Harga Bondek Per Lembar Dan Meteran


Harga Bondek Cor – Bondek adalah material galvanis yang bentuk lekukannya sama seperti seng alkan dan spandek. Garis tekukan bondek sangat mirip dengan kedua jenis atap tersebut.

Yang membedakan adalah bondek didesain secara khusus untuk lapisan dasar beton pada rumah bertingkat, sedangkan seng alkan dan spandek biasa digunakan untuk atap rumah. Apabila anda pernah melihat bangunan bertingkat yang biasanya menggunakan triplek tebal sebagai alas cor, maka bondek inilah sebagai pengganti triplek dan penggunaan papan.



Sekarang ini penggunaan bondek telah dikenal sebagai pelapis dasar cor selain penyangga seperti kayu atau scaffolding. Bondek dibuat dengan bentuk dan konversi yang khusus sebagai penyangga cor beton dengan ketebalan tertentu sehingga akan sangat kuat untuk menopang beban besi dan beton yang berada di atasnya.

Gelombang plat bondek juga dirancang khusus dengan bentuk yang sudah diperhitungkan agar mampu menahan beban besi dan cor beton betulang. Bondek cor biasanya akan dibiarkan menempel sebagai langit-langit dak setelah cor mengering dalam waktu tertentu, sekitar 21 hari lebih setelah pengecoran dilakukan.

Kita pun akan melihat pemandangan bondek di langit-langit bangunan atas lantai. Bodek biasanya juga akan dibiarkan sebagai plafon dan dicat. Tetapi kebanyakan ditutup dengan plafon sebagai desain interior.

bondek cor beton



Baca juga: Teknik Pasang Bondek Dan Jenis Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan Bondek

Untuk mengenal lebih jauh mengenai bondek, maka kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan bondek sebagai material bekisting:

Kelebihan atau Keunggulan Bondek

  1. Penggunaan bondek sebagai bahan material pelapis cor beton, sudah tidak perlu dibuka ataupun dilepas setelah cor beton mengering. Bahkan juga bisa dicat langsung atau hanya dibiarkan saja apa adanya. Plat bondek pun tidak akan berkarat, bahkan akan terlihat sangat rapi dan bersih apabila langit-langit dak dari bondek dibiarkan menempel. Hal ini tentunya akan lebih menghemat pekerjaan membuka bekisting.
  2. Bisa mengehemat waktu pengerjaan pembuatan bekisting.
  3. Dapat mempercepat pekerjaan corak dak, hasil cornya akan terlihat rapi dan tidak akan ada keluhan cor plat beton bocor. Hal ini dikarenakan plat bondek sangat rapat dan anti bocor.
  4. Dapat mengurangi jumlah perancah atau penyangga, tentunya ini akan lebih hemat jika dibandingkan dengan penggunaan bekisting kayu ataupun triplek.
  5. Menghemat volume cor beton sekitar 15% sampai 25%.
  6. Cara pemasangan bondek ini bisa dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama yaitu balok lantai dicor bersamaan dengan plat lantai. Cara yang kedua, balok beton harus dicor dahulu, jika sudah mengering maka bondek bisa ditaruh di atasnya sama seperti mengecor plat bangunan

Kekurangan atau Kelemahan Penggunaan Bondek Sebagai Bekisting

  1. Plat bondek cukup sulit untuk dipotong, ini berarti dalam melakukan pemotongan anda harus menggunakan alat khusus. Sehingga ukuran bidang yang akan dicor haruslah tepat dan untuk pemesanan harus anda sesuaikan dengan hasil pengukuran bidang cor. Apabila terpaksa harus memotong, biasanya akan menggunakan angel grinder.
  2. Pemasangan bondek harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman, karena proses pemasangan bondek ini diperlukan keahlian yang khusus. Jika pemasangannya dilakukan oleh tukang masih belum berpengalaman maka dikhawatirkan akan terjadi kesalahan dan pemborosan material terutama bondek galvalum.
  3. Tidak disarankan untuk cor dak yang tidak mempunyai balok dan plat tepi, seperti plat pel, plat kanopi teras minimalis yang tanpa balok, dan cantilever.
  4. Dalam proses pemasangan sambungan antar sisi bondek maka anda harus menggunakan las litrik, ini berguna untuk menguatkan sambungan. Hal ini pastinya akan menambah biaya las listrik dan membutuhkan keahlian dari tukang las.
  5. Apabila dipasang secara terpisah maka aplikasi bondek harus menggunakan penopang balok. Jadi bondek akan bertumpu pada balok beton atau baja H.

harga bondek cor

Baca juga: Analisa Harga Satuan Mutu Beton K250



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *