Harga Besi WF Dan Ukurannya


Harga Besi WF Per Kilo – Dalam pembangunan sebuah bangunan tentunya dibutuhkan banyak peralatan, salah satunya adalah besi baja struktural.

Saat ini ada banyak sekali produk besi baja struktural yang beredar dipasaran, tetapi produk yang paling populer dan umum digunakan adalah Besi Baja WF atau Wide Flange.



Kegunaan Besi WF

Besi WF merupakan jenis besi baja yang paling umum digunakan untuk membuat sebuah  bangunan atau digunakan dalam konstruksi baja. Meskipun besi ini kuat namun juga memiliki kekurangan tersendiri seperti mudah berakarat.

Selain itu, jika tidak digunakan sesuai dengan fungsinya maka bisa lemah terhadap gaya tekan, pemotongan besi ini juga tidak mudah. Oleh sebab itu anda harus menggunakan besi WF ini sesuai dengan kegunaannya.

Baca juga: Contoh Perhitungan Volume Besi

Kelebihan Besi Wf

Selain memiliki kekurangan, besi WF ini tentunya juga memiliki beberapa kelebihan yang dapat anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.



Kelebihan dari besi WF ini adalah sangat kuat dan kokoh, menggunakan besi yang satu ini juga tidak memiliki resiko termakan rayap ataupun termakan api.

Selain itu penggunaan besi WF jika dibandingkan dengan stainless steel harganya akan jauh lebih murah, sedangkan jika dibandingkan dengan beton akan jauh lebih lentur dan lebih ringan.

Tidak hanya itu, jika anda membandingkan besi WF dengan alumunium tentu saja jauh lebih kuat. Mempunyai besi WF ini harus sesuai dengan ukuran dan juga kebutuhan pemakaiannya, tidak boleh asal begitu saja.

Apa Itu Besi WF

Besi WF adalah kependekan dari Wide Flange, sementara baja sendiri adalah logam paduan besi yang merupakan unsur dasar dan karbon sekitar 0.2% sampai 2.1% berat mengikuti gradenya.

Dalam baja, terdapat kandungan karbon yang memiliki fungsi sebagai unsur pengeras, fungsinya ialah untuk mencegah dislokasi atau pergeseran pada kisi kristal yang juga atom besi.

Baja profil biasa digunakan dalam standar konstruksi indonesia sehingga dapat menghasilkan konstruksi bangunan yang permanen, kokoh, stabil dan berkualitas.

Hasilnya, akan tercapai sebuah pembangunan yang mapan. Jenis bahan baja utama seperti WF mempunyai kelebihan tertentu untuk dapat dijadikan sebagai balok, tiang pancang, kolom, top and bottom, chord member pada truss, kantilever canopy, column ataupun composite beam dan masih banyak lagi lainnya.



Apabila dibandingkan dengan beton, kekuatan besi WF ini masih lebih tinggi meskipun ukurannya terbilang ringkas, sehingga akan sangat bermanfaat untuk mengurangi ukuran struktur dan juga mengurangi beban struktur itu sendiri.

Besi WF ini tergolong pada baja yang bersifat homogeny dengan kekuatan yang merata. Apabila dibandingkan dengan beton yang merupakan campuran beberapa material penyusun, akan membuat anda kesulitan dalam mengatur kerikil dan pasir agar bisa merata ke semua area beton.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *