Penjelasan Denah dan Ukuran Rumah Tipe 21

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Penjelasan Denah dan Ukuran Rumah Tipe 21.

Denah Rumah Tipe 21 – merupakan rumah dengan ukuran sangat minimalis dan menjadi ukuran paling kecil diantara tipe lainnya. Meskipun kecil namun rumah tipe 21 tetap sangat layak dihuni dan biasanya memiliki beberapa kelengkapan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan Rumah tipe 21 adalah rumah bagi masyarakat kelas bawah karena harganya yang memang sangat murah dan cukup terjangkau terutama bagi orang dengan pekerjaan karyawan di pabrik berpenghasilan tidak begitu banyak.

Rumah tipe 21 banyak ditemui di beberapa perumahan minimalis, rumah pribadi, rumah kontrakan dan sejenisnya. Sedikit informasi mengenai rumah di Indonesia ada beberapa tipe mulai dari rumah yang paling kecil yaitu tipe 21, tipe 36, 45, 54, 70, 100 dan seterusnya. Lalu apa sebenarnya rumah tipe 21 tersebut dan apa saja maksudnya.

Pengertian Rumah Type 21

Pengertian dari rumah tipe 21 berarti rumah tersebut memiliki bangunan dengan luas 21 meter persegi dan pada umumnya setiap rumah tersebut dilengkapi pula angka lain dibelakangnya seperti Rumah tipe 21/70. Arti dari 21/70 sendiri yaitu memiliki luas bangunan 21 meter persegi sedangkan angka 70 adalah luas dari tanah. Berikut untuk lebih mudah dipahami:

  • Rumah type 21/60 = luas bangunan (21m2), luas tanah/lahan (60m2)
  • Rumah type 21/72 = luas bangunan (21m2), luas tanah/lahan (72m2)
  • dst.

Nah itulah pengertian singkat tentang Rumah tipe 21 yang perlu anda ketahui, jadi kesimpulannya yaitu rumah tipe 21 berarti rumah dengan luas bangunan hanya 21 meter persegi, rumah jenis ini sangat cocok sekali bagi anda yang memiliki keluarga kecil, apalagi harganya yang cukup terjangkau membuat rumah ini menjadi primadona bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Baca juga : Denah Gambar dan Ukuran Rumah Tipe 100, 120, 140.

Contoh Denah Rumah Tipe 21

Baca juga: Pengertian Rumah Tipe 36

3 Cara Membuat Denah Rumah Tipe 21

Nah, denah rumah yang baik perlu mempunyai ciri-ciri denah yang baik. Mulai dari ukuran yang harus tepat, nilai panjang dan juga lebar rumah yang tertera dengan jelas hingga rincian tata letak furniture yang lengkap. Nah, berikut ini kami akan berikan 3 cara membuat denah rumah tipe 21:

  1. Data rumah yang lengkap

Syarat pertama dalam membuat denah rumah tipe 21 adalah mengumpulkan data yang lengkap mengenai data rumah yang akan Anda buat denahnya. Selain tipe rumah, Anda juga harus mencatat secara detail mengenai ukuran panjang dan lebar rumah, serta penjelasan yang lengkap mengenai ukuran setiap ruangan rumah. Hal ini akan menjadi acuan yang sangat penting untuk para arsitek dalam menentukan ukuran rumah dengan tepat.

Selain ukuran, Anda juga harus mencermati ruangan apa sajakah yang akan dihadirkan dalam rumah. Beberapa rumah minimalis umumnya hanya terdiri dari 2 ruang kamar tidur, dapur, ruang tengah, kamar mandi, dan garasi kecil. Sedangkan untuk sisa ruangan yang ada bisa digunakan sebagai taman yang terdapat di halaman depan rumah ataupun halaman belakang. Rancangan tata letak ruangan ini pastinya  akan membuat ketepatan dalam membangun sebuah rumah semakin baik.

  1. Peralatan desain

Denah rumah tipe 21 ini biasanya tidak begitu rumit untuk dibuat. Untuk desain denah yang simple, Anda bisa menggambarnya di sebuah kertas dengan menggunakan beberapa alat tulis.  Selain itu, Anda juga bisa menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk menggambar atau aplikasi yang khusus untuk membuat denah rumah. Hal ini akan jauh lebih menghemat waktu dan tenaga yang Anda gunakan.

Denah rumah memang selalu dibuat oleh orang yang berkompeten dalam bidang arsitektur perumahan. Hal ini dikarenakan mereka jauh lebih paham bagaimana cara membuat denah rumah yang sesuai dengan standard. Apabila Anda memerlukan bantuan arsitektur, Anda bisa membuat rancangan denah yang sederhana dan kemudian Anda tunjukkan kepada seorang arsitektur untuk melengkapi rancangan denah sederhana tersebut.

  1. Pengecekan ulang

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah pengecekan ulang denah rumah tipe 21 yang sudah Anda buat atau arsitektur buat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena denah tersebut menjadi dasar utama sebelum Anda hendak membangun sebuah rumah, termasuk rumah minimalis sekalipun. Rumah minimalis umumnya mempunyai keterbatasan ruang yang mungkin tidak dapat Anda masukkan ke dalam rancangan denah rumah Anda.

Akan tetapi, keterbatasan tersebut tidak menjadi halangan dalam mempunyai sebuah rumah minimalis. Apabila Anda sudah melakukan pengecekan ulang secara teliti, Anda juga bisa menambahkan beberapa detail yang mungkin dapat dibuat saat membangun rumah. Misalnya saja pagar rumah, taman rumah tambahan, dan lainnya. Hal ini tentunya tidak hanya akan menjadikan rumah Anda sebagai tempat hunian saja. Tetapi juga menjadi tempat yang paling nyaman untuk Anda tuju sesudah melakukan kegiatan.

Itulah beberapa contoh denah rumah tipe 21 dengan beberapa tips bagaimana membuat denah rumah minimalis tipe 21 yang sangat mudah untuk Anda ikuti. Semoga informasi yang kami bagikan pada kesempatan kali ini berguna untuk Anda dalam mempunyai jenis rumah minimalis yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya kebutuhan akan hunian saja, tetapi juga sesuai dengan budget yang Anda punya.

Source:

arti tipe rumah 21/60,maksud rumah 21,maksud rumah type 21,Tipe 21 rumah,tipe rumah 21,ukuran rumah 21,Ukuran rumah tipe 21,ukuran tanah type 21

Loading...