Desain Rumah Klasik Modern Gaya Minimalis


Desain Rumah Klasik – Rumah klasik modern menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang mempunyai dana lebih. Desain klasik memang identik dengan kesan mewah, sehingga bisa menegaskan status sosial pemiliknya.

Saat ini tidak sulit untuk mencari referensi desain rumah klasik. Jika masih saja tidak menemukan yang cocok, Anda bisa meminta bantuan arsitek untuk mendesain rumah idaman Anda.



Pada kesempatan kali ini kami berikan beberapa referensi mengenai desain rumah klasik modern. Akan tetapi sebelumnya kita kenali terlebih dahulu seputar macam-macam desainnya

Macam-macam Desain Rumah Klasik

Rumah klasik erat kaitannya dengan arsitektur klasik Yunani atau Roma kuno. Desain klasik umumnya mempunyai detail yang rumit di beberapa sudut. Seperti fasad, pintu masuk, jendela dan atap. Beberapa detail klasik yang lazim dijumpai adalah kolom bergalur, bingkai jendela dengan detail molding dan coffered plafond atau panel-panel cekum di langit-langit.

Baca juga: Desain Interior Rumah Minimalis

Model Early Classical Revival

 Sentuhan desain awal kebangkitan model rumah klasik atau early classical revival ini mempunyai ciri khas pada teras dengan tingkat dua yang didukung kolom-kolom Tuscan. Sedangkan balkon lantai dua dan langkan menyatu ke dalam kolom. Selain itu juga terdapat detail cornice yang rumit.



Model Greek Revival

RUmah dengan sentuhan greek revival bisa diamati dari desain cornice yang menonjol. Selain itu juga terdapat rangkaian detail ukiran di bawah lis atap. Sehingga rumah dengan sentuhan desain greek revival tampak lebih modern dengan detail profil yang lebih sederhana dari early classical revival.

Model rumah ini sangat populer di pertengahan abad ke-19. Bahkan sampai sekarang masih ada rumah-rumah mewah yang mengadopsi konsep greek revival ini.

Model Neoclassical

Model rumah ini bisa dibagi menjadi tiga tipe utama. Yakni bangunan dengan gaya kuil kuno, bangunan Palladian yang didasarkan pada gaya konstruksi villa Palladio yang mengusung arsitektur Renaisans dan bangunan blok klasik.

Model rumah klasik bergaya kuil jarang dijumpai di era Renaisans. Arsitektur dengan gaya kuil baru banyak diterapkan di zaman Neoklasik. Kebanyakan bangunan dengan sentuhan gaya kuil menunjukkan peristyle yang merupakan garis kontinu kolom di sekitar bangunan.

Model Klasik Modern

Rumah modern dengan gaya klasik memadukan filsafat klasik mengenai proporsi, keteraturan dan pengulangan. Beberapa bangunan rumah memiliki simetri klasik, dengan keseimbangan dan massa. Selain itu atap curam mengadopsi desain rumah abad pertengahan dan detail minimalis.

Referensi Desain Rumah Klasik Modern

Setelah mengetahui beberapa macam desain rumah klasik, kini kita bahas beberapa referensi rumah klasik modern. Dengan demikian Anda memiliki gambaran ingin rumah klasik modern yang seperti apa.

Rumah Klasik Modern yang Menawan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *