Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis Berbagai Ukuran

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis Berbagai Ukuran.

Pembuatan Kolam Renang – Bagi sebagian masyarakat memiliki kolam tentunya menjadi kepuasan tersendiri karena bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga, namun harga untuk membuat kolam renang juga tidaklah murah sehingga kini banyak yang memakai atau membuat kolam renang minimalis. Ada banyak model yang bisa diterapkan pada kolam renang seperti dengan model pada umumnya yaitu persegi panjang namun ada juga yang berbentuk bulat.

Selain itu untuk menambah kesan mewah kini kolam renang tidak hanya terletak dibagian halaman belakang namun ada pula yang berada disamping rumah atau bahkan didalam rumah. Nah pada artikel ini saya akan memberikan biaya lengkap pembuatan kolam renang, pada dasarnya harga kolam renang ditentukan oleh ukuran dan juga bahan dasar pembuatannya. Sebagian besar ada dua model dasar yang dipakai untuk membuat kolam renang yaitu keramik tipe mozaik dan standar yang biasa kita jumpai di kolam renang umum.

Pemilihan Keramik

Untuk kolam renang dengan keramik tipe mozaik biasanya berukuran lebih kecil dengan warna polos. Keramik ini sering digunakan pada kolam renang yang ingin tampil lebih berkelas namun harganya sedikit lebih mahal. Sementara itu untuk kolam renang keramik standar harganya lebih murah yag sering dipakai pada umumnya.

Memilih warna keramik pada kolam renang memang menjadi faktor yang cukup penting. Untuk menambah kesan elegan banyak pemilik rumah menggunakan keramik bewrana putih atau biru muda sehingga air pada kolam tersebut terlihat lebih jelas dan jernih. Namun tidak sedikit pula orang yang menggunakan kolam renang keramik berwarna lain seperti ada tulisan yang biasanya dipesan sesuai keinginan pemiliknya.

Baca juga: Penjelasan Denah Dan Ukuran Rumah Tipe 90

Perhitungan Membuat Kolam Renang

Sementara itu soal harga pembuatan kolam renang dihitung per meter persegi dan tergatung dari tingkat kesukaran lokasi. Penghitungan pembuatan kolam renang memakai sistem skimmer dan sistem overflow dengan waktu pengerjaan pembuatan biasanya mencapai 30 hari. Pada dasarnya pembuatan kolam renang ini menggunakan bahan dinding beton yang kuat sehingga mampu menampung air dalam jumlah banyak. Untuk menjaga kjernihan kolam renang tersebut biasanya pemilik memanfaatkan bahan kaporit sehingga air tetap terlihat bersih.

Tips Membuat Kolam Renang Minimalis

Jika Anda tertarik untuk membuat kolam renang sendiri, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik. Ukuran lahan, sistem pengairan, sampai dengan perawatan kolam harus Anda ketahui lebih lanjut. Untuk bisa mempermudah proses pembuatannya, mari simak tips berikut ini.

  • Meskipun lahan kecil, pastikan ukuran kolam renang minimalis tetap ideal

Demi kenyaman dalam bergerak saat renang, kolam renang minimalis ini harus memenuhi ukuran standarnya. Minimal ukuran untuk kolam renang adalah 6 m x 2 m dan harus dibuat dalam bentuk memanjang. Untuk bisa memenuhi standar ukuran luas tersebut maka luas minimal lahan yang tersedia harus 8 m x 2 m.

Apabila lahan tidak cukup, maka alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah jenis kolam renang berarus. Di dalam kolam renang arus ini penggunanya seolah-oleh akan bergerak padahal arus airlah yang membuatnya bergerak.

  • Pilih sistem skimmer sebagai sistem pengairan kolam renang

Secara umum, ada dua jenis sistem pengairan kolam renang, yaitu sistem skimmer dan sistem overflow. Apabila Anda memilih sistem pengairan dengan tepat maka air di dalam kolam renang sudah tidak perlu diganti lagi. Mesin penyarin yang ada sistem pengairan dapat membersihkan kolam renang secara otomatis.

Sistem overflowmembutuhkan alat sirkulasi yang bernama balancing tank. Perangkat ini tentu butuh lahan yang sangat besar karena akan mengalirkan air sampai ke tepi kolam. Sementara sistemskimmer tidak membutuhkan balancing tank untuk dapat berfungsi, sehingga akan sangat cocok untuk kolam renang minimalis yang dibangun pada lahan terbatas.

  • Gunakan material yang bertekstur kasar pada permukaan atas kolam

Berbagai macam keramik dengan motif yang sangat unik dan elegan memang  bisa memeriahkan tampilan kolam renang. Namun apakah fungsinya sudah tepat? Untuk area sekitar kolam renang, hindarilah penggunaan pelapis lantai yang mempunyai permukaan licin karena bisa membahayakan penggunanya ketika naik ke permukaan. Pilihlah material pijakan yang memiliki tekstur kasar seperti keramik lantai yang berbutir kasar, kerikil, atau batu hias.

  • Sebagai penghias, gunakan tanaman hiasa yang memiliki daun tidak mudah rontok

Area kolam minimalis memang akan terasa sangat sejuk jika ditanami dengan tanaman rimbun di area sekitar. Namun sayangnya, tanaman rimbun biasanya sangat mudah merontokkan daun. Daun-daun yang rontok tersebut kemudian jatuh ke dalam kolam renang sehingga akan menjadi sampah. Mau tidak mau kolam renang minimalis tersebut harus dibersihkan secara rutin. Sebagai solusi yang paling tepat, Anda bisa pilih tanaman dari jenis palem-paleman, tanaman dollar, dan kalatela. Hal ini dikarenakan jenis-jenis tanaman tersebut sangat jarang merontokkan daun.

Itulah beberapa tips dalam membuat kolam renang minimalis, semoga bisa menjadi solusi yang terbaik untuk mempermudah proses pembuatan kolam renang minimalis di rumah Anda. Nah, jika anda sudah mengetahui tips dalam membuat kolam renang minimalis, sekarang saya akan bagikan cara membuat kolam renang minimalis dengan mudah. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Kolam Renang Minimalis

Berikut langkah langkah dan ketentuan pembuatan kolam renang mulai dari ukuran dan perlengkapan yang dibutuhkan:

  • Bak penampung limpahan kolam berukuran 0.25 kubik / 100 liter.
  • Saluran air limpahan 20cm dari teras kolam yang dihubungkan ke bak limpahan air.
  • Letak pompa penyedot berada di samping kolam.
  • Bak penyaringan agar berkesan minimalis ditaruh di satu tempat dengan penampung air bersih dan penampung pecahan batu gamping.
  • Cara membuat penyaringan adalah dengan menggunakan soda api yang ditaburkan langsung ke dalam kolam, sedangkan tawas dilarutkan terlebih dahulu di air atau digilang halus dan selanjutnya ditabur ke kolam.
  • Pengisian air dengan membeli air sebanyak 3 tangki seharga Rp 500 ribu dan dimasuki kaporit seharga Rp 40 ribu. Fungsi kaporit ini adalah untuk mematikan lumut dan alga yang berada di dalam air.
  • Soda Api sebanyak 0.5 kg dan tawas 4kg dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di dinding kolam. Harga tawas sendiri adalah sekitar Rp 15 rb / kg.

Cara Menjaga Kebersihan Air Kolam

Untuk menjaga kolam agar tetap jernih dan enak dilihat adalah dengan menjaga sirkulasi air sekitar 8 jam/hari. Proses sirkulasi ini mekanismenya adalah mengalirkan air dengan memompa air dalam bak limpahan ke penyaringan dan kemudian dikembalikan lagi ke kolam renang.

Untuk menjaga kestabilan ph air masukkan 1 ons kaporit ke dalam kolam setiap 3 hari sekali. Dan jangan lupa selalu sirkulasikan air sekitar 8 jam per hari.

Baca juga: Penjelasan Denah Dan Ukuran Rumah Tipe 70

Ukuran Kolam Renang Rumahan

Pemilihan lokasi untuk digunakan sebagai kolam renang haruslah tepat. Harus memilih kondisi tanah yang kuat sehingga pondasi kolam renang menjadi tidak bergeser. Jika tanah bergeser maka harus ditambahkan penguat pondasi pada kolam renang. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa untuk ukuran kolam renang minimalis biasanya dibuat sebesar 6×2 meter persegi.

Detail Biaya Pembuatan

  • Rp 4.000.000,- kramik, konstruksi dan biaya tukang
  • Rp 500.000,- peralatan sirkulasi air kolam
  • Rp 300.000,- alat penyedot air dari bak penampungan limpahan ke wadah penyaringan
  • Rp 200.000,- alat untuk menyedot endapan/kotoran dari dasar kolam
  • Rp 200.000,- pemipaan, selang dan serokan
  • Rp 200.000,- pembelian bahan kimia kaporit, soda ash dan terusi
  • Rp 200.000,- pembuatan sistem penerangan
  • Rp 500.000,- pengisian air 3 tangki
  • Total biaya Rp 6.100.000,-
  • Untuk berjaga-jaga dan agar tidak over budget sediakan budget maksimal Rp 10.000.000,-

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang biaya pembuatan kolam renang minimalis berbagai ukuran secara lengkap dan jelas. Semoga informasi yang saya sampaikan pada kesempatan kali dapat memberikan manfaat untuk kita semua terutama bagi Anda yang kini sedang berencana untuk membuat kolam renang minimalis sendiri. Sekian, terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di pembahasan yang berikutnya.

Source:

biaya pembuatan kolam renang mini,ukuran rumah 200 minimalis dan kolam renang,bikin kolam renang biaya,Bikin kolam berenang,biaya membuat kolam renang,biaya kolam renang ukuran 5×5m,biaya kolam renang pribadi ukuran panjang,biaya kolam renang pribadi,biaya kolam renang,Biaya buat kolam renang mini di lt 2

Loading...