Desain Rumah Tropis Modern Yang Ideal

Desain Rumah Tropis Modern – Anda saat ini mungkin sedang mencari inspirasi desain untuk rumah idaman Anda. Dan Anda mungkin sedang bingung ingin rumah yang seperti apa. Sebab saat ini banyak sekali rumah dengan desain yang memikat, bahkan juga banyak yang mengusung desain unik.

Hal ini tentu saja memusingkan kita. Terlebih jika beberapa desain rumah yang kita lihat sesuai dengan karakter Anda. Sebagai bahan pertimbangan tambahan, Anda bisa melirik rumah bergaya tropis.

Sebelum memberikan referensi seputar desain rumah tropis, terlebih dahulu kita bahas apa itu desain rumah tropis. Rumah tropis merupakan rumah yang bentuk dan elemennya dibuat sedemikian rupa sehingga cocok dengan alam tropis. Rumah bergaya tropis tentu saja sangat cocok diterapkan di kawasan tropis, seperti Indonesia.

Mungkin tidak terlalu banyak yang memilih desain rumah tropis pada hunian pribadinya. Wajar saja, jika melihat ke belakang Belanda yang kala itu menjajah Indonesia mendesain bangunan yang menyesuaikan dengan alam sekitar.

Bangunan yang dibuat Belanda umumnya mempunyai langit-langit yang tinggi, dengan jendela yang banyak dan berukuran besar. Arsitek dari Negeri Kincir Angin itu menyiasati iklim dan cuaca tropis yang identik dengan angin kencang, curah hujan dan kelembapan yang tinggi.

Karenanya bangunan-bangunan lainnya mengikuti desain bangunan yang dibuat oleh arsitek Belanda. Yang jika dilihat justru tidak memiliki desain tropis.

Kembali lagi ke rumah tropis, jika ingin memiliki rumah dengan desain tropis, di bawah ini ada beberapa referensi yang bisa Anda jadikan inspirasi. Langsung saja berikut ide rumah tropis yang bisa Anda simak.

Baca juga: Desain Rumah Klasik Modern

Rumah Tropis Modern The Sun House

Rumah tropis bernama The Sun House yang berlokasi di Singapura ini merupakan hasil karya dari Guz Architect. Kesan tropis terlihat dari peletakan beberapa macam tumbuhan yang menghiasi beberapa sudut ruangan.

Tidak hanya itu, rumah ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang cukup luas sehingga bisa digunakan pemilik rumah saat ingin merasakan kesejukan. Pohon-pohon tinggi yang ada di sekitar kolam akan melindungi area tersebut dari sinar matahari langsung.

Sang arsitek juga menempatkan ruang untuk bersantai di samping kolam renang. Menariknya lagi hampir setiap sudut rumah ini dilengkapi dengan kaca yang dapat dimasuki sinar matahari. Sehingga saat pagi dan siang hari pemilik tidak perlu menyalakan lampu.

Villa Kontemporer di Bali

Rumah berikutnya ini juga mengusung desain tropis yang tak kalah menarik. Jika diamati terdapat banyak ruang untuk sirkulasi udara. Sebab bangunan rumah ini tidak dibatasi sekat yang membatasi rumah dengan taman. Sehingga penghuni rumah akan tetap merasa sejuk sepanjang waktu.

Kelebihan lain dari rumah ini adalah penggunaan listrik yang lebih irit. Sebab dengan desain seperti ini ruangan di dalam rumah akan tampak terang saat pagi dan siang hari. Sehingga kita tidak memerlukan tambahan lampu di saat tersebut. Sedangkan di samping taman terdapat kolam renang yang akan membuat rumah semakin sejuk.

Distort House

Mungkin Anda tidak terlalu asing dengan rumah tropis yang satu ini. Sebab desain rumah ini sendiri memang terinspirasi dari gaya arsitektur tradisional di Indonesia. Terlihat dari penggunaan material kayu yang membuat kesan tropis yang konvensional, namun tetap terlihat modern.

Di samping itu rumah ini didominasi warna cat putih yang menjadi warna netral tepat untuk menunjang kesan tropis. Pengaplikasian material kayu yang diletakkan secara berstruktur membuat rumah tampak lebih unik dan nyaman.

Minimalistic Open Walls

Masih ada referensi lain yang juga menarik. Salah satunya adalah karya Pilip Johnson ini. Rumah ini memberikan kesan isolasi yang santai dan damai. Tidak hanya itu, penggunaan kaca sebagai tembok rumah akan membuat interior rumah seakan menyatu dengan alam di sekitarnya.

Tentu saja desain yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin rumah dengan nuansa alami yang begitu kental. Tidur di dalamnya pun serasa tidur di alam bebas, namun dengan kenyamanan yang jauh lebih baik.

Villa Mia Koh Samui, Thailand

Tepi pantai menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan rumah tropis. Referensinya bisa seperti Villa Mia di Koh Samui, Thailand. Rumah ini menghadap pantai yang menjadi daya tariknya. Selain itu terdapat beberapa tumbuhan di sekitar rumah yang membuat nuansanya tampak sejuk dan nyaman. Setiap ruang di rumah ini tidak dilengkapi sekat sehingga membuat proses sirkulasi lebih lancar.

MC1 House

Rumah ini mengusung konsep sederhana yang dibalut dengan suasana sejuk dan rindang. Tidak hanya itu, rumah ini juga mengadopsi banyak kaca tembus pandang. Dengan begitu cahaya matahari dapat masuk dengan mudah ke dalam rumah. Selain itu juga terdapat celah-celah di ruang maupun jendela yang memudahkan udara segar masuk ke dalam rumah.

Modular House Dubldom

Rumah yang satu ini menawarkan suasana interior yang tampak sangat menyatu dengan alam. Hal ini dapat diwujudkan berkat penggunaan kaca di beberapa sudut rumah. Selain itu juga terdapat penggunaan perabotan kayu yang membuatnya tampak seperti lake house.

Whiten Paradise

Mempunyai lahan yang terbatas tidak menghalangi kita untuk memperoleh rumah tropis yang modern dan minimalis. Seperti rumah yang satu ini. Desainnya terlihat minimalis seperti kebanyakan perumahan di Indonesia. Tidak hanya itu, terdapat aksen dengan warna yang tampak seragam sehingga membuat rumah terlihat lebih cantik. Juga ada beberapa tanaman di sekitar teras rumah untuk membuatnya terlihat lebih asri.

Wailea Golf Estates Residence

Desain rumah seperti ini terlihat semakin menarik jika dibangun di pesisir pantai. Tampilannya terlihat mewah, dengan tetap mempertahankan kesan tropis. Terdapat pintu kaca yang siap menyambut siapapun yang datang ke rumah. Juga ada tanaman hias di sisi depan agar rumah tidak terkesan monoton.

Dein Villa

Rumah dengan nama Dein Villa ini merupakan buatan Maarch. Rumah kontemporer ini mengusung sentuhan tropis yang membuat penghuni rumah merasa nyaman selama berada di dalamnya.

Di salah satu sudutnya terdapat kanopi kayu yang melindungi penghuni saat ingin bersantai di luar ruangan. Kanopi ini juga memberikan aksen warna yang menonjol sekaligus menghadirkan kesan natural di tengah bangunan yang dominan warna putih.

Baca juga: Harga Jasa Desain Rumah Minimalis

Terdapat kolam renang besar dengan lantai berwarna biru yang membuatnya semakin menarik. Tidak berhenti sampai di situ, salah satu sudut di sisi atas terdapat tanaman gantung yang sukses membuat kesan tropis semakin kental dan menjadi salah satu aksen unik dari rumah ini.

Itulah beberapa referensi desain rumah tropis yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Tidak perlu terpaku dengan desain di atas. Anda bisa berkreasi sesuka hati untuk mewujudkan rumah tropis idaman Anda. Jika Anda bingung, Anda bisa meminta bantuan arsitek untuk memberikan masukan atau mendesain rumah tropis yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *