Cara Memasang Bondek


Memasang Bondek – Bondek / pengganti kayu merupakan sejenis plat lantai berlapis galvanis atau yang juga biasa disebut dengan Structural Floor Decking (Struktur Plat Lantai) yang memiliki fungsi sebagai pengganti sistem konvesional yang selama ini menggunakan triplek sebagai bekisting cor plat lantainya.

Apabila dibandingkan dengan triplex yang hanya berfungsi sebagai bekisting saja, plat bondek ini mempunyai kelebihan sebagai bekisting tetap dan berfungsi sebagai tulangan positif pada struktur plat lantai. Untuk dapat menghubungkan dengan balok, kita membutuhkan shear connector yang dilas ke tulangan balok.



Selain shear connector, bisa juga menggunakan besi beton dengan memotongnya sekitar 15 cm yang kemudian dilas ke bondek dan besi balok.

Waktu pengecorannya bersamaan dengan balok, kemudahan menggunakan bondek adalah anda sudah tidak perlu lagi memakai perancah atau scafolding dibawahnya dan sudah tidak perlu dicopot, sebab bondek juga berfungsi sebagai tulangan positif.

Lebar efektif bondek adalah 1 meter, berbahan galvanis dan panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan maksimal sampai 12 meter tetapi untuk memudahkan dalam membawanya biasanya menggunakan panjang maksimal 8 meter.

pasang bondek



Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton

Bondek dapat diorder dengan panjang 8 meter untuk mengurangi sambungan, ini sangat cocok untuk rangka baja yang dimana material bondek terdapat diatas profil bajanya, namun tetap saja bentang antar profil pada umumnya adalah 4 meter.

Apabila untuk struktur beton, bondeknya hanya tinggal di tumpangkan diatas bekisting dinding balok. Balok dan plat yang menggunakan bondek harus dibuat monolit, jadi bukan hanya sekedar menumpu di atas balokan.

Bondek dengan struktur penopang kayu sebenarnya bisa saja namun harus dengan jarak yang lebih rapat, sehingga percuma saja menggunakan bondek karena keuntungan bondek adalah dapat memberikan ruang bebas dibawahnya dan tidak perlu cabut bekisting. Apabila menggunakan struktur kayu maka akan jauh lebih tepat menggunakan grc 15 mm untuk lantainya.

Kesalahan yang paling banyak dijumpai adalah shear connector nya terlalu jarang atau lupa dipasang sehingga bisa disusul dengan cara di bor dan ditancapkan. Metode pengeboran untuk dapat menancapkan shear connector ini sudah benar, namun karena di daerah sambungan ini terjadi tegangan, maka sebaiknya pemasangan shear connector ini menggunakan chemical set atau lem khsusus seperti Hilti, Ramset, dan Fishcer supaya tidak terjadi keretakan di permukaan atas plat betonnya.

Ketika saat dilakukan cor, jangan lupa untuk memasang perancah di bawah bondek, ini bertujuan untuk menghindari lendutan.

Cara Memotong Bondek Yang Benar

Pertama yang harus kita persiapkan adalah alat yang digunakan untuk memotong bondek seperti spidol, mesin Gerinda, Kaca Mata dan usahakan untuk memakai baju lengan panjang.

Sebelum memotong bondek, anda harus terlebih dahulu mengukur panjang bondek yang dibutuhkan untuk bangunan. Sebab jika anda motong bondek kurang dari kebutuan yang diperlukan oleh bangunan tersebut maka bondek ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

Setelah melakukan pengkuran kebutuhan panjang bondek, maka siapkan peralatan seperti Mesin Grinda, mata Grinda Tipis, Spidol dan kacamata, lalu gunakanlah spidol untuk menggaris panjang bondek yang akan di potong sehingga hasil potongan nantinya bisa lebih rapi. Jangan lupa gunakan Kacamata anda supaya dalam proses pemotongan bondek ini keamanan penglihatan dari percikan potongan tidak bisa mengenai mata anda.



Setelah proses menggaris dan menggunakan Kacamata sudah anda persiapkan, sekarang bisa lakukan pemotongan bondek, perhatikan kabel mesin grinda dan juga pemasangan mata grinda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam memotong bondek ini usahakan untuk tidak tergesa-gesa supaya hasil potongan yang dihasilkan nantinya jauh lebih rapi dan sesuai dengan ukuran yang di inginkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *