Harga Dan Ukuran Roster Beton Per m2

Harga Dan Ukuran Roster Beton РDi zaman yang serba modern seperti saat ini ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk mempercantik rumah. Sebab di toko material bangunan kita bisa memilih dan membeli berbagai macam bahan bangunan yang bisa menunjang keindahan rumah kita.

Salah satu di antaranya adalah roster. Anda mungkin masih belum familiar dengan istilah itu. Akan tetapi mungkin Anda pernah melihatnya, baik secara langsung, lewat media elektronik atau majalah. Roster atau juga sering disebut dengan istilah ventilation block sering diaplikasikan pada rumah kekinian. Apa sebenarnya roster itu?

Roster adalah bahan bangunan yang memiliki bentuk berlubang di bagian dalamnya. Pada dasarnya lubang udara tersebut berperan memudahkan udara dari luar rumah agar bisa masuk ke dalam ruangan.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu roster juga bisa menjadi dekorasi untuk rumah. Kini roster yang beredar di pasaran memiliki motif yang beragam. Sehingga kita dapat menyesuaikannya dengan selera atau konsep eksterior maupun interior rumah.

Baca juga: Harga Kusen Cor

Daftar Harga Roster

Salah satu yang menjadi permasalahan saat membeli roster adalah soal harga dan ukurannya. Seperti yang sudah disinggung di atas, macam roster di toko bangunan biasanya sangat beragam.

Begitu juga dengan ukurannya yang ada beberapa macam. Sehingga Anda akan membutuhkan usaha ekstra jika ingin mengetahui harga roster di beberapa toko bangunan.

Untuk memudahkan Anda, berikut kami siapkan daftar harga roster di pasaran. Motif yang disertakan beragam, mulai dari roster dadu, roster kisi-kisi, roster kotak hingga roster kotak polos.

Model Ukuran Harga Satuan
Roster Model Variasi 20 x 20 x 8 cm Rp15.000
Roster Model Trapesium 20 x 20 x 8 cm Rp15.000
Roster Model Silang Bulat Tengah 20 x 20 x 8 cm Rp15.000
Roster Kotak Variasi 20 x 20 x 8 cm Rp15.000
Roster Segi List 26,5 x 9 x 7,5 cm Rp8.000
Roster Model Silang 20 x 20 x 7,5 cm Rp12.000
Roster Model Manggis 20 x 20 x 7,5 cm Rp12.000
Roster Model Mercy 20 x 20 x 7,5 cm Rp12.000
Roster Kotak Sembilan 20 x 20 x 7,5 cm Rp12.000
Roster Kisi-kisi 25 x 15 x 8 cm Rp12.000
Roster Dadu Satu 20 x 20 x 9 cm Rp15.000
Roster Dadu Dua 20 x 20 x 9 cm Rp15.000
Roster Dadu Dua Silang 20 x 20 x 9 cm Rp15.000
Roster Dadu Tiga 20 x 20 x 9 cm Rp15.000
Roster Dadu Empat 20 x 20 x 9 cm Rp15.000
Roster Kotak Polos 20 x 20 x 7,5 cm Rp12.000

Perlu dicatat, harga di atas bersifat tidak tetap. Sebab harga bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu harga roster di masing-masing toko material bangunan juga bisa berbeda. Akan tetapi umumnya tidak selisih jauh dengan daftar harga di atas.

Sebagai tips tambahan, jika Anda ingin mendapatkan roster dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membandingkan harga roster di beberapa toko berbeda di sekitar tempat tinggal atau lokasi proyek Anda. Jangan lupa menanyakan soal biaya pengiriman dan lain sebagainya.

Manfaat Roster Beton

Roster memiliki bentuk yang berongga di bagian tengah. Rongga atau hollow tersebut berfungsi untuk mencegah sinar matahari dan memperlancar sirkulasi udara. Roster sendiri juga mempunyai pola yang beragam sehingga kita dapat menyesuaikan seberapa besar udara atau cahaya matahari yang nantinya masuk ke dalam ruangan. Lalu sebenarnya apa saja manfaat atau kegunaan roster beton?

Untuk Mengoptimalkan Potensi Alam Tropis

Negara tropis mendapat cahaya matahari yang lebih banyak. Hanya saja hal ini bisa membuat suhu ruangan menjadi lebih panas. Untuk menyiasatinya kita bisa memanfaatkan roster beton sebagai kulit kedua bangunan atau secondary skin pada fasad rumah.

Dengan begitu cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa dikurangi. Begitu pula dengan angin atau udara di sekitar rumah. Dengan adanya roster sirkulasi udara dan angin akan lebih lancar. Hasilnya ruangan menjadi terasa lebih sejuk.

Hemat Energi

Dengan memanfaatkan roster kita bisa mendapatkan cukup cahaya matahari yang dapat menyinari ruangan di dalam rumah saat pagi hingga siang hari. Selain itu udara yang masuk ke sisi interior rumah juga membuat suhu ruangan menjadi tetap sejuk.

Hal tersebut bisa membuat kita lebih hemat energi. Sebab saat pagi sampai siang hari kita tidak membutuhkan lampu. Udara yang sejuk membuat kita tidak terlalu sering menggunakan kipas angin atau AC. Alhasil penggunaan listrik akan lebih irit dan bisa berdampak positif terhadap kelestarian lingkungan.

Membuat Fasad Rumah Lebih Indah

Jika dipasang pada fasad, roster tidak hanya sebagai pelindung bagi rumah saja. Roster bisa mempermanis tampilan depan rumah. Bahkan permainan pola pada rongga roster juga bisa menghasilkan tampilan bayangan yang unik sehingga menambah daya tarik dari rumah.

Sebagai Dekorasi Interior

Selain sebagai pemanis eksterior, roster beton juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik suasana interior. Terutama untuk rumah dengan gaya interior industrialis dan modern. Lantaran bentuknya yang tergolong masif, roster beton dapat disusun dengan mudah menjadi pernik hias taman di dalam rumah, baik bangku atau pot tanaman.

Sedangkan roster beton yang disusun secara vertikal dapat dimanfaatkan sebagai partisi atau penyekat antara dua ruangan. Anda juga bisa menggunakan roster sebagai transisi area outdoor dan indoor. Perpaduan roster beton dengan material lain seperti kayu atau tembok bisa menghasilkan kombinasi yang unik dan indah.

Khusus roster beton memiliki kekuatan yang terbilang baik dibandingkan roster jenis lain seperti roster kayu, tanah liat atau semen. Karena roster beton terbuat dari campuran semen, pasir dan kerikil.

Dngan perpaduan material penyusun tersebut roster beton lebih tahan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh perubahan cuaca. Walaupun demikian tidak disarankan untuk memakai roster beton sebagai penahan struktur bangunan. Sebab rongga yang ada di bagian tengah membuat beton tidak terlalu seimbang untuk menahan beban maupun tumpukan yang berat.

Baca juga: Harga Kusen Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Roster

Roster beton mempunyai beberapa kelebihan. Di samping itu roster beton juga memiliki beberapa kekurangan. Sebelum memutuskan untuk membelinya tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan roster ini.

Kelebihan Roster Beton

  1. Tahan lama dan awet karena terbuat dari material yang tidak mudah pecah.
  2. Roster tersedia dalam motif atau desain yang bermacam-macam, sehingga pembeli bisa menyesuaikan model mana yang sesuai dengan desain rumah.
  3. Sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan akan lebih baik karena bentuk roster yang berongga. Hal ini membuat ruangan akan terasa lebih sejuk dan bisa membuat penghuni rumah bebas kepanasan.
  4. Roster dapat diaplikasikan ke berbagai bangunan, mulai dari rumah, tempat ibadah perkantoran dan gedung-gedung lainnya.
  5. Juga berfungsi sebagai dekorasi rumah yang bisa membuat tampilan eksterior dan interior lebih indah.
  6. Motif roster variatif sehingga pembeli tinggal menentukan mana yang sesuai dengan konsep rumah.

Kekurangan Roster Beton

  1. Penggunaan roster bisa mengurangi privasi penghuni rumah karena desainnya yang berongga.
  2. Pemasangan roster harus dilakukan dengan presisi lantaran tidak adanya sistem pengait. Oleh karenanya pemasangan roster secara bersusun terbilang cukup sulit.
  3. Kurang cocok dipakai sebagai dinding utama sebab materialnya tidak terlalu kuat untuk menahan beban.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, dapat kita ketahui bahwa roster tidak cocok untuk tembok utama. Sebab materialnya masih kalah kuat dibandingkan dengan batu bata. Maka dari itu umumnya roster dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi yang mempercantik tampilan rumah.

Itulah yang bisa kami sampaikan di blogmaterialbangunan mengenai harga roster beton beserta hal-hal lainnya seperti kegunaan hingga kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda ingin memanfaatkan roster beton pada salah satu sudut rumah, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli yang berpengalaman. Sehingga Anda bisa mengetahui berbagai informasi terkait pengaplikasian roster pada rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *