Harga Menara Tangki Air Besi Siku Terbaru September 2019

Harga Menara Toren Air – Bagi sebuah rumah yang dilengkapi dengan tandon air tentunya dibutuhkan sebuah tempat untuk meletakkan tandon tersebut diatas supaya aliran air bisa lebih lancar. Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat mulai dari menaruhnya di lantai dua, namun untuk mereka yang memiliki rumah dengan hanya satu lantai biasanya memakai model cor, akan tetapi cara tersebut bisa dibilang kurang praktis dan hanya membuang-buang uang saja karena sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan tiang besi empat kaki atau biasa juga disebut menara tandon air, menara water toren dan menara tangki air.

Tiang berbentuk menara tersebut terbuat dari besi yang dirancang mirip seperti tower namun dibagian atasnya terdapat tempat untuk menjadi rumah bagi tandon. Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan cor kelebihan lain dari menara air ini yaitu mudah dipanjat dan lebih kokoh karena membentuk sudut yang lebih kuat. Ukuran dari menara itu sendiri juga bergantung dari besar tandon yang dibutuhkan. Rata-rata ketinggian dari menara tandon air bisa mencapai 6 meter namun ada juga yang hanya 2.5 saja.

menara-tangki-air

Saran untuk Anda yang ingin memasang menara tandon air tersebut sebaiknya letakkan di belakang rumah namun jangan terlalu jauh dari kamar mandi dan dapur agar nantinya selang yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak. Dengan memakai empat kaki serta terbuat dari besi yang kokoh sudah dapat dipastikan kalau menara tersebut sangat kuat untuk menampung air tandon air hingga 1.000 liter.

Namun meskipun memiliki banyak kelebihan bukan berarti menara air tidak memiliki kekurangan sama sekali. Kelemahan dari penggunaan menara air tersebut yaitu membutuhkan ruang yang lumayan luas atau kurang lebih 2,5 meter. Mungkin inilah yang menyebabkan rumah-rumah padat pemukiman jarang sekali menggunakan menara ini karena kekurangan lahan. Untuk informasi harga menara tandon air berikut di bawah ini.

harga-menara-tangki-air

Harga Menara Toren Air

Rata-rata menara air dengan menggunakan bahan besi siku harganya di kisaran 1 juta – 1,5 juta. Harga tersebut bisa lebih murah apabila menggunakan besi tunggal tetapi tentunya kurang kuat apabila dibandingkan dengan besi siku. Untuk harga tersebut di daerah Jakarta dan untuk kota besar lain seperti Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Malang dan kota besar lainnya serta di luar pulau Jawa seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga: Harga Tangki Air Terbaru Berbagai Merk

Spesifikasi Bahan Baku Menara Toren Air :

  • Tiang menara toren menggunakan besi siku minimal 50 X 50 mm
  • Tebal Tiang besi siku 5mm
  • Jaro palang tiang bisa menggunakan besi siku 40 X 40mm

Menara Tangki Air

Tips Memasang Tangki Air

Kebutuhan air bersih setiap satu orang umumnya sekitar 233 liter setiap harinya, jadi untuk besarnya toren juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Disamping itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan memasang menara tangki Air. Nah, jika Anda sekarang ini sedang bingung mencari informasi mengenai tips memasang tangki air yang baik dan benar, pada artikel ini saya akan memberikan penjelasannya secara lengkap:

  1. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ketahui terlebih dahulu kapasitas tangki air tersebut.

Pertanyaannya, berapakah kapasitas tandon air yang  akan kita butuhkan di rumah?

Tangkai air yang akan dipasang dirumah harus disesuaikan dahulu dengan kebutuhan dan ruangan, jangan sampai terlalu besar jika memang tidak ada ruangan untuk menyimpannya tetapi juga jangan terlalu kecil karena justru tidak akan bisa untuk menyimpan air dalam jumlah yang banyak.

Semakin besar kapasitas dari tangki tersebut memang bisa membuat air yag ditampung juga akan lebih banyak. Namun disamping itu Anda juga harus memikirkan berapa lama mesin mompa air terus menyala untuk bisa membuat tangki tersebut terisi secara penuh.

  1. Perhatikan lebar pondasi tiang untuk tangki

Tiang yang akan digunakan untuk menyangga toren harus lebih lebar dibandingkan diameter torennya sehingga mampu menyangga toren secara maksimal. Ingat, beban toren akan semakin bertambah apabila bagian dalamnya terisi air secara penuh.

  1. Tips berikutnya pilihlah tangki air yang tahan terhadap cuaca dan berkualitas

Apabila Anda sudah menentukan berapa kapasitas dari tandon tersebut, maka langkah berikutnya adalah dengan memilih tangki air yang tepat. Saat ini sudah banyak beredar tangki air dari berbagai bahan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tetapi yang perlu Anda perhatikan jangan sampai salah memilih harga yang murah.

Pilihlah toren yang sudah mempunyai nama sehingga tidak akan mudah pecah dan tidak bocor. Selain itu, untuk selalu menjaga kualitas airnya maka Anda harus membersihkan toren setiap 3- 6 bulan sekali.

  1. Kemudian setelah itu tetapkan dimana Anda harus menempatkan tangki air tersebut

Untuk rumah-rumah dengan dua lantai dan sudah beracap cor sebaiknya tempatkan tangki tersebut diatap. Hal ini bertujuan agar suplai air dapat berjalan lebih lancar tetapi jika tidak mempunyai atap cor Anda harus membangun terlebih dahulu tempat ruang khusus untuk menaruh tangki tersebut. Apabila tangkinya memiliki ukuran besar maka sebaiknya buat kaki-kaki pondasi yang kuat supaya nanti tidak roboh ketika sudah terisi air.

  1. Jauh dari area limbah

Sebaiknya jangan meletakkan toren di area yang kotor, misalnya saja di atas septic tank, pembuangan limbah rumah tangga ataupun gudang. Pastinya Anda tidak ingin jika air yang masuk ke dalam penampungan air sudah terkominasi.

  1. Alas yang rata

Pastikan juga bahwa alas pondasi peletakkan besi penyangga toren atau peletakkan toren tersebut rata alias tidak miring. Apabila mriring dan isi torennya sudah penuh, kemungkinan toren hanya akan bertumpu pada satu sisi dan akan berisiko menyebabkan kebocoran.

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai menara tangki air yang terbuat dari besi. Semoga info yang saya berikan bisa bermanfaat bagi Anda dan tentunya dapat membuat Anda semakin dimudahkan dalam berbagai aktivitas.