Contoh Model Kanopi Kayu

Harga Kanopi Kayu – Rumah mempunyai desain tersendiri dalam menciptakan kesan yang indah dan nyaman untuk dapat dihuni. Salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk membuat rumah menjadi nyaman adalah dengan membuat kanopi di halaman rumah.

Pemasangan kanopi di halaman rumah saat ini memang jadi hal yang aneh, karena banyak sekali rumah dengan desain yang sangat beragam baik model modern, klasik, ataupun rumah sederhana yang juga menambahkan kanopi untuk mempercantik dan membuat kita menjadi nyaman ketika berada di halaman rumahnya.

kanopi kayu minimalis

 

Selain itu, pemasangan kanopi di halaman rumah juga akan memberikan kesan praktis, simple dan juga terlihat elegant namun masih tetap menyajikan fungsi utamanya yaitu sebagai pelindung luar rumah dari panasnya terik matahari dan hujan. Pada umumnya pemasangan kanopi ini biasa ditempatkan pada carport-carport hunian minimalis.

Baca juga: Harga Baja Ringan Untuk Kanopi

Kanopi banyak dijumpai pada rumah-rumah yang berukuran besar dengan desain yang mewah. Lalu, apakah rumah dengan konsep minimalis yang sederhana tidak membutuhkan kanopi? Tentunya perlu, jika ingin rumah anda menjadi terlindungi, sebaiknya anda memasang kanopi di halaman rumah untuk dapat melindung rumah anda dari panasnya terik matahari dan derasnya hujan.

kanopi kayu yang simple

Sedangkan untuk masalah desainnya, saat ini para pengrajin kanopi tengah berlomba-lomba untuk berkreasi dalam mendesain kanopi yang sesuai dengan keinginan pelanggan  itu sendiri dengan beragam konsep desain menarik yang bukan hanya cocok untuk rumah mewah dan klasik saja, tetapi juga cocok untuk rumah dengan konsep minimalis. Ada beberapa model dan varian kanopi untuk halaman rumah, jika dilihat dari bahan dasarnya kanopi dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu kanopi besi, kanopi alumunium, dan kanopi kayu.

teras kanopi kayu

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh desain kanopi kayu dengan bentuk yang sangat unik. Kanopi yang memiliki desain unik tentu akan berbeda dengan yang lainnya, apalagi jika bahan baku yang digunakan untuk membuat kanopinya adalah kayu jati.

Penggunaan kayu jati untuk kanopi ini berfungsi untuk menopang atap dan tentunya jauh lebih kuat dan juga kokoh sehingga akan bertahan lama. Untuk dapat menciptakan desain kanopi kayu dengan bentuk unik, berikut ini kami akan berikan contoh-contohnya.

Contoh Desain Kanopi Kayu

kanopi kayu elegan

kanopi kayu sederhana

contoh kanopi kayu minimalis

model kanopi kayu minimalis

contoh kanopi kayu

kanopi kayu desain

model kanopi kayu

Ada banyak sekali bentuk kanopi dengan desain yang unik, tetapi dalam pembuatannya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti bahan baku yang digunakan, tata letak pembuatan kanopi, dan lain-lainnya. Jika melihat contoh desain kanopi diatas memang sangat unik, apalagi jika penggunaan materialnya dikombinasikan seperti misalnya kayu jati untuk membuat tiang kanopi.

Lalu pada bagian bawahnya menggunakan batu alam atau batu bata biasa dan bagian atapnya menggunakan grc. Selain itu masih banyak lagi desain kanopi dengan desain unik lainnya.

Kelebihan Kanopi Kayu

Kanopi kayu memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kanopi jenis lainnya. Berikut ini adalah kelebihan kanopi kayu :

  1. Bahan ramah lingkungan
  2. Memberikan kesan natural dan elegan
  3. Bisa dibentuk sesuai dengan keinginan

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata kanopi kayu juga tak luput dari kekurangan. Berikut adalah kekurangan kanopi kayu :

  1. Bahan baku cepat lapuk dan mudah kena rayap, apalagi jika menggunakan bahan yang kurang bagus
  2. Harga jauh lebih mahal, sebab jika menggunakan kayu bahan yang digunakan juga harus lebih besar
  3. Beban lebih berat
  4. Memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama. Hal ini dikarenakan bahan kayu yang dasarnya kasar harus dihaluskan terlebih dahulu

Cara Membuat Kanopi dari Kayu

harga kanopi kayu

Pembuatan kanopi kayu bisa dilakukan dengan menggunakan tenaga ahli atau mencari rangka kanopi yang sudah jadi. Tetapi sebenarnya, pembuatan kanopi kayu ini bisa dilakukan sendiri. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kanopi dari kayu yang baik dan benar :

  1. Perencanaan pembuatan kanopi

Sebelum membuat kanopi kayu, anda harus membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda  perlu tahu besaran dimensi yang diperlukan. Jangan sampai terlalu besar ataupun kekecilan, karena nantinya dapat merugikan anda. Selain itu, anda juga harus menyiapakan desain kanopi yang sesuai dengan macam-macam konsep bangunan yang akan digunakan. Apakah konsep modern tropis, rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya.

  1. Merencanakan anggaran

Setelah membuat rencana desain, anda juga harus membuat rencana anggaran pembuatan. Jika anda mempunyai budget yang minim, maka jenis kayu yang akan digunakan harus anda sesuaikan kembali. Jangan sampai nantinya akan memberatkan anda. Merencanakan anggaran juga akan membantu anda untuk mengatur jumlah dana yang diperlukan selama proses pembuatan sedang berlangsung.

  1. Membangun lantai dasar kanopi

Langkah pertama yang dilakukan dalam proses pembuatan kanopi dari kayu adalah membangun dasar kanopi terlebih dahulu. Hanya cukup dengan menggunakan bahan dasar campuran seperti semen, kerikil, gamping dan pasir secukupnya. Alternatif lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan batu bata paving. Caranya yaitu dengan meratakan permukaan tanah, kemudian satukan paving-paving tersebut dengan menggunakan pasir.

desain kanopi kayu

  1. Membangun tiang dan kerangka kanopi

Selanjutnya adalah proses pembuatan tiang dengan bahan dasar kayu. Pastikan kondisi kayu yang digunakan harus dalam keadaan baik. Jangan sampai rusak, cacat, seperti terdapat lubang-lubang pada permukaan kayu dan sebagainya.

  1. Mendirikan tiang

Dalam proses mendirikan tiang ini tidak bisa dilakukan hanya dengan satu orang saja. Anda membutuhkan bantuan beberapa orang untuk dapat menegakkan tiang ini. Siapkan juga beberapa alat pendukung seperti tang, palu, mur dan batu. Prose mendirikan tiang ini harus dilakukan perlahan-lahan dan sangat hati-hati.

  1. Proses finishing

Apabila tiang sudah bisa berdiri kokoh, anda sudah bisa memasang atap kanopi. Atap kanopi yang bisa digunakan sangat banyak dan beragam, namun semuanya kembali pada budget yang anda miliki. Proses finishing atap juga bisa dicat kembali dengan warna yang baru.

kanopi kayu

Baca juga: Harga Kanopi Kaca Minimalis

Harga Kanopi Kayu

Berbicara tentang harganya, harga kanopi kayu biasanya akan lebih murah jika dibandingkan dengan kanopi besi. Biasanya kanopi dijual dalam hitungan per meter persegi. Namun terkadang setiap penjual akan melakukan negoisasi terlebih dahulu dengan pembeli, sebab jika ukuran kanopi  yang anda perlukan cukup besar maka akan mendapatkan potong harga.

1. Harga Rp. 350.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow Hitam 40×40 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

2. Harga Rp. 400.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow galvanis anti karat 40×40 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

3. Harga Rp. 450.000/m2

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow 40×60 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

4. Harga Rp. 500.000/m

Spesifikasi :

  • Rangka atap Besi Hollow galvanis anti karat 40×60 (double)
  • Atap kanopi Pollycarbonate atau atap spandek
  • Finishing Cat
  • Free ongkos kirim untuk lokasi terdekat
  • Free jasa pemasangan
  • Garansi Bocor

Diatas adalah daftar harga kanopi kayu terbaru 2020. Perlu anda ketahui bahwa perubahan harga bisa saja terjadi setiap saat. Hal ini dikarenakan material kayu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kanopi kayu ini, harganya juga bisa berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu, anda disarankan untuk tidak terlalu berpaku pada daftar harga diatas.

Demikian informasi yang telah kami sampaikan tentang kanopi kayu yang dilengkapi dengan contoh desain, kelebihan, cara membuat dan juga daftar harga. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk anda yang saat ini sedang membangun rumah.

Leave a Comment