu kamar mandi saja dengan toilet yang terpisah supaya tidak mengurangi produktivitas anggota keluarga, terlebih di pagi hari.

  1. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah

Desain ini sangat cocok sekali dengan penempatan meja panjang di teras rumah yang pas untuk menjamu tamu. Bagian interior rumah terlihat lebih modern dari bagian eksterior, ini dikarenakan penggunan palet warna putih dan juga pilihan furnitur modern.

  1. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur

Dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, bukan tidak mungkin untuk tinggal dalam satu rumah. Anda bisa menggunakan konsep rumah dengan lorong yang tidak begitu luas. Untuk dapat memberikan keleluasaan, maka efesienkan pula penempatan ruang makan, ruang tamu, dan dapur.

  1. Desain rumah keluarga dengan 2 anak

Biasanya sebuah rumah akan lebih baik jika memiliki 3 buah kamar tidur, apalagi jika anak-anak sudah mulai beranjak dewasa. Dengan memisahkan dapur dan ruang makan dengan ruang keluarga juga akan membuat rumah menjadi bersih dan mudah dalam membersihkannya. Lorong teras yang berhubungan dengan pintu masuk juga akan memberikan kesan unik tersendiri bagi para tamu yang berkunjung ke rumah anda.

  1. Denah rumah lantai pertama

Denah ini bisa anda gunakan jika anda ingin membangun rumah bertingkat. Meskipun belum direalisasikan, namun peletakan anak tangga harus anda pikirkan mulai dari sekarang. Untuk menambah kenyaman, denah rumah minimalis ini juga memberi akses langsung dari ruang makan ke teras rumah.

  1. Rumah 3 kamar dengan garasi

Apabila rumah anda tidak mempunyai halaman ataupun akses parkir, pastinya anda harus menyisakan ruang yang akan digunakan untuk garasi. Namun anda tidak perlu khawatir, karna anda tetap bisa mempunyai 3 kamar tidur. Tempatkan kamar tidur dan kamar mandi secara berdekatan, dan manfaatkan model rumah dengan lorong sempit untuk dapat memberikan ruang yang cukup besar untuk kamar anda nantinya.

Baca juga: Biaya Jasa Desain Rumah Minimalis

Perhatikan Ini Saat Merancang Denah Rumah

Sebelum anda memilih denah rumah minimalis di atas, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan yang tentunya akan berpengaruh terhadap hasil desain rumah anda nantinya.

  1. Gaya rumah

Pertama, yang harus anda pertimbangkan sebelum merencanakan jenis denah rumah yang akan anda terapkan pada hunian baru nantinya adalah gaya rumah secara keseluruhan. Apabila rumah anda dibangun dengan gaya minimalis, maka anda harus memilih jenis rencana denah untuk rumah minimalis pula. Jika rumah anda nantinya menggunakan desain dengan gaya mediteranian, maka pilihlah denah rumah yang sesuai dengan gaya keseluruhan rumah anda.

  1. Jumlah kamar tidur

Pastikan banyaknya kamar tidur yang anda butuhkan untuk rumah anda. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga anda dan frekuensi tamu yang berkunjung menginap. Apabila anda mempunyai dua anak remaja, setidaknya anda membutuhkan 3 buah kamar tidur. Belum lagi kalau rumah anda seringkali didatangi para kerabat dekat untuk menginap,  tentunya rencana denah rumah minimalis dengan dua kamar tidur tentu tidak akan memadai.

  1. Satu tingkat atau dua tingkat

Sebelum merencanakan denah rumah minimalis, yang perlu anda perhatikan lainnya adalah apakah anda ingin membuat rumah minimalis anda hanya dengan satu tingkat atau dua tingkat? Jika hanya satu tingkat, anda mungkin memerlukan masukan dari tenaga ahli saja untuk bisa memaksimalkan setiap rumah di dalam rumah anda menjadi sebaik mungkin. Namun jika dua tingkat, anda bisa bernafas lega dalam merencanakan denah rumah. Hal ini dikarenakan dengan membuat rumah bertingkat, maka anda akan mempunyai ruang lebih untuk dibuat kamar tidur.

  1. Adanya kamar tidur utama

Sebuah rumah yang mempunyai satu kamar tidur utama atau bedroom suite disebut-sebut mempunyai nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah yang semua kamar tidurnya didesain serupa. Jika ingin membuat rumah anda memiliki nilai lebih, maka desain floor plan rumah minimalis yang mempunyai satu kamar tidur utama bisa anda coba.

  1. Ruangan bonus

Sebagian orang berpendapat bahwa dengan mempunyai sebuah ruangan tambahan telah menjadi sebuah trend di kalangan masyarakat. Ruangan tambahan tersebut bisa berupa tempat untuk mencuci, ataupun ruangan hiburan. Tetapi anda juga harus memikirkan dengan matang apakah anda benar-benar membutuhkan ruang tambahan untuk dirumah anda atau tidak. Jangan hanya karena ingin sebuah ruangan berbeda untuk hiburan, anda harus mengorbankan kenyamanan dalam melakukan hal-hal lainnya.

  1. Banyaknya kamar mandi

Kamar mandi merupakan salah satu tempat penting yang juga harus dipikirkan dalam membangun rumah. Pastinya anda tidak mau kan jika harus mengantri ataupun berebut kamar mandi dengan anak-anak anda hanya untuk sekedar mandi. Maka pikirkanlah dengan baik-baik kira-kira berapa kamar mandi yang anda butuhkan untuk di rumah anda. Tempatkan pula kamar-kamar mandi ditempat yang strategis seperti di dekat kamar tidur.

  1. Fungsionalitas

Setelah menentukan berapa banyak kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan tambahan untuk dirumah anda. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana ruangan-ruangan ini ditempatkan antar satu sama lain supaya rumah anda menjadi fungsional.

Misalnya saja, penempatan meja makan yang biasanya dekat dengan dapur. Namun ternyata masih banyak juga yang menempatkan meja makan dengan jarak yang cukup jauh dari dapur.

Hal ini tentu dinilai tidak fungsional, karena pastinya akan sangat merepotkan sekali jika membawa makanan dari satu tempat ke tempat lainnya yang memiliki jarak cukup jauh.

Demikian juga halnya dengan penempatan kamar mandi dan kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *