Harga Hebel Per Kubik

Harga Bata Ringan Per Kubik –  Saat ini bahan-bahan bangunan sudah semakin beragam jenisnya seperti bahan bangunan untuk tembok misalnya. Jika dulu bahan bangunan untuk tembok hanyalah batu bata, kini sudah ada hebel yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti bata merah.

Pada dasarnya, bata ringan sudah banyak digunakan sebagai bahan bangunan pengganti bata merah sejak tahun 1923 di Swedia. Pada saat itu, bata ringan telah dimanfaatkan untuk pengganti kayu yang sebelumnya menjadi bahan material utama untuk dinding bangunan.

Namun sayangnya, pada waktu itu hanya sedikit orang yang mau menggunakan batu bata (hebel). Hal ini dikarenakan pemasangannya yang cukup sulit, harga hebel juga relatif mahal dan tingkat kekuatan hebel yang belum teruji.

hebel

Pada tahun 1943, Negara jerman mulai menggunakan bata ringan sebagai bahan konstruksi untuk bangunan yang berada di Negara mereka. Joseph Hebel yang merupakan ahli konstruksi pada masa itu, telah melakukan banyak modifikasi pada bahan material bata ringan.

Berkat modifikasi dan pengembangan yang telah dilakukannya, bahan material bata ringan ini pun memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan sebelum di modifikasi. Hingga pada akhirnya bata ringan ini biasa disebut dengan Hebel, ini dilakukan untuk menghargai kerja keras yang dilakukan oleh Joseph Hebel dalam mengembangkan bahan material pengganti kayu ini.

Di Indonesia sendiri, Hebel mulai dikenal pada awal tahun 1995. Sebelum masuk ke Indonesia, masyarakat sudah lebih dulu mengenal bata merah sebagai bahan material utama untuk dinding tembok. Namun karena harga hebel yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga batu ringan membuat masyarakat enggan untuk menggunakan material pengganti bata ringan ini.

bata ringan

Baca juga: Harga Batu Bata Merah

Kelebihan dan Kekurangan Hebel Dibandingkan Bata Merah

Pada dasarnya, Hebel memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan bata merah. Beberapa kelebihan Hebel dibandingkan dengan bata merah adalah sebagai berikut:

  • Jauh lebih ringan daripada bata merah
  • Mempunyai tingkat kekuatan dan ketahanan yang lebih baik
  • Kedap air
  • Dalam pemasangannya, tidak memerlukan banyak bahan perekat
  • Kedap suara
  • Ukuran dan kualitas Hebel cenderung lebih baik sehingga dinding akan jauh lebih rapi
  • Proses pengangkutan yang jauh lebih mudah
  • Proses pemasangan yang relatif lebih cepat
  • Tidak membutuhkan plesteran yang terlalu tebal

Selain memiliki beberapa kelebihan, hebel juga mempunyai kekurangan  jika dibandingkan dengan batu bata merah. Kekurangan hebel dibandingkan dengan bata merah adalah sebagai berikut :

  • Harga hebel relatif lebih mahal
  • Hebel cukup sulit untuk di dapatkan
  • Memerlukan perekat khusus yang agak sulit ditemukan
  • Memerlukan keahlian khusus dalam proses pemasangannya
  • Cenderung agak sulit untuk dikeringkan
  • Apabila di plester dalam kondisi basah, maka akan meninggalkan bercak kekuningan

membuat hebel sendiri

Cara Membuat Bata Ringan (Hebel) Secara Manual

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan bata ringan ini bisa dilakukan secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat bata ringan (hebel) secara manual  :

Alat-alat yang diperlukan :

  • Cetakan yang khusus bata ringan
  • Ember
  • Cetok
  • Cangkul

Bahan –bahan yang dibutuhkan :

  • Semen yang digunakan sebagai bahan pengikat
  • Pasir yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Fly ash, kapur, dan air yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Air sebagai bahan pengencer
  • Pasta alumunium sebagai bahan pengembang

diy hebel

Cara Membuat bata ringan (hebel)  :

  1. Pertama, anda harus membuat adukan hebel terlebih dahulu yang terdiri dari binder dan filler dengan perbandingan 1 : 2. Yang dimaksud binder adalah semen, sedangkan filler adalah bahan campuran dari pasir, fly ash dan kapur. Apabila anda hanya menggunakan fly ash atau kapur atapun bahan campuran keduanya tanpa pasir, maka komposisi filler yang disarankan adalah 17% dari total adukan hebel.
  2. Lalu tuangkan air yang secukupnya ke dalam adukan hebel tersebut untuk mengencerkannya. Penambahan air ini jangan sampai terlalu banyak ataupun terlalu sedikit karena bisa merusak kualitas bahan ringan yang dihasilkan nantinya. Pada umumnya, jumlah air yang harus ditambahkan ke dalam adukan hebel yaitu sekitar 0,4 sampai 0,6 dari total semen yang digunakan.
  3. Proses pengadukan harus dilakukan hingga komposisi bahan penyusun adukan tersebut benar-benar tercampur rata. Sifat adukan ini juga nampak berubah menjadi homogen dan massa jenisnya pun sesuai dengan perencanaan yaitu sekitar 1,8 sampai 2,2 kg/liter. Namun jika masa jenis adukan hebel tersebut masih belum sesuai, maka anda bisa menambahkan air secukupnya.
  4. Setelah adukan bata ringan tersebut selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membentuk adukan dengan menggunakan cetakan khusus bata ringan. Caranya yaitu, tuangkanlah adukan hebel tadi ke dalam cetakan khusu, kemudian ratakan seluruh permukaannya. Supaya dapat mengering dan tercetak dengan sempurna, diamkanlah cetakan tersebut selama kurang lebih sekitar 12 jam.
  5. Keesokan harinya, bukalah cetakan bata ringan tadi dengan sangat hati-hati. Selanjutnya pindahkan hebel-hebel yang masih mentah ini ke tempat pengeringan atau curing area yang terbuka tetapi terhindar dari cahaya matahari secara langsung.
  6. Bentuk perawatan yang harus kita berikan pada bata ringan selama proses pengeringan adalah dengan menyirami hebet tersebut selama 10 hari secara berturut-turut. Hal ini bertujuan agar pengeringannya dapat berlangsung secara perlahan sehingga hebel tidak akan mengalami kerusakan ataupun keretakan. Setelah 15 hari kemudian, bata ringan tersebut sudah bisa diletakkan di dalam gudang penyimpanan. Material hebel ini baru bisa digunakan setelah usianya sudah mencapai lebih dari 20 hari sejak awal pembuatan.

batu bata ringan

Harga Hebel, Harga Bata Ringan

Bata ringan ini terdiri dari 2 jenis yaitu AAC dan CLC. Karena memiliki sifat ekonomis dan ringan, maka pengggunaan bata ini terbilang sangat efisien dan cepat dalam pembangunan proyek rumah, apartement, hotel ataupun mall. Lalu berapakah harga bata ringan (hebel) terbaru di bulan ini?

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai informasi harga hebel terbaru 2021. Pastinya anda harus jeli dan teliti sebelum memutuskan untuk menggunakan material hebel ataukah tidak.

Semua tergantung dengan anda sendiri, anda harus memilih bahan dasar bata apa yang akan digunakan untuk membangun rumah idaman anda, mengingat harga bata ringan dan harga bata merah mempunyai selisih harga yang cukup jauh.

Berikut ini adalah daftar harga hebel terbaru 2021 :

bata ringan hebel

Jenis Batu Bata
Satuan
Harga
Bata Ringan Hebel
Per 1 M3/ Kubik
750.000
Bata Ringan Voscon
Per 1 M3/ Kubik
650-1000
Bata Ringan 10x20x60cm
1 Biji
10.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm
1 Biji
7.800
Bata Ringan 10x20x60cm
Per 1 M3
750.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm
Per 1 M Kubik
585.000

Daftar harga hebel diatas tentu bisa berubah sewaktu-waktu. Hal ini dikarenakan setiap daerah mempunyai acuan standarisasi harga yang berbeda.

Baik itu harga hebel jakarta, harga hebel di surabaya, harga hebel di palembang, harga hebel di bandung, harga hebel di bogor, harga hebel di Jogja, harga hebel di Bali dan harga hebel terbaru di kota-kota besar lainnya.

Maka dari itulah kami sarankan kepada anda untuk selalu uptodate harga hebel terbaru.

Baca juga: Cara Menghitung Batu Bata

Demikian informasi yang telah kami sampaikan tentang Harga Hebel Terbaru 2021. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang ingin menggunakan bata ringan (hebel) ini untuk bangunan anda ataupun bagi anda yang hanya sekedar mencari informasi harga  hebel terbaru 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *