Harga Kawat Las Listrik, Stainless, Argon Dll Januari 2022


Harga Kawat Las – Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang harga kawat las, tentunya setiap daerah memiliki patokan yang berbeda-beda namun disini saya mencoba memberikan gambarannya saja. Selain dikarenakan beda daerah ada beberapa faktor lain yang menyebabkan harga dari kawat las berbeda-beda.

Misalnya saja dari segi merek yang berada dipasaran dan juga tergantung kualitas kawat las tersebut. Di Indonesia masyarakat juga sering menyebut kawat las dengan nama Kobe Steel, namun untuk daerah-daerah lebih mudah menyebutnya dengan istilah kawat las.



Beragam Jenis Kawat Las di Pasaran

Selanjutnya saya  akan membahas beberapa jenis kawat las yang laris di pasaran sesuai dengan peruntukannya. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan masyarakat awam tidak mempunyai pengetahuan secara mendalam mengenai dunia pengelasan. Mereka berpikir bahwa hanya ada satu saja jenis kawat las.

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenanya ada banyak sekali jenis kawat las yang digunakan untuk melakukan pengelasan untuk jenis material yang berbeda. Untuk lebih jelasanya, saya juga akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis kawat las tersebut. Kiranya, informasi ini bisa membantu Anda untuk menambah wawasan Anda dalam dunia pengelasan.

Baca juga: Harga Pintu Expanda

Kawat Las Listrik

Berbeda dengan beberapa kawat las umumnya, jenis kawat ini banyak digunakan untuk pengelasan tetapi membutuhkan perhatian khusus. Maksudnya adalah saat menggunakannya dibutuhkan ukuran listrik yang tepat supaya hasil lasnya nanti jadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi penyebab harga kawat las listrik mempunyai harga yang sangat mahal. Selain itu, harga juga ditentukan oleh diameter yang diinginkan si pengguna.



Karena memiliki harga yang cukup mahal, maka Anda harus pandai dalam mengehemat dan seberapa kawat las yang akan digunakan. Dimana, untuk harga kawat las listrik bisa mencapai Rp 143.000/kg. Jika memang Anda tidak membutuhkannya sebanyak itu, maka carilah tempat yang menjual dalam ukuran lain.

Kawat Las Stainless

Dari namanya Anda sudah tahu bahwa produk ini dibuat secara khusus untuk mengelas besi ataupun baja. Umumnya, jenis kawat seperti ini mempunyai ketahanan dan kulalitas yang sangat baik. Akan tetapi, semuanya dikembalikan pula pada merk yang dipilih. Karenanya,  harga kawas las stainless ini cenderung mempunyai harga yang berbeda-beda di setiap tempat maupun brand.

Mungkin sekarang ini Anda bertanya-tanya berapakah harga dari produk ini. Harga kawat stainless steel ini adalah Rp 44.880/2kg. Hal tersebut berlaku untuk produk merk Atlantic, sedangkan untuk merek lain mungkin mempuyai harga yang berbeda.

Kawat Las Argon

Salah satu model las yang paling terbaru adalah model las argon. Dimana, nantinya metode pengelasan juga akan berjalan dalam jangka waktu cepat tetapi dengan kualitas yang terbaik. Maka tak heran jika harga kawat las argon ini juga sangat mahal. Dimana, untuk setiap 5kg kawat, Anda  membutuhkan biaya sebesar Rp 340.000

Kawat Las Nikko Steel

Brand yang sekarang ini sedang menduduki peringkat teratas untuk kawat las adalah brand Nikko Steel. Brand yang satu ini mempunyai kualitas yang terbaik dan sangat mudah untuk ditemukan diberbagai tempat. Sedangkan untuk masalah harganya, Harga kawat las Nikko Steel ini terbilang sangat murah dibandingkan jenis kawat lainnya, dimana setiap 5kg kawat las harga dihargai Rp 125.000.

Kawat Las RB 32 dan LB 52

Apakah perbedaan dari kedua jenis kawat las ini? Pastinya ada perbedaan yang sangat jelas dari keduanya. Dimana, kawat las RB banyak digunakan untuk konstruksi umum seperti pipa, plat, dan yang lainnya. Namun kedua jenis kawat las ini memiliki harga yang tidak sama. Dan harga dari kawat las RB 32 pastinya jauh lebih murah jika dibandingkan LB 52. Dimana, kawat las RB dijual dengan harga Rp 130.000/kg.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jenis kawat LB 52 biasa digunakan untuk konstruksi berat atau yang membutuhkan tenaga jauh lebih besar dibandingkan konstruksi umum. Oleh karena itu, harga kawat las LB 52 ini adalah Rp 159.850/kg.

Baca juga: Harga Teralis Jendela

Perlu Anda ketahui bahwa proses pengelasan ada juga yang menggunakan las listrik atau SMAW namun cara ini membutuhkan bahan tambahan yang berfungsi sebagai elektroda saat mengelas. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa kawat las memang terdiri dari beberapa jenis. Sedangkan untuk harga tergantung dari ukuran kawat las tersebut mulai dari yang paling murah dengan diameter 2,6 ada juga 3,2 sampai 5,0.



Semua ukuran tersebut tentunya tergantung dari kebutuhan dari penggunanya. Sebagai contoh misalnya untuk mengelas dengan kampuh yang besar maka diameternya juga berukuran besar dan sebaliknya.

Penggunaan dari kawat las listrik juga berbeda setiap material yang digunakan, misalnya saja untuk mengelas aluminium maka bahan yang digunakan juga harus terbuat dari aluminium dan seterusnya. Harga kawat las bervariasi tergantung dari merek dan juga kualitas. Saya disini akan berikan informasi harga kawat las yang lebih lengkap .