Harga Dan Ukuran Kanstin Beton


Harga Kanstin – Kanstin merupakan sebuah material konstruksi yang terbuat dari bahan campuran beton yang berupa semen, pasir, batu split dan air dan memiliki fungsi sebagai media pembatas jalan. Kanstin biasa juga disebut dengan istilah atau nama lain kerb beton.

Material konstruksi ini diproduksi menggunakan sistem pracetak, yaitu dibuat secara besar-besaran (massal) oleh pabrik beton precast. Proses produksi kanstin pun sama dengan produk beton pracetak yang lainnya seperti u-ditch, box culvert, buis beton, pagar beton dan juga paving block.



Metode Produksi Kanstin

Apabila dilihat dari proses produksinya, kanstin beton dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah kanstin dengan metode cetak basah (wet cast) dan yang kedua adalah kanstin dengan metode cetak kering (dry cast). Perbedaan yang menonjol dari kedua metode pencetakan tersebut ada pada tampilan hasil produksinya (visual perfomance).

Dengan menggunakan metode cetak basah, akan menghasilkan permukaan produk yang lebih halus dan rapi. Sedangkan jika menggunakan metode cetak kering, maka akan menghasilkan produk dengan tampilan permukaan yang sedikit berpori.

Namun,  kekuatan dari kedua metode produksi tersebut tidak memiliki perbedaan. Kanstin cetak kering diproduksi dengan menggunakan mesin produksi pencetak kanstin. Sementara untuk jenis kanstin cetak basah, diproduksi dengan menggunakan sistem cor beton yang dituangkan ke dalam cetakan kanstin.

Kanstin cetak kering pada umumnya mempunyai kapasitas produksi harian yang jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan kanstin cetak basah.



Baca juga: Harga Hebel Per Kubik

Fungsi Kanstin Beton

Pada awalnya, kanstin hanya digunakan sebagai media pembatas jalan saja. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, saat ini kanstin sudah mulai didesain untuk mempercantik taman. Tidak hanya itu, kanstin juga bisa diaplikasikan sebagai material pemberhenti mobil saat parkir atau yang sering disebut dengan car stopper beton. Yang dimaksud dengan car stopper adalah semacam tanggulan yang digunakan sebagai pengaman area parkir untuk tanda bahwa mobil harus berhenti.

Pemasangan kanstin car stopper beton ini harus disesuaikan dengan ketinggian bumper mobil dan jarak sumbu pada roda mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil bisa berhenti saat rodanya telah menyentuh car stopper. Ketinggian pemasangannya pun juga harus diatur supaya mobil nantinya tidak sampai membentur kanstin car stopper yang sudah dipasang. Pada umumnya, ketinggian pemasangan car stopper beton yang tampak dipermukaan yaitu sekitar 10 cm.

Kanstin juga dapat digunakan sebagai material pengunci pada pemasangan paving block. Tujuannya adalah supaya susunan pasangan paving tidak mudah bergeser nantinya. Disarankan untuk memasang kanstin terlebih dahulu sebelum akan memasang conblock. Hal ini bertujuan supaya pasangan conblock bisa jadi lebih rapi dan tetap lurus sesuai patokan pasangan kanstin.

Jenis – Jenis Kanstin

  1. Kanstin Jepit

Jenis kanstin ini mempunyai dimensi ukuran 40 x 20 x 10 cm. Kanstin jepit ini banyak kita jumpai pemasangannya pada area jalan di lingkungan perumahan. Dinamakan sebagai kanstin jepit sebab produk ini mempunyai socket joint atau sering disebut dengan istilah kupingan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *