Cara Membersihkan Toren Air


Cara Membersihkan Tangki Air – Kebanyakan rumah saat ini menggunakan toren air atau penampung air. Seperti yang diketahui air menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting di dalam rumah.

Dengan adanya sumber air bersih yang memadai kita bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan mudah. Seperti mandi, membersihkan piring, menyirami tanaman atau hingga membersihkan rumah. Dan salah satu cara untuk memperoleh air bersih yang mencukupi adalah dengan tangki air atau toren air.



Tandon atau toren air adalah salah satu alat yang menjadi media atau wadah penyimpan cadangan air bersih. Toren air sangat berguna bagi rumah yang pasokan airnya kurang memadai, terlebih jika pasokan air PAM sering bermasalah. Dengan toren air yang terisi penuh maka kita tidak perlu terlalu khawatir jika kehabisan air bersih.

Hanya saja seiring berjalannya waktu toren air bisa kotor. Biasanya di dalam tangki muncul lumut karena paparan sinar matahari dan air hujan. Dan hal ini sering diabaikan oleh pemilik rumah lantaran lokasi toren air yang biasanya jauh dari jangkauan.

Jika dibiarkan kotoran akan menumpuk di dalam toren air, begitu juga dengan pasir yang bisa mengendap atau menumpuk di dalam tangki. Hal tersebut tentu saja bisa mengurangi kualitas air.



Maka dari itu kita perlu menjaga kebersihan toren air. Mengingat air ini sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari. Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara membersihkan toren air yang dapat Anda praktekkan.

Baca juga: Harga Tangki Air Terbaru

Langkah-langkah Membersihkan Toren Air

Buka Penutup Toren

Langkah pertama, sebelum membersihkan toren air kita perlu membuka penutupnya terlebih dahulu. Mungkin terdengar sepele, tetapi biasanya terdapat sensor air atau mesin otomatis di area tersebut. Maka dari itu usahakan jangan sampai tersenggol atau bahkan rusak. Biasanya mesin otomatis ini memiliki pelampung pengatur volume air di dalam toren.

Buang Air di Dalam Toren

Berikutnya buang air yang ada di dalam tangki lewat saluran pembuangan hingga habis. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada di dalam air bisa dikeluarkan dan memudahkan kita untuk membersihkan bagian dalam toren.

Perlu diketahui, saluran pembuangan yang ada pada toren air biasanya tidak berada di sisi paling bawah. Sehingga air di dalam tangki tidak dapat terbuang seluruhnya lewat saluran pembuangan tersebut.

Masuk ke Dalam Toren

Jika memungkinkan Anda bisa masuk ke dalam toren air untuk membersihkan bagian dalam tangki. Sebagai catatan, yang bisa masuk ke dalam toren adalah mereka dengan berat badan yang tidak terlalu berat atau maksimal 60 kg. Selain itu toren juga harus terbuat dari plastik. Jika toren terbuat dari metal, disarankan untuk tidak masuk ke dalamnya. Sebab hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada bodi toren karena penyok.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *