Harga Exhaust Fan Berbagai Merk


Kipas Angin Plafon – Exhaust fan merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara dalam ruang ataupun rumah. Oleh karena itulah exhaust fan biasa diletakkan antara indoor dan outdoor.

Kipas angin jenis ini banyak digunakan dan diminati karena bisa membuat ruangan jadi sejuk tanpa penggunaan AC. Meskipun demikian, bagi anda yang menggunakan AC tetap disarankan memasang exhaust fan  guna untuk mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan.



Sekarang ini banyak orang lebih memilih menggunakan exhaust fan dibandingkan dengan kipas angin untuk mengusir udara panas dalam ruangan mereka. Tentunya hal ini juga bukan tanpa alasan, dengan menggunakan exhaust fan maka akan memberikan beberapa dampak yang positif bagi penggunanya, yaitu :

Baca juga: Harga Cooker Hood

Kegunaan Exhaust Fan

  • Bekerja Secara Total

Dulu kipas angin merupakan alat yang banyak diminati dan dipilih untuk mengusir udara panas. Tetapi, kipas angin memiliki cara kerja yang hanya mampu memutar udara disekitarnya saja. Dengan kata lain, kipas angin tak dapat mengusir udara panas yang ada di dalam ruangan secara optimal. Berbeda halnya dengan exhaust fan yang dapat bekerja dengan lebih total serta optimal untuk mengusir udara panas.

  • Daya Efisien

Daya yang dibutuhkan untuk dapat memasang exhaust fan ini memang sama dengan daya yang dibutuhkan saat memasang kipas angin, yaitu 40 Watt. Namun, pemakaian daya dari exhaust fan ini lebih efisien dan bisa menjadikan udara di dalam ruangan lebih bersih dan terasa sejuk.



  • Lebih Ramah Lingkungan

Exhaust fan ini lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan AC. Seperti yang kita tahu bahwa AC atau Air Conditioner dapat memberikan dampak negatif yaitu menjadi salah satu penyebab global warming. Dengan begitu, tentunya memilih exhaust fan sebagai alternatif untuk dapat mengusir udara panas merupakan langkah yang bijak dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Memang penggunaan dari exhaust fan akan memberikan dampak yang positif dalam beberapa hal, namun exhaust fan juga mempunyai beberapa kekurangan hingga akhirnya dapat memberikan dampak negatifnya secara tidak langsung.  Berikut adalah beberapa dampak negatif dari exhaust fan :

  • Butuh Usaha Lebih Besar

Saat pemasangan exhaust fan ini dilakukan tentunya diperlukan usaha yang lebih besar. Anda harus rela membobol tembok atau dinding terlebih dahulu untuk dapat memasang exhaust fan secara permanen. Disini sudah bisa disimpulkan bahwa harga pemasangan exhaust fan ini pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Sistem kerja dari exhaust fan ini kurang lebih sama dengan sistem kerja AC, yaitu mampu membuat udara di dalam ruang jadi lebih sejuk. Perbedaan yang bisa dibilang cukup siginifikan antara udara di dalam ruang dengan udara di luar ruang ini tentu dapat mengganggu atau mempengaruhi daya tahan tubuh. Hal tersebut akan sangat terasa, terlebih saat anda sedang tidak enak badan.

Jenis – jenis Exhaust Fan

Sebelum anda ingin membeli ataupun memasang  exhaust fan dirumah anda, tentunya anda perlu melihat dan mengetahui jenis exhaust fan mana yang pas dan cocok untuk dipasang di ruangan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini adalah Jenis – jenis dari exhaust fan :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *