Biaya Pasang AC Dan Perawatan Sehari-Hari

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Biaya Pasang AC Dan Perawatan Sehari-Hari.

Biaya Pasang AC – Air conditioner atau biasa disebut juga dengan AC merupakan salah satu alat rumah tangga yang sering dipakai di rumah-rumah kelas menengah ke atas, sesuai namanya bahwa AC memiliki fungsi sebagai pendingin ruangan di saat cuaca panas dan bisa diatur sesuai dengan keinginan pemiliknya. Biasanya untuk biaya pasang AC pada rumah saat dibeli sudah dalam satu set yang meliputi Pipa AC, Bracker, unit AC dan jasa pemasangan, namun terkadang masih belum termasuk kapel power listrik, stop kontak AC, steker dan lain sebagainya.

Untuk AC tipe Split Wall yang sering kita jumpai di rumah-rumah biasanya dilakukan perawatan setiap 3 bulan sekali dan menyesuaikan dengan kondisi lingungan yang ada. Untuk perawatannya sendiri tidak perlu dilakukan penambahan freon apabila AC tersebut tidak mengalami masalah seperti kerusakan atau kebocoran pada sambungan pipa.

Baca juga: Penjelasan Rumah Tipe 21

Berikut biaya pemasangan dan perawatan AC yang bisa dijadikan patokan, daftar harga ini diambil dari salah satu penyedia jasa di Jakarta:

UraianSatuanHarga (Rp.)
Bongkar Pasang AC
Bongkar AC LamaUnit80.000
Pasang AC LamaUnit200.000
Bongkar / Bobok Tembokm’30.000
Material Penunjang
Pipa AC 1/4″ x 3/8″ (0,5 – 1 PK)m’65.000
Pipa AC 1/4″ x 1/2″ (1,5 – 2 PK)m’75.000
Bracket AC Lengkap Dengan DynaboltSet80.000
Selang Flexible Untuk Pembuangan Airm’10.000
Kabel Listrik 3 x 1,5 mm (0,5 – 1 PK)m’12.000
Kabel Listrik 3 x 2,5 mm (1,5 – 2 PK)m’15.000
Box Stop Kontak ACSet80.000
Steker Kaki TigaBh25.000
Duct TapeRoll12.500
Perawatan AC
Penambahan Freon R22Unit100.000
Pengisian Freon R22Unit175.000
Penambahan Freon R410AUnit175.000
Pengisian Freon R410AUnit275.000
Cuci Steam AC SplitUnit50.000

Harga pemasangan ac tentunya setiap toko memiliki patokan yang berbeda-beda, namun paling tidak info yang saya berikan bisa menjadi patokan buat Anda, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat buat Anda yang saat ini sedang ingin memasang AC di rumah.

Tips buat Anda yang ingin membeli AC baru pastikan kualitas dari AC tersebut sangat bagus, Anda bisa memilih AC dengan merek yang sudah terkenal karena sering dipercaya oleh banyak orang. Meskipun memiliki harga yang lebih mahal namun AC berkualitas tentunya memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu lebih tahan lama.

Berbeda ceritanya jika anda membeli AC berharga murah dengan kualitas tidak menentu yang justru saat digunakan baru beberapa bulan saja langsung mengalami kerusakan. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal buruk seperti itu bukan? Jadi pada intinya pikirkan dengan matang sebelum membeli AC rumah apakah ingin yang berkualitas dengan harga mahal namun awet atau yang murah namun tidak berkualitas.

Nah, setelah Anda sudah membeli AC pastinya Anda menginginkan barang tersebut tetap awet, kan? Dengan menjaga keawetan maka Anda akan terhindar untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membetulkan AC yang rusak.

Dari kebanyakan pengalaman bahwa ternyata masih sedikit orang yang mengetahui cara menggunakan AC yang benar. Mayoritas orang masih salah dalam menggunakan AC yang bisa mengakibatkan tingginya biaya listrik. Parahnya, hal ini bisa mengakibatkan AC tersebut cepat jebol. Maka dari itu, saya disini akan berbagi cara merawat AC di rumah supaya tetap awet.

Baca juga: Penjelasan Rumah Tipe 36

Cara Merawat AC di Rumah Supaya Awet

  1. Sebelum akan membeli AC, sebaiknya Anda mengetahui ukuran PaardeKracht (PK) AC. Anda juga harus mengetahui ruangan supaya bisa disesuaikan dengan ukuran PK AC. Apabila ukuran PK jauh lebih besar dibandingkan ukuran ruangan maka AC akan terasa sangat dingin. Demikian sebaliknya, jika PK jauh lebih kecil dibandingkan ukuran ruangan maka AC akan terasa sangat dingin dan mesinnya akan bekerja lebih keras lagi untuk mendinginkan ruang. Oleh karena itu, Anda harus tahu ukuran PK yang pas untuk ruangan Anda.
  2. Jika sedang menyalakan AC maka usahakan ruangan tertutup secara rapat. Hal ini bertujuan supaya AC tidak bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan akan terasa sejuk.
  3. Apabila akan berpergian maka sebaiknya Anda mematikan AC terlebih dahulu. Selain dapat menghemat energi, tentunya juga akan menghemat uang pengeluaran.
  4. Gunakan fitur time saat menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya AC dinyalakan paling lama 5 jam dan setelah itu istirahat untuk mendinginkan mesin. Oleh karena itu, selama menggunakan AC gunakanlah fitur time supaya mesin AC bisa selalu terjaga dengan baik.
  5. Sebaiknya jangan terlalu sering untuk mengatur suhu AC menjadi dibawah 22 derajat celcius. Apabila terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius maka akan membuat mesin AC jadi lebih cepat panas. Perlu Anda ketahui bahwa suhu 22 derajat adalah suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia.
  6. Lakukan pembersihan secara rutin di bagain dalam AC. Pembersihan secara rutin ini bisa Anda lakukan 1 bulan sekali apabila udara tidak terlalu keruh. Sebaliknya, jika terlalu keruh maka Anda bisa lakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan.
  7. Sebaiknya Anda sering cek freon dalam AC. Apabila freon mengalami bocor ataupun pengurangan maka AC akan menjadi kurang dingin. Sebaiknya setiap 6 bulan sekali Anda adkan pengecekan freon pada AC oleh teknisi AC. Tidak hanya pada bagian dalam AC saja, blower yang berada di luar gedung sebaiknya dibersihkan secara rutin supaya sirkulasi udara menjadi semakin segar.

Selain mengetahui cara merawat penggunaan AC, sebaiknya  Anda juga sadar akan penggunaan AC yang tepat sesuai kebutuhan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai biaya pasang AC dan perawatannya sehari-hari. Semoga informasi yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi Anda yang ingin membeli atau memasang AC dirumah.

Loading...