Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

Pagar Besi Tempa Minimalis – Pagar memang bukanlah faktor utama dari sebuah rumah, tetapi pagar mempunyai fungsi yang cukup penting untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para penghuni rumah.

Sebab dengan adanya pagar rumah tentu rumah anda akan aman jika ada gangguan dari luar, entah itu orang yang mau berbuat jahat kepada anda ataupun serangan hewan liar. Bentuk desain pagar rumah kini sangat beragam sehingga anda bisa menyesuaikan dengan konsep dari rumah itu sendiri ada yang menggunakan konsep minimalis, klasik maupun modern.

Dilihat dari bahan yang digunakan maka anda bisa menggunakan dari bahan beton, kayu, batu alam, besi ataupun dengan mengkombinasikan bahan-bahan tersebut yang pastinya memiliki tujuan supaya tampilan dari pagar rumah ini terlihat cantik dan menawan.

harga besi tempa

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pagar tempa yang mungkin bisa menjadi bahan referesi untuk anda dalam memilih pagar besi tempa yang sesuai untuk rumah anda.

Pagar besi tempa merupakan sebuah pagar besi yang menggunakan bahan besi polos yang sudah di tempa dengan cara dipanaskan sehingga bisa dibentuk dengan desain yang sesuai keinginan. Kelebihan dari pagar besi yang satu ini adalah jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis pagar lainnya.

Umumnya besi yang dipakai untuk pagar besi tempa adalah besi yang memiliki kadar carbon 0,5 % atau lebih kecil. Salah satu ciri-ciri dari besi ini, yaitu cukup keras dan mudah sekali dibentuk saat di panaskan, sehingga pagar besi ini cocok untuk anda yang mengingkan perlindungan lebih terhadap rumah anda.

Baca juga : Harga Pagar Besi Minimalis

Desain pagar besi tempa sekarang ini sangat beragam ada desain yang bergaya klasik ataupun modern. Biasanya pagar jenis ini digunakan pada  huniah yang ingin menonjolkan sisi klasik pada huniannya, tetapi perubahan tren rumah minimalis modern telah membuat para pengrajin pagar besi harus bisa menyesuaikan desain tersebut dengan gaya pada saat ini.

Hasilnya pun menakjubkan, mungkin pemahaman kita selama ini bahwa besi sangat identik dengan gaya yang klasik, dapat dipatahkan dengan desain pagar besi modern yang terlihat menawan. Nah, apabila anda penasaran berapa harga pagar besi tempa dan seperti apa bentuknya, mari langsung saja kita lihat contoh dibawah ini.

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter

pagar besi tempa warna hitam

Harga per meter = Rp. 900.000/m2

pagar besi tempa

Harga per meter = Rp. 1.500.000/m2

pagar besi

Harga per meter = Rp. 1.800.000/m2

pagar besi tempa per meter

Harga per meter = Rp. 1.900.000/m2

Model Desain Pagar Besi Tempa Minimalis

pagar besi tempa minimalis

pagar besi tempa modern

pagar besi tempa model minimalis

pagar besi tempa klasik

model pagar besi tempa

gambar pagar besi tempa

desain besi tempa

Kelebihan Pagar Besi Tempa

Type pagar besi tempa ini lebih banyak diminati karena memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis pagar besi lainnya. Itulah yang membuat banyak orang lebih tertarik untuk menggunakan pagar ini dihalaman rumahnya.  Berikut ini adalah beberapa kelebihan pagar besi tempa :

  1. Tampilannya yang terlihat sangat mewah dan elegant
  2. Tidak akan membuat anda cepat bosan
  3. Bisa dibentuk dengan beberapa model atau gaya
  4. Bisa dimasukan beberapa ornamen pagar
  5. Sangat awet dan tahan lama

Fungsi Pagar Besi Tempa

Bagi anda yang saat ini sedang membangun rumah dan ingin menambahkan pagar besi tempa sebagai komponen pelengkap rumah anda, berikut adalah fungsi pagar besi tempa yang perlu anda ketahui.

  1. Sebagai pembatas rumah

Fungsi pagar besi tempa yang pertama yaitu sebagai pembatas rumah, tanah, dan lahan antara satu rumah dengan rumah yang lainnya. Pagar juga digunakan untuk mempertegas wilayah anda, siapa saja dilarang untuk mengambil ataupun merusak sesuatau diluar batas yang sudah ditetapkan. Dengan adanya pagar besi tempa sebagai pembatas, hal ini dapat meminimalisi konflik yang mungkin terjadi karena batas tanah yang tidak jelas yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari.

  1. Sebagai penghalang maling

Semakin hari, semakin banyak sekali kasus pencurian yag terjadi dengan motif yang sangat beragam. Dengan adanya pagar besi tempa, maka kemungkinan rumah anda untuk dijadikan sasaran maling akan semakin kecil. Mengapa demikian? Jika rumah anda terpasang pagar yang cukup tinggi, anda dapat menambahkan kawat berduri di bagian atas pagar tersebut, sehingga pagar rumah anda akan lebih sulit untuk bisa dilewati maling.

desain pagar besi tempa

  1. Sebagai benteng pelindung

Tidak hanya menjadi pelindung dari maling saja, pagar besi tempa juga dapat berfungsi sebagai bangunan yang dapat melindungi anda dan sekeluarga dari hewan liar. Apabila anda tinggal  dan membangun sebuah rumah di daerah baru yang masih banyak sekali hewan buasnya, maka pagar ini juga akan berfungsi sebagai benteng yang dapat menjauhkan anda dari berbagai serangan hewan buas seperti babi huta, anjing liar, dan juga hewan buas yang lainnya.

  1. Sebagai komponen untuk mempercantik rumah anda

Fungsi pagar besi tempa yang terakhir adalah untuk dapat mempercantik dan memperindah tampilan rumah anda. Meski rumah anda terlihat kurang cantik, namun dengan type pagar besi yang indah dan cantik ini tentunya akan membantu anda untuk membuat rumah menjadi terlihat semakin indah dan cantik.

Baca juga : Model Desain Pagar Besi Minimalis

Tips Merawat Pagar Besi Tempa Agar Tidak Berkarat

Sama halnya dengan pagar besi pada umumnya, pagar besi tempa ini juga dapat digunakan sebagai tambahan eksterior yang akan membuat tampilan rumah anda menjadi semakin menarik. Meskipun demikian, pagar besi ini bisa  mengalami masalah seperti besi pada umumnya yaitu karat. Untuk mencegah timbulnya karat, maka anda harus merawat pagar besi tempa anda supaya bisa awet dan terbebas dari karat. Berikut adalah tips merawat pagar besi tempa agar terbebas dari karat :

  1. Melindungi dari air hujan

Cara merawat pagar besi tempa yang pertama ialah dengan melindungnya dari air hujan. Caranya pun mudah, hanya cukup melapisi besi tempa dengan minyak, pastikan juga pagar besi tersebut tidak memiliki lubang supaya air hujan tidak bisa masuk kedalamnnya. Namun jika terdapat lubang, maka anda harus segera menutupnya dengan dempul.

  1. Pengecatan pagar besi tempa

Pengecetan pagar besi tempa merupakan langkah yang tidak boleh anda lewatkan. Hal ini perlu dilakukan supaya air, udara, dan kelembaban bisa langsung mengenai permukaan besi yang nantinya bisa membuat besi lebih awet dan juga tahan terhadap cuaca. Pengecetan pagar ini tidak boleh dilakukan sekali, jika cat pada besi tempa sudah mulai mengelupas maka anda harus segara cat kembali dengan yang baru.

  1. Rajin membersihkan pagar secara rutin

Sama halnya dengan pagar besi pada umumnya, pagar besi tempa membutuhkan perawatan khusus. Jika terdapat noda yang banyak dan tidak segera dibersihkan, maka dapat memicu timbulnya karat. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda rajin membersihkan pagar besi tempa menggunakan air dengan campuran detergen.

membersihkan pagar

  1. Pemeriksaan pagar besi tempa secara berkala

Untuk dapat memastikan supaya kondisi pagar besi tempa anda sudah baik atau belum, maka lakukanlah pemeriksaan dan pengecekan secara berkala. Apabila pagar besi anda sudah berkarat walaupun hanya sedikit saja, anda harus segera mengatasinya sebelum karat tersebut dapat menyebar ke bagian yang lain.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara merawat pagar besi tempa supaya terbebas dari karat. Yang perlu di ingat, lakukanlah langkah-langkah diatas secara berurutan supaya pagar besi anda terbebas dari karat.

Leave a Comment