Harga Batu Split Per Meter Kubik


Harga Batu Split Per Kubik – Batu ini merupakan salah satu jenis batu material bangunan yang didapatkan dengan cara membelah atau memecah batu yang berukuran besar menjadi ukuran kecil-kecil. Batu split juga biasa disebut dengan batu belah, hal ini dikarenakan sesuai dengan proses untuk mendapatkannya yaitu dengan cara membelah batu. Secara umum, fungsi utama dari batu split adalh sebagai bahan campuran utama dalam pembuatan beton cor.

Tidak hanya batu split saja, bahan pembuatan beton cor lainnya adalah pasir dan semen. Proses pembuatan beton cor ini dilakukan dengan cara mencampur batu split, pasir, dan semen dengan menggunakan media air. Setelah tercampur rata maka adonan tersebut dicetak sesuai dengan peruntukkannya.



Apabila dilihat dari segi jenis dan ukuran batu split, ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bahan campuran utama beton saja namun juga berfungsi untuk kebutuhan yang lain. Untuk bisa mendapatkan batu split ini, bongkahan batu yang didapatkan dari hasil penambangan harus dibelah menggunakan mesin penghancur (crusher machine).

Bongkahan batu yang telah dihancurkan tersebut maka akan menghasilkan batu split dengan berbagai macam ukuran. Batu yang telah dihancurkan (crushed) kemudian dikelompokkan dan disortir berdasarkan ukurannya.

Baca juga: Harga Batu Kali Per Kubik

Jenis-Jenis Ukuran Batu Split dan Fungsinya

Batu split sendiri terdiri dari berbagai macam jenis ukuran yang dapat kita temui dengan mudah dipasaran. Masing-masing jenis ukuran batu split tersebut tentunya memiliki ukuran yang berbeda, untuk lebih jelasnya mari simak uraian selengkapnya berikut ini :



    1. Batu Split Ukuran 0 – 5 mm (mili meter)

Jenis ini biasa disebut dengan Istilah Abu Batu. Ukuran ini termasuk jenis ukuran yang sangat lembut, bahkan ukuran partikelnya hampir menyerupai pasir lembut. Batu split jenis ini biasa digunakan untuk bahan campuran dalam proses pengaspalan dan bisa juga digunakan sebagai material pengganti pasir. Material batu split ukuran ini adalah bahan utama dalam pembuatan gorong-gorong dan batako press.

    1. Batu Split Ukuran 5 – 10 mm ( mili meter)

Jenis ini juga biasa disebut dengan batu split ukuran 3/8 cm (centi meter). Material batu split jenis ini biasa digunakan untuk bahan campuran dalam proses pengaspalan, mulai dari jalan yang ringan hingga sampai jalan kelas 1. Batu split jenis ukuran ini dapat dicampur dengan asapal menjadi Aspal Mixed Plant atau yang biasa disebut dengan aspal hot mixed.

    1. Batu Split Ukuran 10 – 20 mm (mili meter)

Material batu split jenis ukuran ini biasa digunakan sebagai bahan pengecoran segala macam konstruksi, mulai dari konstruksi ringan hingga konstruksi berat. Bangunan-bangunan yang pada umumnya menggunakan beton cor dari bahan batu split ukuran ini adalah Jalan Tol, Gedung bertingkat, Landasan Pesawat udara, Bantalan Kereta Api, Pelabuhan dan Dermaga, Tiang Pancang, Jembatan, dan masih banyak lagi lainnya.

    1. Batu Split ukuran 20- 30 mm (mili meter)

Material batu split jenis ini banyak digunakan sebagai bahan pengecoran lantai dan pengecoran atau pembetonan horizontal yang lain.

    1. Batu Split ukuran 30 – 50 mm (mili meter)

Material batu split jenis ini biasa digunakan untuk dasar badan jalan sebelum menggunakan bahan material yang lainnya, seperti penyangga bantalan kereta api, penutup atau pemberat pipa didasar laut, beton cor pemecah ombak, dan masih banyak lagi.

    1. Batu Split Jenis Agregat A

Material batu split jenis ini tergolong dalam jenis sirtu. Batu Split jenis Agregat A merupakan kombinasi dari beberapa jenis ukuran baru split. Bahan campuran batu ini terdiri dari abu batu, pasir, batu split ukuran 10 – 20 mm, batu split ukuran 20 – 30 mm dan juga batu split ukuran 30 – 50 mm. Pencampuran bahan tersebut tidak ada pedoman komposisi yang tertentu ataupun baku dari masing-masing bahan. Komposisinya akan disesuaikan dengan jenis pemakaiannya. Pada umumnya, Batu Split jenis Agregat A ini digunakan untuk bahan pengecoran dinding, pembuatan dinding, dan juga campuran bahan beton cor.



    1. Batu Split Jenis Agregat B

Material batu split ini tergolong dalam jenis sirtu. Batu Split Jenis Agregat B merupakan campuran dari beberapa jenis ukuran baru split. Bahan campuran batu split ini terdiri atas tanah, abu batu, batu split ukurna 10 – 20 mm, batu split ukuran 20 – 30 mm dan juga batu split ukuran 30 – 50 mm. Bahan campuran tanah merupakan pembeda komposisi dengan batu split jenis Agregat A. Pencampuran bahan tersebut tidak ada pedoman komposisi yang tertentu atau baku dari masing-masing bahan. Komposisi akan disesuaikan dengan jenis pemakaiannya. Pada umumnya, batu split jenis Agregat B ini biasa digunakan untuk bahan timbunan awal pengerasan jalan yang bertujuan untuk dapat meratakan dan mengikat lapisan batu split yang telah digelar pada lapisan di atasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *