Harga Batu Kali Per m3


Harga Batu Kali 1 Truk – Batu Kali adalah bongkahan batu yang umumnya memiliki ukuran tidak beraturan yang didapatkan di sungai ataupun gunung. Batu kali termasuk salah satu bahan bangunan yang sangat penting untuk membangun rumah atau bangunan, yaitu sebagai pembuatan pondasi rumah atau bangunan.

Batu kali biasanya dipasang bersama mortar (campuran pasir, semen, dan air) sebagai konstruksi awal dalam pembuatan dinding rumah. Batu kali juga merupakan bahan bangunan yang sangat tahan terhadap kondisi lingkungan seperti panas dan hujan, sehingga sampai sekarang ini penggunaan batu kali sebagai pondasi rumah ataupun bangunan masih belum tergantikan dengan bahan buatan.



Proses Pembuatan

Batu kali merupakan jenis batuan sedimen. Batuan sedimen atau batuan endapan merupakan batuan yang terbentuk dari proses pengendapan atau sedimentasi. Terbentuk melalui tiga cara yaitu pelapukan batuan lain (clastic), pengendapan (deposition) dikarenakan aktivitas biogenik, dan pengendapan (precipitation) dari lautan.

Baca juga: Harga Batu Koral Untuk Cor Beton

Jenis-jenis Batu Kali

Batu Kali ini termasuk jenis batuan yang terdapat langsung dari alam. Berikut ini adalah jenis-jenis batu yang terdapat dialam:

  1. Batu Andesit

Batu andesit merupakan jenis batuan beku vulkanik yang terbentuk dari pembukaan lava yang keluar ke permukaan bumi pada saat letusan gunung berapi. Batu andesit mempunyai karakteristik yang sangat unik yaitu warna yang minimalis, teksture batu ini juga sangat keras sehingga batu andesit banyak diminati oleh pelanggan.



Karena memiliki teksture kekerasan yang cukup tinggi, membuat batu andesit ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan carport, walkway area dan bebatuan untuk ditaman. Selain itu, batu andesit juga sangat cocok untuk digunakan didalam sebuah ruangan misalnya di kamar mandi karena karakter batu ini yang anti slip apabila dibakar.

  1. Batuan Beku (Igneous Rock)

Jenis batuan beku ini terbentuk dari lava yang telah keluar ke permukaan bumi (Ekstrusif) pada saat letusan gunung berapi dan pembekuan magma yang menerobos lapisan tanah di bawah permukaan bumi, atau yang biasa disebut dengan instrusif. Ciri utama batuan beku adalah memiliki sifat yang keras dan padat. Jenis batu alam yang termasuk dalam kategori ini adalah batu andesit, batu templek salagedang, batu curi, batu templek purwakarta dan batu candi (Lavastone).

  1. Batuan Sedimen (Sedimentary Rocks)

Jenis batuan sedimen atau yang lebih dikenal sebagai batu endapan adalah batuan yang terbatuk dari proses pengendapan lapisan-lapisan tanah dan zat-zat yang dihanyutkan oleh air. Batuan sedimen ini terdiri dari batuan limestone, sandstone, tufa, dan konglomerat. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

  • Batuan Limestone

Batuan ini terbentuk karena endapan yang terbentang di dasar laut, sungai, dan danau. Batuan limestone merupakan cikal bakal terbentuknya batu marmer. Batuan ini banyak digunakan untuk dinding dan biasa digunakan sebagai bahan dasar patung karena memiliki teksture yang sangat mudah untuk di pahat. Jenis batuan alam yang termasuk dalam kategori ini adalah batu paras putih jogja, batu java gold, batu brexy, dan batu paras krem jogja (paras gold).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *