Desain Rumah Klasik Modern Gaya Minimalis

Desain Rumah Klasik – Rumah klasik modern menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang mempunyai dana lebih. Desain klasik memang identik dengan kesan mewah, sehingga bisa menegaskan status sosial pemiliknya.

Saat ini tidak sulit untuk mencari referensi desain rumah klasik. Jika masih saja tidak menemukan yang cocok, Anda bisa meminta bantuan arsitek untuk mendesain rumah idaman Anda.

Pada kesempatan kali ini kami berikan beberapa referensi mengenai desain rumah klasik modern. Akan tetapi sebelumnya kita kenali terlebih dahulu seputar macam-macam desainnya

Macam-macam Desain Rumah Klasik

Rumah klasik erat kaitannya dengan arsitektur klasik Yunani atau Roma kuno. Desain klasik umumnya mempunyai detail yang rumit di beberapa sudut. Seperti fasad, pintu masuk, jendela dan atap. Beberapa detail klasik yang lazim dijumpai adalah kolom bergalur, bingkai jendela dengan detail molding dan coffered plafond atau panel-panel cekum di langit-langit.

Baca juga: Desain Interior Rumah Minimalis

Model Early Classical Revival

 Sentuhan desain awal kebangkitan model rumah klasik atau early classical revival ini mempunyai ciri khas pada teras dengan tingkat dua yang didukung kolom-kolom Tuscan. Sedangkan balkon lantai dua dan langkan menyatu ke dalam kolom. Selain itu juga terdapat detail cornice yang rumit.

Model Greek Revival

RUmah dengan sentuhan greek revival bisa diamati dari desain cornice yang menonjol. Selain itu juga terdapat rangkaian detail ukiran di bawah lis atap. Sehingga rumah dengan sentuhan desain greek revival tampak lebih modern dengan detail profil yang lebih sederhana dari early classical revival.

Model rumah ini sangat populer di pertengahan abad ke-19. Bahkan sampai sekarang masih ada rumah-rumah mewah yang mengadopsi konsep greek revival ini.

Model Neoclassical

Model rumah ini bisa dibagi menjadi tiga tipe utama. Yakni bangunan dengan gaya kuil kuno, bangunan Palladian yang didasarkan pada gaya konstruksi villa Palladio yang mengusung arsitektur Renaisans dan bangunan blok klasik.

Model rumah klasik bergaya kuil jarang dijumpai di era Renaisans. Arsitektur dengan gaya kuil baru banyak diterapkan di zaman Neoklasik. Kebanyakan bangunan dengan sentuhan gaya kuil menunjukkan peristyle yang merupakan garis kontinu kolom di sekitar bangunan.

Model Klasik Modern

Rumah modern dengan gaya klasik memadukan filsafat klasik mengenai proporsi, keteraturan dan pengulangan. Beberapa bangunan rumah memiliki simetri klasik, dengan keseimbangan dan massa. Selain itu atap curam mengadopsi desain rumah abad pertengahan dan detail minimalis.

Referensi Desain Rumah Klasik Modern

Setelah mengetahui beberapa macam desain rumah klasik, kini kita bahas beberapa referensi rumah klasik modern. Dengan demikian Anda memiliki gambaran ingin rumah klasik modern yang seperti apa.

Rumah Klasik Modern yang Menawan

Rumah klasik yang satu ini tampak indah dengan tetap mengedepankan unsur modern. Di sisi kiri rumah tampak dua jendela dengan kaca transparan berukuran besar yang membentang dari atas sampai ke bawah. Lalu untuk sisi kanan dipermanis dengan bebatuan alam yang membuat rumah tampak semakin asri.

Rumah Klasik Modern Bergaya Amerika

Tidak terlalu banyak yang mengadopsi gaya Amerika untuk rumah klasik modern di Indonesia. Akan tetapi hal ini justru bisa membuat rumah tampil beda dari yang lain. Seperti rumah yang satu ini. Warna putih mendominasi sisi eksterior rumah.

Terdapat 4 pilar penyangga berukuran besar dan jendela dengan jumlah yang banyak. Di bagian atap rumah juga dihiasi dengan beberapa jendela kecil yang sangat identik dengan rumah klasik Amerika.

Rumah Klasik Modern yang Minimalis

Rumah klasik modern tetap bisa tampil minimalis. Contohnya seperti gambar yang satu ini. Begitu sampai di depan rumah kita disambut dengan empat pilar besar sebagai penyangga konstruksi bangunan. Untuk bagian atapnya dibuat datar yang menjadi ciri khas rumah modern. 

Keseluruhan eksterior rumah ini juga didominasi warna putih yang membuatnya tampak minimalis. Sebagai pemanis terdapat beberapa tanaman kecil di balkon lantai dua.

Rumah Klasik nan Megah

Mengusung gaya klasik menjadi salah satu cara untuk menonjolkan kemewahan pada rumah. Pada contoh yang satu ini terdapat ornamen bangunan berupa ukiran  yang terlihat rumit. Rumah juga dibuat tampak tinggi untuk menunjukkan kesan megah.

Terdapat empat pilar penyangga berukuran besar yang terbagi menjadi dua pasang. Pilar ini dipermanis dengan ukiran yang senada sehingga membuat sisi depan rumah menjadi semakin mewah.

Rumah Klasik Modern Dominan Krem

Rumah klasik tidak selalu mengusung warna dasar putih. Anda juga bisa memilih warna krem sebagai warna dasarnya. Seperti rumah yang satu ini.

Dilihat dari depan terdapat jendela kaca transparan berukuran besar di salah satu sisinya. Bingkai jendela besar ini dibuat senada dengan bingkai jendela lainnya agar tetap terlihat serasi. Selain itu juga terdapat sentuhan aksen kayu berwarna coklat tua agar tampilan rumah klasik modern ini tidak terkesan monoton.

Rumah klasik Modern Vintage

Gaya vintage juga bisa dikombinasikan pada rumah klasik modern. Desain rumah ini sendiri cukup digandrungi di Amerika pada tahun 1980 sampai 1990-an. Umumnya rumah klasik vintage tampak seperti dua rumah yang terpisah. Akan tetapi sebenarnya terdapat jalur ruangan penghubung yang membuatnya menyatu.

Rumah klasik vintage biasanya mengusung warna coklat untuk memperkuat kesan vintage. Selain itu terdapat aksen tembok dengan bahan dasar batu alam agar membuatnya terlihat menarik.

Rumah Klasik Bergaya Natural

Anda juga bisa menjumpai rumah klasik dengan sentuhan natural. Pada rumah ini misalnya, Anda akan melihat material kayu yang membuatnya terkesan menyatu dengan alam. Di samping itu juga terdapat kaca berukuran besar yang akan membuat cahaya matahari dapat masuk dengan mudah ke dalam ruangan.

Rumah Klasik Modern yang Unik

Rumah klasik yang satu ini tak kalah unik. Struktur bangunannya terlihat unik dan berani tampil beda. Atap rumahnya memiliki desain layaknya sayap kupu-kupu. Di samping itu juga terdapat sudut-sudut rumah yang sengaja dirancang tegas.

Rumah Klasik dengan Warna Lembut

Desain rumah yang satu ini tampak lebih kalem karena mengusung warna-warna lembut seperti biru muda, pink, ungu atau kombinasi warna abu-abu dengan warna yang lebih cerah. Meski demikian model bangunannya tetap mempertahankan gaya klasik yang khas. Di sisi kanan ataupun kiri terdapat jendela dengan aksen rumit yang menghiasi sekelilingnya. Sedangkan bagian atas pintu masuk terdapat jendela berukuran besar yang juga memperkuat kesan klasik dari rumah ini.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Modern

Rumah Klasik Modern dengan Atap Segitiga

Salah satu kelebihan rumah klasik adalah kemudahannya untuk dikombinasikan dengan desain apapun. Seperti rumah yang satu ini. Jika diamati rumah ini banyak menggunakan material bangunan kayu. Selain itu juga terdapat aksen atap segitiga. Tidak hanya itu, juga terdapat aksen jendela berbentuk balok yang membuat unsur klasik terlihat cukup jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *