Harga Batu Bata Batako dan Bata Merah Terbaru Oktober 2019

Harga Batu Bata Terbaru  – Setelah sebelumnya kami membahas harga bahan bangunan semen dan harga pasir terbaru, kali ini kami akan mengulas harga batu bata. Seperti yang kita ketahui dalam aktivitas pembangunan suatu bangunan bahwa semen, pasir dan batu-bata atau biasa disebut batako ini memiliki peranan penting sebagai pondasi. Batu-bata sendiri memiliki beberapa jenis dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing yang dijual dengan harga yang bervarian juga tentunya.

harga batu bata

Pemilihan batu bata yang akan digunakan untuk rumah Anda memang harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Karena, jika Anda salah dalam memilih batu bata maka rumah Anda beresiko mudah hancur. Ada banyak sekali hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan batu bata. Selain kualitas, Anda juga harus memperhatikan harga beli batu bata, jangan sampai terlalu mahal ataupun terlalu murah. Maka dari itu, kami disini akan memberikan informasi harga batu bata terbaru beserta beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membeli batu bata. Namun sebelum itu kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari batu bata batako dan bata merah. Mari simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan batu bata berikut ini.

Baca juga: Harga Batu Alam

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Merah

Kelebihan batu bata merah mempunyai kelebihan yaitu jenis bahannya cukup padat apabila dibandingkan dengan bata putih, sehingga akan membuat bangunan rumah Anda menjadi lebih awet. Batu bata merah juga akan memberikan kesan tradisional jika digunakan, ini karena mempunyai bau khas klasik yang cukup asik apabila Anda menyukai hal-hal tradisional. Untuk masalah harga batu bata merah sendiri sangat bervariasi tergantung dari ukuran dan kualitasnya,  yang paling murah adalah 350 perbiji.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Batako

Kemudian untuk batu batako  sendiri adalah material bangunan yang terbuat dari campuran air, pasir dan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan batu bata lainnya tetapi harganya terbilang cukup terjangkau. Selain itu, batu batako lebih kedap air sehingga akan membantu untuk mencegah masuknya air hujan melalui dinding rumah.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah batu batako memiliki kekuatan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan batu bata sehingga tidak akan cocok untuk rumah satu lantai yang menggunakan dinding sebagai elemen struktur. Batu batako memang memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan lainnya. Sama halnya dengan harga bata merah yang mana harga batu bata batako sendiri juga tergantung dari ukuran dan kualitas batako yang ada. Batako yang dijual di pasaran sendiri terdapat dalam 2 macam tipe yaitu  kw 1 dan kw 2. Untuk kw 1 sendiri yakni memiliki ciri atau bentuk yang lebih halus.

Daftar Harga Batu Bata Terbaru 2019

Jenis Batu Bata Satuan Harga
Batu Batako Biji Rp 2.800,-
Batu Bata Merah Biji Rp 350-1500,-
Batu Bata Merah (oven) Biji Rp 550-1300,-
Batu Kali Belah m3 Rp 192.000,-
Split pick up Rp 271.000,-
Split truk Rp 1.281.000,-
Batu Knecker m3 Rp 230.000,-
Batu Candi (30 x 30) m2 Rp 130.000,-
Batu Andesit (30 x 30) m2 Rp 175.000,-
Batu Bali 10 kg Rp 75.000,-
Batu Batako Putih (Tras) 1 Biji Rp 2350,-
Batu Batako Press 1 Biji Rp 2200,-
Batu Batako Semen 1 Biji Rp 2300,-

Harga Batako Per Biji

Ukuran batako 10 x 20 x 40 cm
Harga batako Rp 2.300 per buah
Jumlah 20 buah/ m2
Perhitungan Harga Akhir 2.300 x 20 = Rp 46.000/ m2

Perbandingan Harga dengan Bata Merah

Harga Batu Bata Merah Rp 650/buah
Jumlah Bata Merah 100 biji/m2
Perhitungan akhir 650 x 100 = Rp 65000 per meter persegi

Baca Juga : Harga Pasir Terbaru

Pilih yang Mana?

Baik itu bata merah, batako atau bata ringan mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Keputusan penggunaan bahan dinding yang optimal kembali pada kebutuhan Anda sendiri sebagai pemilik bangunan, atau arsitek yang mungkin mendesain rumah Anda dengan model atau tema tertentu. Berikut ini adalah beberapa kesimpulan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih:

  • Apabila membangun ataupun merenovasi pada areal yang tidak terlalu luas, maka bata merah akan lebih fleksibel dan mudah untuk dipasang.
  • Jika harga menjadi pertimbangan yang paling utama, sekarang inini bata merah menjadi pilihan yang paling ekonomis.
  • Apabila membangun lebih dari 1 lantai, maka penggunaan material yang cukup ringan seperti batako atau bata ringan akan lebih baik guna mengurangi beban struktur.
  • Apabila menginginkan tampilan yang tertentu, maka ketiga bahan tersebut bisa tampil tanpa diplester (eskspos). Perlu Anda ketahui bahwa untuk mencapai kerapihan dalam pemasangan yang tinggi maka material bata merah akan membutuhkan waktu yang sangat lama.
  • Untuk masalah kecepatan, kerapihan dan kekedapan terhadap suara dan suhu, maka bata ringan adalah pilihan terbaik yang tersedia saat ini.

Kini Anda sudah mempunyai pengetahuan yang cukup untuk bekal Anda ketika akan membeli batu bata batako ataupun bata merah untuk proyek bangunan Anda. Jadilah pembeli yang bijak dengan membandingkan antara harga di pasaran dengan informasi harga batu bata terbaru dari kami. Jangan sembarangan dalam memilih batu bata yang bagus dan berkualitas untuk rumah impian Anda.

Demikian informasi mengenai daftar harga batu bata terbaru 2019 yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan atau bisa berbeda untuk setiap daerah. Nah,  untuk lebih jelasnya Anda bisa tanyakan langsung harga batu bata ke toko-toko bangunan terdekat di daerah Anda. Semoga informasi harga batu bata ini bisa menambah referensi Anda. Tunggu informasi mengenai harga bahan bangunan yang lain dari kami.

Leave a Comment