Harga HPL Per Meter / Per Lembar


Triplek HPL – HPL adalah singkatan dari High Pressure Laminate. HPL sendiri sering diartikan sebagai sebuah proses laminasi yang menggunakan tekanan tinggi dan merupakan salah satu bahan finishing yang umum dan banyak digunakan dalam produk mebel dan juga pada permukaan desain – desain interior.

HPL dapat bekerja dengan sangat baik sebagai penutup permukaan yang biasanya digunakan pada cabintes, meja, kitchen set, dekorasi interior dan masih banyak lagi.



Seiring dengan meningkatnya biaya dan juga kekurangan pasokan bahan kayu saat ini, menjadikan HPL makin populer dan banyak digemari sebagai salah satu alternatif finishing bahan untuk produk furniture serta dekorasi interior.

Alasan lain mengapa HPL ini banyak dipilih adalah karena HPL merupakan bahan yang ramah lingkungan.

hpl

Triplek HPL Cocok Untuk Dekorasi

HPL yang merupakan lapisan akhir atau finishing beragam jenis benda furniture  berbahan dasar plastik tipis ini memang menjadi sangat familiar dan cukup menarik minat dalam dunia furniture, khususnya untuk furniture berbahan dasar multiplek dimana finishing atau pelapis terluar dari multiplek ini tentunya menggunakan bahan triplek, kebanyakan memakai triplek corak (jati, sungkai, mahoni, megateak, nyatoh) yang mana treatment tersebut perlahan – lahan mulai ditinggalkan.



Perubahan treatment ini biasanya masih membutuhkan treatment melamic atau duco yang mana dari segi biaya dan juga waktunya memang sangat jauh perbedaannya. Seperti yang sudah kita tahu bahwa HPL lebih praktis, cepat dan juga lebih murah. Oleh karena itu tak heran apabila HPL akhirnya menjadi bahan pelapis furniture yang populer dan banyak digemari.

Baca juga: Harga Kitchen Set

Mungkin dari anda banyak yang bertanya – tanya, apa saja sebenarnya kelebihan serta kekurangan dari HPL ini? Secara umum, kelebihan dari HPL ini adalah anti gores dan juga anti air. Memang tidak seratus persen anti gores, namun, material HPL ini sangat kuat karena bahan utamanya adalah plastik keras PVC yang permukaannya memiliki tekstur.

Material ini bahkan lebih kuat jika dibandingkan dengan material sheet yang biasanya banyak digunakan untuk melapisi furniture murah dimana furniture – furniture semacam itu biasanya dijual hanya di toko – toko furniture biasa. HPL juga mempunyai kelebihan berupa pengerjaannya yang lebih bersih dibandingkan saat menggunakan cat duco atau sanding, sebab material ini dilem atau direkatkan pada multipleks.

Bagi para pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini diklaim mempunyai keunggulan yaitu lebih bersih dan cepat. HPL mempunyai varian produk edging yang dapat mempermudah pengerjaan furniture, terutama pada bagian pinggir yang tipis.

Kelebihan Triplek HPL :

  1. Proses pengerjaannya bisa dibilang cukup praktis, karena bisa dilakukan tanpa finishing yang harus melibatkan tukang semprot sehingga jadi lebih mudah dan proses pengerjaannya lebih cepat.
  2. Cost atau biayanya lebih rendah.
  3. Seperti yang sudah dibahas, furniture yang menggunakan finishing HPL tidak membutuhkan tukang khusus finishing, jadi cukup tukang kayu saja.
  4. Warna serta motif furniture-nya akan sama, hingga hasil akhirnya nanti tidak akan belang – belang seperti saat menggunakan finishing cat duco.
  5. HPL mempunyai banyak jenis, mulai dari moti kayu, warna solid, metalik, hingga motif marmer dan juga granit.
  6. Pemakaian HPL ini juga akan lebih cepat selesai jika dibandingkan dengan finishing spray.
  7. Cocok digunakan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
  8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
  9. HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, goresan dan juga zat kimia.
  10. Harganya juga relatif lebih murah.

Kekurangan Triplek HPL

Namun, disamping kelebihan – kelebihan tersebut, HPL juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :

  1. Proses pengerjaan dengan menggunakan HPL ini terkadang menyulitkan dan bahkan tidak mungkin untuk membuat lapisan pada bidang lengkung yang terlalu kecil. Misalnya saja sudut lengkung yang jari – jarinya hanya 5 cm. Oleh sebab itu biasanya jika terdapat bidang – bidang lengkung yang terlalu kecil seperti itu akan dilapisi menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna dapat mengakibatkan tampilannya kurang menarik, sebab akan terlihat adanya lapisan yang menunjukkan ketebalan HPL tersebut, kasus – kasus seperti ini banyak terjadi. Kasus lainnya adalah sering sekali HPL terlihat kurang rapi pada sudut – sudutnya jika tidak dipasang dengan benar.
  3. Secara fisik atau tampilannya HPL ini sangat keras, tingkat fleksibilitasnya sangat rendah dan akan mudah patah, sehingga apabila tidak hati – hati memakainya maka biaya produksinya pasti juga akan bertambah.
  4. Lapisan HPL akan mudah atau sering terlepas apabila saat proses pemasangan tidak di lem atau direkatkan dengan sempurna.
  5. Tampilan HPL tidak semewah cat duco.
  6. Jika dibandingkan dengan Decosit, HPL memang sedikit lebih mahal.
  7. Bagian edging pada HPL harus di-finishing lagi.
  8. Hasil akhir dari HPL ini kurang natural jika dibandingkan dengan cat melamik, dimana cat melamik mampu menampilkan keaslian motif urat kayu dari material yang digunakan.

Jenis Jenis Triplek HPL

HPL tersedia dalam beberapa macam, diantaranya adalah :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *