Harga Triplek Berbagai Ukuran


Harga Triplek – Salah satu bahan bangunan untuk dekorasi/membangun sebuah rumah adalah triplek atau biasa juga disebut plywood yang merupakan sebuah lembaran kayu tipis dimana proses pembuatannya dipotong tipis dengan menggunakan sebuah mesin khusus.

Mesin-mesin tersebut memiliki ukuran potong tersendiri biasanya untuk membuat triplek ukuran 12mm ataupun lebih kecil yaitu triplek ukuran 4mm.



Harga Multiplek Terbaru

Nantinya lembaran-lembaran yang sudah dipotong tersebut akan digabunkan dengan menggunakan lem khusus sehingga menghasilkan sebuah triplek berkualitas.

Karena ketebalan dan jenis yang berbeda-beda, tidak mengherankan bila harga triplek di pasaran juga berbeda-beda. Sebelum membeli Anda bisa membanding-bandingkan harga terbaru di satu toko dan toko lainnya.

Selain harga yang bervariasi, karakteristik masing-masing triplek juga tidak sama. Contohnya triplek soft wood mempunyai ciri khas kayu yang lebih lunak. Biasanya triplek ini dibuat dari kayu albasia yang banyak ditemui di daerah Jawa Barat.



Triplek tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Beberapa jenis-jenis triplek yang umum digunakan adalah triplek melamin, triplek teakwood, triplek alumunium, triplek sengon dan triplek polywood.

Dengan menggunakan triplek sebagai salah satu harga bahan bangunan memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki banyak motif yang bisa disesuaikan dengan desain rumah yang sedang dibangun model modern ataupun minimalis.

Baca juga: Harga Kitchen Set Minimalis

Jenis Jenis Triplek

Seperti yang sudah disinggung di atas, jenis triplek sendiri cukup beragam. Mulai dari melamin, particle board hingga multiplek. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Melaminto atau Melamin

Melaminto juga disebut decorative plywood. Alasannya karena bahan ini kerap dipakai untuk mempercantik desain papan kayu. Material ini dilapisi dengan bahan polyester untuk memberikan kesan unik pada tampilannya. Permukaannya juga memiliki warna dengan tekstur licin.

Bahan ini biasa dipakai untuk kebutuhan dapur. Baik sebagai white board maupun kitchen set. Triplek melamin juga memiliki harga yang terjangkau. Sehingga triplek melamin banyak dipakai oleh masyarakat. Triplek ini juga mempunyai ukuran yang bermacam-macam.

Particle Board

Triplek jenis ini tidak terlalu kuat. Particle board juga cenderung tidak tahan terhadap air. Akan tetapi triplek jenis ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bangunan. Papan ini pada dasarnya terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang disatukan sehingga memberikan kesan yang unik dan menarik.

Teakblock

Papan in biasa dipakai untuk bahan pelapis papan kayu. Harganya sendiri cukup mahal. Teablock dibuat dari kayu jati yang dipotong menjadi beberapa lembar papan yang ditumpuk menjadi satu.

Alasan teakblock mahal lantaran bahan baku yang dipakai pada papan ini memiliki kekuatan yang bagus dan juga berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, teakblock juga memiliki motif desain yang beragam. Ukuran teakblock juga bermacam-macam, mulai dari yang tipis hingga tebal.



Multiplek atau Plywood

Jenis papan ini memiliki ketahan yang terbilang baik. Multiplek bisa bertahan hingga puluhan tahun. Asalkan kita bisa merawatnya dengan baik. Papan ini sendiri terbuat dari kayu yang berlapis-lapis dan melewati proses press dengan tekanan yang sangat tinggi. Maka dari itu plywood memiliki hasil pengerjaan yang sangat bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Triplek

Sama seperti bahan bangunan pada umumnya, triplek mempunyai beberapa kelebihan ataupun kekurangan, diantaranya :

Kelebihan  Triplek :

  • Tidak gampang susut sehingg dapat mempertahankan ukurannya
  • Mempunyai variasi ketebalan yang sangat banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap perubahan segala cuaca
  • Sangat cocok untuk dijadikan rangka utama furniture karena memiliki struktur yang kuat dan kokoh
  • Mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap air

Kekurangan Triplek

  • Meskipun tahan terhadap perubahan cuaca, namun jika terjadi secara terus menerus maka kualitasnya juga bisa menurun
  • Tidak cocok untuk perabotan yang ditempatkan di luar ruangan
  • Karena memiliki ketebalan yang cukup tipis, maka proses pengangkutan dari tempat produksi ke lokasi pengerjaan harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya tidak mudah patah atau rusak
  • Dibutuhkan ketelitian tinggi untuk finishing triplek supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan
  • Sering ditemui triplek dengan permukaan yang tidak rata atau bergelombang, jadi Anda harus hati-hati dan teliti dalam memilihnya

Harga Triplek Berdasarkan Jenis

1. Harga Triplek Soft Wood

Kayu lapis atau triplek jenis ini memiliki bahan yang lebih lunak. Biasanya berbahan dasar kayu albasia/jinging dimana populasinya banyak ditemukan di daerah Jawa barat. Sedangkan untuk lokasi Jawa Tengah dan Jawa timur kayu sengon dan angsana lebih populer.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *