Harga Turbin Ventilator Cyclone


Turbin ventilator merupakan alat yang digunakan untuk menjaga sirkulasi udara. Turbin ini dapat mencegah udara panas terperangkap yang bisa menyebarkan radiasi panas dalam sebuah bangunan, serta mengatasi kelembapan, bau dan pengap dalam bangunan. Turbin ventilator ini termasuk dalam alat sirkulasi udara tanpa motor atau mesin penggerak sehingga tidak membutuhkan energi listrik, bebas dari biaya perawatan dan dapat bekerja penuh selama 24 jam.

Turbin ventilator ini dapat bergerak atau berputar dengan bantuan dari aliran udara atau angin dan juga dengan adanya perbedaan suhu antara dalam dan luar bangunan yang bisa menyebabkan perbedaan tekanan udara. Rongga yang terdapat pada sirip – sirip turbin sengaja didesain khusus untuk dapat menangkap setiap hembusan angin yang lewat, meski hanya angin kecil tetapi dapat memutar turbin tersebut.



Model sirip turbin ventilator yang didesain sedemikian rupa tersebut juga berfungsi untuk menghalangi masuknya air hujan. Udara panas akan naik ke atas dan akan menekan ke luar melewati sirip-sirip turbin tersebut.

Fungsi Turbin Ventilator

Seperti yang kita tahu bahwa udara panas di dalam rumah terkadang membuat kita jadi merasa tidak nyaman. Terlebih lagi saat musim kemarau, tentu udaranya akan lebih terasa panas dan mengganggu aktifitas. Banyak faktor yang dapat menyebabkan udara dalam rumah terasa panas, seperti sirkulasi udara di dalam ruang kurang baik, sistem ventilasi udaranya kurang memadai, tidak adanya penghijauan di sekitar rumah atau bisa juga karena udara panas di atas loteng atau dibawah atap terkurung didalamnya

Sebuah ruangan yang ideal membutuhkan pergantian udara dengan volume 70 sampai 90 meter kubik (m³) per jam supaya suhunya sama dengan suhu di luar. Yang jadi permasalahan adalah jendela dan pintu tidak selalu terbuka, sementara ventilasinya terkadang relatif kecil sehingga udara di dalam ruang akan terasa panas. Masalah lainnya adalah saat udara keluar masuk, sirkulasi udara hanya tercipta di bawah plafon, sedangkan diantara atap dan plafon, udara panas sedang mengumpul. Karena tidak adanya celah untuk keluar, maka udara panas dari permukaan tersebut diradiasikan ke bawah sehingga akan membuat ruang menjadi semakin panas.



Udara panas yang ada diantara plafon dan atap juga dapat menyebabkan kondensasi (pengembunan) yang dapat membuat plafon serta dinding ditumbuhi jamur. Dengan memasang AC atau kipas angin tentu akan membantu menyejukkan ruangan, namun seperti yang kita tahu bahwa penggunaan listriknya cukup besar. Oleh karena itu, jika anda ingin yang lebih murah, maka anda dapat memilih untuk menggunakan turbin ventilator guna mengurangi panas serta pengap pada ruang, dimana turbin ini memiliki fungsi yang sama dengan exhaust fan.

Baca juga: Harga Exhaust Fan

Jenis Turbin Ventilator untuk Rumah

Terdapat beberapa jenis turbin ventilator yang bisa anda pilih dan gunakan untuk di rumah anda, beberapa jenis turbin tersebut diantaranya adalah :

  1. Turbin Ventilator Turbobeam

Turbobeam merupakan turbin ventilator pertama yang menyediakan ruang atap ventilasi dan memungkinkan cahaya alami dapat masuk ruang loteng. Hal ini akan memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik rumah, diantaranya :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *