Harga Pipa AC Per Meter Dan Roll


Harga Pipa AC – Pengertian dari pipa sendiri adalah bagian utama dari suatu sistem yang memiliki fungsi untuk menghubungkan titik dimana fluida disimpan menuju ke titik pengeluaran semua pipa, baik itu untuk memindahkan tenaga atau untuk pemompaan.

Pipa memiliki banyak jenis dan sering pula kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini berarti pipa merupakan suatu komponen yang bisa dibilang cukup penting. Seperti misalnya, pipa yang terdapat pada AC atau Air Conditioner.



Kita pastinya sudah tak asing lagi dengan AC yang berfungsi sebagai pendingin ruangan ini. Salah satu komponen penting yang ada dalam AC adalah pipa. Pipa yang terdapat pada AC sendiri menggunakan pipa tembaga serta memiliki fungsi untuk membuang air hasil kerja dari AC.

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis dan juga merk dari pipa AC yang dapat jadi pilihan untuk anda jika mungkin sewaktu-waktu pipa AC anda rusak. Pipa AC sendiri memiliki banyak jenis dan merek, sehingga anda juga perlu memilih jenis serta merk pipa AC yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

pipa ac

Jenis Pipa AC

Pipa AC atau pipa tembaga sendiri ada 2 jenis, yaitu :



  1. Pipa AC tembaga soft (annealed). Pipa jenis annealed ini merupakan pipa yang banyak dipakai untuk instalasi pipa AC, atau lebih khususnya sebagai pipa pendingin ruangan sejenis split. Seperti pipa dengan tipe pancake dan juga pipa set, keuntungan dari pipa jenis annealed ini salah satunya adalah sangat mudah untuk dapat dilekuk-lekuk. Untuk cara menyambungkan pipa jenis annealed ini dapat dilakukan dengan cara di las, tetapi lebih disarankan untuk menggunakan cara flaring.
  2. Pipa AC tembaga kaku (rigid). Pipa jenis rigid ini banyak dipakai sebagai instalasi, dan yang paling banyak dipakai adalah pipa batang, pipa air dan AC yang medan-nya lurus. Pipa jenis rigid ini banyak dipilih dan digunakan sebagai sistem pendingin pada bangunan, hotel, pabrik dan lain-lain. Kelebihan dari pipa rigid ini adalah tidak mudah bengkok. Namun, pipa rigid ini tidak dapat ditekuk-tekuk dengan mudah sehingga memerlukan fitting elbow untuk dapat merubah arah pipa-nya. Dan apabila kita hendak menyambung pipa rigid ini, sebaiknya disambung dengan cara di las, sebab akan lebih cepat prosesnya dan tentunya lebih hemat.

Baca juga : Harga Pipa PVC Berbagai Ukuran

Flushing atau Pembersihan Pipa AC

membersihkan ac

AC yang mengalami kebocoran biasanya dapat menyebabkan oli yang ada dalam kompresor naik ke jalur pipa lalu mengendap pada kondesor indoor. Endapan oli inilah yang menjadikan sirkulalsi pada freon tak lancar serta AC akhirnya mengalami kebuntuan meskipun kebocoran sudah bisa diatasi dan suhu pada AC juga tidak sampai 20º C.

Ada cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan AC jadi kembali normal, yaitu dengan cara di flushing atau dibersihkan. Sebelum kita mengklaim bahwa AC tersebut perlu di-flushing, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu gejala – gejala atau tanda – tanda apa saja yang biasanya muncul akibat dari kebuntuan AC tersebut. Gejala – gejala tersebut diantaranya adalah :

  • Pertama, coba ukur dengan menggunakan manifol guige, tekanan yang ditimbulkan manifol ini akan sangat tidak teratur dan naik turun.
  • Terdapat suara yang sangat berisik dan tidak teratur di indoor maupun di outdoor.

Apabila anda mendapati salah satu dari gejala – gejala yang sudah disebutkan di atas, maka anda harus segera menghubungi service AC terdekat. Sebab, apabila permasalahan diatas tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, akan menyebabkan terjadiya kerusakan pada kompresor anda.

Saat melakukan flushing pada AC yang mengalami kebuntuan, ada dua tahap pebersihan, yaitu indoor dan outdoor. Bersihkan terlebih dahulu semua jalur pipa serta condensor indoor lalu ganti filter dan juga kapiler yang terdapat pada outdoor-nya.

pipa ac harga

Harga Jasa Pemasangan Pipa AC

Jasa Pemasangan AC 0.5pk – 1.5pk 350.000
Jasa Pemasangan AC 1.5pk – 2pk 350.000
Jasa Pemasangan AC Cassette 750.000
Jasa Pemasangan AC Standing 550.000
Bongkar AC Split 0.5pk – 2pk 150.000
Bongkar AC Cassette 350.000

Harga Pipa AC Per Meter

Saat kita membeli sebuah perlengkapan untuk rumah, termasuk salah satunya adalah AC, terkadang tidak disediakan secara langsung kabel pipa-nya (tidak tersedia dalam satu paket) sehingga mengharuskan kita untuk membeli kabel pipa tersebut secara ecer. Akan tetapi, tidak semua toko memiliki kebijakan yang demikian.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *