Harga Vinyl Lantai Per Roll Dan Meter


Harga Lantai Vinyl – Lantai vinyl merupakan salah satu material penutup lantai sintesis yang meniru jenis lantai lainnya dalam hal motif apapun seperti misalnya meniru motif kayu, bebatuan, dan marmer. Lantai ini terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang mempunyai teksture sangat halus dan elastis sehingga akan memudahkan dalam pemasangannya.

Karena pemasangannya yang sangat mudah, anda pun bisa memasangnya sendiri dengan prosedur yang benar. Pemasangan lantai vinyl ini juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar sehingga akan lebih mengirit budget di kantong anda. Lantai vinyl ini terdiri dari beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis lantai vinyl yang paling populer.



Jenis-Jenis Lantai Vinyl

  1. Kayu Vinyl Plank

Vinyl ini berbentuk persegi panjang dengan lebar 10 – 20 cm dan panjangnya sekitar 90 – 100 cm, ini merupakan ciri khas vinyl plank. Vinyl ini biasa disebut dengan kayu, mengapa demikian? Karena bentuk dan pemasangan vinyl ini menyerupai lantai kayu asli.

vinyl

Lantai vinyl motif kayu ini merupakan vinyl yang terbuat dari potongan-potongan kayu kecil yang biasanya menggunakan jenis kayu jati, ulin, dan merbabu.

Vinyl Plank memang menyerupai kayu asli sehingga akan memudahkan anda dalam mendesain suatu ruangan di rumah anda. Bahkan lantai vinyl ini sangat cocok sekali untuk interior rumah yang memiliki nuansa etnik dan nuansa alam.



Baca juga: Harga Triplek HPL

  1. Vinyl Tile

Sebagian anda mungkin tidak suka menggunakan material keramik karena sangat mudah tergores dan retak. Selain itu, juga mempunyai teksture yang keras dan dingin di kaki saat di pijak.

Namun  anda sudah tidak perlu cemas lagi jika anda masih ingin tetap menggunakan lantai yang menyerupai keramik karena kini anda bisa mengaplikasikan vinyl tile. Vinyl lantai ini sangat mirip dengan tampilan keramik dan ukurannya sangat bervariasi.

vinyl lantai

Meskipun berbentuk seperti keramik, namun vinyl tile ini tidak menggunakan nat. Pemasangan penutup lantai vinyl ini hanya menggunakan lema atau perekat saja yang akan membuat antara satu persegi vinyl lantai dengan lantai yang lainnya dan hampir tidak kelihatan.

Anda pun bisa meminta bantuan pada pihak produsen vinyl yang mempunyai tenaga yang sudah berpengalaman dalam bidang pemasangan lantai vinyl tile ini. Variasi bentuk lantai vinyl ini adalah horizontal dan vertical.

  1. Karpet lantai vinyl roll

Vinyl  ini menggunakan bahan PVC, sedangkan karpet pada umumnya menggunakan bahan cotton atau nylon. Hanya saja bentuk vinyl ini sangat mirip dengan karpet sehingga biasa disebut dengan karpet vinyl. Vinyl roll ini memiliki lebar 2 meter dengan panjang sekitar 25 meter sehingga akan sangat cocok untuk dipasang di ruangan rumah anda.

vinyl roll

Karpet vinyl roll ini tidak berbulu, namun memilik corak atau motif yang bisa membuat anda tertarik untuk melakukan pemasangan vinyl ini tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar karena harganya sangat murah.



Kelebihan dan Kekurangan Vinyl Lantai

Sama seperti pelapis lantai yang lainnya, vinyl juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan vinyl lantai :

Kelebihan Vinyl Lantai

  • Perawatannya lebih mudah, anda hanya cukup menyapu dan mengepel saja untuk menjaga agar lantai vinyl selalu bersih.
  • Tersedia berbagai pilihan, sehingga anda bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan warna, gaya ataupun corak lantai yang sesuai dengan keinginan.
  • Rancangan lantai vinyl telah dibuat menyerupai jenis material yang lain seperti bebatuan dan kayu.
  • Vinyl memiliki permukaan yang lebih halus jika dibandingkan lantai dari bahan kayu
  • Vinyl lantai lebih nyaman ketika di pijak, karena di bagian bawahnya telah dilapisi dengan kain atau busa.
  • Jauh lebih fleksibel dalam pemasangannya, karena vinyl lantai merupakan jenis lantai yang sangat lembut.
  • Lebih tahan lama, karena ada yang mengklaim bahwa lantai vinyl dapat bertahan hingga 15 tahun.
  • Vinyl lantai juga cukup kuat, karena mampu menahan air.

Kekurangan vinyl lantai

  • Bisa membahayakan, ini dikarenakan vinyl lantai terbuat dari bahan Polyvinyl chloride (PVC). Bagi sebagian orang yang sangat sensitive terhadap jenis bahan ini tentu akan sangat membahayakan, karena bahan PVC ini dapat melepaskan Volatile organic compounds (VOC).
  • Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasangan lantai vinyl ini, maka perhatikan lapisan pertamanya, pastikan lapisan pertamanya seperti ubin keramik, lantai vinyl ataupun bahan lainnya. Hal ini dikarenakan perekat vinyl tidak bisa bekerja dengan maksimal dan gampang lepas jika lapisan pertamanya tidak bersih.
  • Mudah rusak jika terkena benda tajam. Selain itu, terkena gesekan furniture atau benda berat lainnya juga beresiko merusak lantai vinyl ini.
  • Sangat sulit diperbaiki, harus segera diganti baru jika sudah rusak.

Cara Memasang Vinyl Lantai

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh vinyl lantai ini adalah dapat menyulap rumah yang biasa menjadi mewah dan proses pemasangannya pun terbilang sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang lantai vinyl yang baik dan benar.



  1. Mempersiapkan permukaan lantai

Sebelum memasang vinyl lantai, anda harus terlebih dahulu membersihkan lantai rumah anda. Lantai harus dalam keadaan kering, bersih, halus, dan permukaannya rantai. Sedangkan untuk lantai semen, anda juga memastikan bahwa keadaannya bersih dan lembab.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *