Analisa Pasangan Batu Kali Pondasi


Analisa Pasangan Batu Kali Pondasi – Pondasi merupakan tahap awal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah di atas lahan kosong. Pondasi sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya seperti pondasi batu kali, pondasi sumuran, pondasi beton lajur, pondasi cakar ayam dan lain sebagainya.



Pada artikel ini akan lebih membahas mengenai jenis pondasi batu kali. Mulai dari apa itu pondasi batu kali, kelebihan dan kekurangan pondasi batu kali, analisis harga per m3, serta kebutuhan material dalam pemasangan pondasi batu kali.

Baca juga: Detail Pondasi Batu Kali

Pengertian Pondasi Batu Kali

Pondasi adalah salah satu bagian penting pada struktur bangunan yang terletak paling bawah yang berfungsi sebagai penopang bangunan yang ada di atasnya.

Pondasi harus direncanakan sebaik mungkin sebelum melakukan pembangunan rumah. Pondasi yang baik adalah pondasi yang kuat dan aman, sehingga dapat membuat rumah menjadi lebih kokoh dan tahan lama.



Pondasi batu kali adalah struktur dasar dari suatu bangunan yang disusun menggunakan sekumpulan batu kali atau batu alam. Pada umumnya, pondasi batu kali lebih sering digunakan untuk pembangunan rumah atau tempat tinggal.

Batu kali yang digunakan merupakan batu alam yang telah aus karena gesekan air, dan biasanya mudah diperoleh di dasar sungai maupun di daerah pegunungan.

Baca juga: Harga Batu Kali Per m3

Kelebihan Pondasi Batu Kali

1. Memperkuat Masa Bangunan

Penggunaan pondasi batu kali dinilai memiliki karakter yang kuat dan tahan lama dibandingkan jenis pondasi lain. Oleh karena itu, keuntungan menggunakan pondasi batu kali dapat membuat struktur bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh.

2. Pengerjaan Relatif Cepat

Batu kali memiliki karakter yang sederhana dan proses pemasangannya pun fleksibel, sehingga proses pengerjaannya relatif lebih cepat dan lebih menghemat waktu.

3. Konstruksi Sederhana

Proses pemasangan pondasi menggunakan batu kali termasuk sederhana dan praktis, karena tidak mengeluarkan banyak biaya dalam pembelian material serta penggunaan alat berat.

4. Pemasangan Fleksibel

Ukuran pada pondasi batu kali dapat disesuaikan dengan lebar bangunan sehingga lebih fleksibel. Pondasi batu kali juga dapat meminimalisir apabila terjadi ketidakakuratan pada pondasi rumah .

5.  Tahan Terhadap Goncangan

Bangunan yang menggunakan pondasi batu kali dinilai memiliki daya tahan yang baik terhadap goncangan atau getaran. Sehingga pemasangan pondasi batu kali untuk rumah menjadi rekomendasi untuk meminimalisir goncangan atau getaran baik itu dari dalam tanah maupun dari lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Harga Batu Kerikil Split per m3

Kekurangan Pondasi Batu Kali

1. Menimbulkan Retakan

Meskipun tahan terhadap goncangan maupun getaran, apabila terjadi gempa yang tinggi, retakan dapat terjadi pada pondasi batu kali. Apabila timbul retakan, dapat menyebabkan masalah serius terhadap bangunan di atas pondasi.



2. Tidak untuk Bangunan Bertingkat

Seperti yang anda ketahui apabila pondasi batu kali muncul keretakan, maka akan menjadi masalah serius pada bangunan di atasnya. Sehingga pondasi batu kali kurang cocok digunakan untuk bangunan yang bertingkat.

3. Daya Lekat Kurang Tinggi

Daya lekat pondasi batu kali dinilai kurang tinggi dikarenakan bentuknya yang aus atau membulat.

4. Kondisi Tanah Harus Stabil

Kekurangan dari pondasi batu kali salah satunya adalah pemasangan pondasi harus dilakukan pada kondisi tanah yang stabil. Hal ini dikarenakan karakter batu kali yang memiliki daya lekat yang kurang baik, sehingga apabila terjadi pergeseran tanah atau akibat akar pohon dapat menimbulkan masalah serius. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kondisi tanah sebelum membangun rumah di atasnya.

Baca juga: Analisa Harga Pasangan Batu Dengan Mortar

Analisa Harga Pemasangan Pondasi Batu Kali per m3





Leave a Reply

Your email address will not be published.