Harga Baja Ringan Per Batang Dan Meter Juli 2019

Baja Ringan – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai baja ringan untuk kerangka atap rumah. Jika kerangka atap rumah Anda saat ini terbuat dari kayu dan sudah semakin lapuk maka sebaiknya segera ganti ke model kerangka rumah yang baru yaitu menggunakan kerangka baja ringan yang tentunya memiliki banyak kelebihan. Selain lebih modern kerangka baja ringan juga lebih kokoh dan terhindar dari hewan rayap yang sering merusak kayu.

Baja ringan sendiri merupakan salah satu jenis material yang mempunyai dimensi lebih tipis dan  ringan jika dibandingkan baja konvesional. Namun, yang membedakan antara baja jenis ini dengan baja yang lainnya adalah pada kualitasnya. Walaupun terlihat tipis dan ringan, baja ringan justru mempunyai kekuatan yang lebih bagus dibandingkan jenis baja lainnya.

Pemakaian baja ringan sebagai atap rumah pasti lebih menguntungkan misalnya saja yaitu masalah harga yang lebih hemat dan lebih tahan lama. Bandingkan saja dengan menggunakan rangka kayu yang justru lebih merugikan karena jika rusak anda harus menggantinya dengan yang baru. Baja ringan lebih sering digunakan sebagai kerangka atap namun di jaman yang semakin modern ini tidak sedikit juga para kontruktor membuat bangunan dengan desain memakai baja ringan sebagai kerangka kanopi.

Harga dari baja ringan sangat bergantung pada jenis dan juga kualitas dari kerangka baja tersebut, biasanya kerangka baja memiliki harga yag berbeda-beda setiap daerahnya karena tergantung dari patokan yang ditetapkan oleh pembuatnya. Berikut daftar harga baja ringan terbaru yang berhasil kami himpun:

Harga Baja Ringan Untuk Kanopi

Harga baja ringan untuk kanopi terbagi ke dalam beberapa kelompok harga, yakni:

Daftar Harga Baja Ringan

No Ukuran (Tebal) Harga
1 Kanal C 0,75 Rp. 60.000/btg (6meter)
2 Reng Rp. 26.000/btg
3 Skrup Kanal C (1.000)pcs
Skrup Genteng(1.000)pcs
Rp. 135.000/dus
Rp. 80.000/dus
4 Alumunium Foil Single
(1m x 50m)
Rp. 250.000/roll
5 Alumunium Foil Double
(1m x 50m)
Rp. 280.000/roll
6 Genteng Metal Pasir
(85cmx85cm)
Rp. 28.000/lmbr
Baja Ringan Terpasang
1 Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Metal” Rp. 120.000/m2
2 Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Keramik” Rp. 125.000/m2
2 Rangka Atap + Genteng Metal Rp. 185.000/m2
2 Rangka Atap + Genteng Metal + Alumunium Foil Rp. 200.000/m2
Catatan : Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap baja ringan juga memiliki beberapa kelompok harga, yakni:

  1. Rangka atap baja ringan.

Harga untuk rangka atap baja ringan polos adalah Rp 125 ribuan.

  1. Rangka atap baja+ atap gelombang go green

Harga untuk rangka atap baja yang telah dilapisi atap bergelombang hemat energi ini adalah Rp 180
ribuan.

  1. Rangka atap baja ringan + atap onduline

Harga untuk rangka atap baja yang telah memiliki atap onduline adalah Rp 210 ribuan.

  1. Rangka atap baja+ genteng metal dan aluminium

Harga untuk rangka atap baja tipe ini adalah Rp 230 ribuan

Itulah tadi beberapa kelompok harga baja ringan yang saya sampaikan di atas dan merupakan harga pasaran yang banyak dijual di toko bangunan. Sudah pasti setiap toko mempunyai patokan harga namun tidak sedikit pula toko bagunan yang memberikan promo khusus sehingga harganya menjadi lebih murah dibandingkan dengan biasanya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Baja Ringan

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Sama halnya dengan material pada umumnya, rangka atap baja ringan ini memiliki banyak kelebihan. Adapun kelebihan rangka atap baja ringan adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Walaupun jenis material ini termasuk dalam material yang ringan, tetapi baja ringan ini mempunyai kekuatan tegangan tarik yang tinggi atau 550 Mpa, dimana tegangan ini lebih besar dibandingkan tegangan baja konvensional. Baja konvensional hanya mempunyai tegangan sekitar 300 Mpa. Mengapa demikian? Ini dikarenakan sifat kelenturan yang dimiliki oleh rangka atap baja ringan, yang dimana kelenturan ini bisa menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar.

Berbeda halnya dengan material kayu, yang memiliki sifat lebih kaku dan sangat mudah hancur. Kekuatan tegangan inilah yang membuat rangka atap baja ringan mampu menjaga kestabilan bangunan dan keruntuhan.

  1. Proses pemasangan mudah

Salah satu kelebihan yang paling utama dari pemakaian rangka atap baja ringan adalah proses pemasangannya bisa menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Bobot yang ringan akan memudahkan saat dalam proses konstruksi. Disamping itu, baja ringan juga mempunyai sistem sambungan yang tidak terlalu rumit. Sambungan ini umumnya bisa menggunakan baut, skrup, keeeling dan las. Sistem sambungan juga bisa mudah dirangkai dengan konstruksi lainnya seperti beton dan kayu.

  1. Bentuk rangka bisa mengikuti model atap

Karena mempunyai sifat lentur, rangka baja ringan ini bisa disesuaikan dengan model atap yang Anda inginkan. Meskipun demikian, pembebanan rangka atap ini harus ditumpu pada rangka atap baja ringan.

Jika Anda ingin memastikan kekuatan rangka tersebut, Anda harus memasang rangka dengan sistem rapat. Yaitu dengan memaksimalkan kerenggangan antara baja ringan yang satu dengan baja ringan lainnya, yaitu dengan menggunakan jarak sekitar 150 cm.

  1. Mempunyai sifat anti karat

Salah satu kelemahan penggunaan rangka kayu adalah bisa dimakan rayap, walaupun ada jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Kelebihan yang dimiliki oleh material baja ringan ini adalah anti rayap dan anti karat. Oleh karena itu, perawatannya juga akan menjadi lebih mudah.

  1. Mempunyai daya tahan jangka panjang

Material baja ringan terkenal akan kualitas daya tahannya yang baik. Material ini tidak termasuk dalam material yang mudah lapuk ataupun mudah mengalami penyusutan dan pemuaian. Kualitas baja ringan yang baik yaitu baja tidak terlalu ringan dan tidak terlalu luntur.

  1. Merupakan material yang bisa di daur ulang

Walaupun termasuk ke dalam material pabrikasi, baja ringan ini ternyata juga masih bisa dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan lain.  Limbah baja ringan ini bukannya akan dibuang, tetapi masih bisa digunakan untuk pembangunan selanjutnya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang harga baja ringan per batang dan meter 2019  lengkap beserta kelebihannya. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa harga ringan tersebut tentunya bisa berbeda-beda. Selain tergantung dari patokan yang ditetapkan oleh pembuatnya, harga tersebut juga dipengaruhi oleh flukstuasi kurs rupiah saat itu. Akan tetapi, perbandingan harga yang kami sajikan tersebut tidak terlalu jauh berbeda dari pasaran sehingga bisa Anda jadikan sebagai acuan.