Harga Glasswool Per m2


  1. Aman dan tidak bau.

Manfaat berikutnya yang bisa anda dapatkan dari penggunaan glasswool ini adalah tidak menimbulkan bau tak sedap yang berbahaya utamanya terhadap kesehatan. Dengan demikian, suasana yang nyaman pun dapat selalu tercipta dan terjaga tanpa adanya gangguan dari bau – bau yang aneh dan tak sedap.

Baca juga: Harga Aluminium Foil Per m2

Glasswool vs Aluminium Foil

Alat peredam panas lain yang juga masih diminati adalah aluminium foil. aluminium foil sendiri memiliki sifat yang elastis, kuat, tahan air dan mampu menahan serta memantulkan panas sinar matahari. Fungsi aluminium foil ini pada umumnya memang sama dengan glasswool, yaitu sama – sama dapat digunakan sebagai alat peredam panas. Namun, jika ditinjau lebih lanjut, glasswool memiliki beberapa kekurangan apabila dibandingkan dengan aluminium foil.



Hal ini yang menjadikan glasswool memiliki perbedaan dengan aluminum foil, utamanya jika ditinjau mengenai fungsi dan juga cara kerja dari keduanya. Perbedaan tersebutlah yang akhirnya menjadikan glasswool memiliki nilai rendah dan membuat para pengguna beralih ke aluminium foil.

Beberapa perbedaan tersebut diantaranya :

  • Glasswool meredam panas dengan cara menyerap, berbeda dengan aluminium foil yang meredam panas secara reflektif. Kelemahan dari sistem serap yang dimiliki glasswool yaitu sangat bergantung terhadap ketebalan dari glasswool itu sendiri. Hal tersebut yang menjadikan panas akan tetap memuai apabila daya tampungnya sudah tidak muat. Sedangkan daya serap aluminium foil tidak bergantung pasa seberapa tebalnya melainkan benar – benar murni dari lapisan foil yang ada di permukaannya untuk dapat memantulkan berapapun panas yang datang.
  • Daya tahan glasswool lebih rendah jika dibandingkan aluminium foil. Hal ini dapat terjadi karena glasswool tidak tahan air, sehingga mudah lapuk dan disukai oleh serangga atau tikus. Sedangkan aluminium foil selain dapat memantulkan panas juga lebih tahan terhadap air sehingga tidak mudah lapuk dan tidak disukai serangga atau tikus.
  • Dalam hal kesehatan, glasswool cukup membahayakan sebab glasswool memiliki sifat karsinogen bagi manusia bila terhirup di pernafasan dalam jangka waktu tertentu. Kontak langsung dengan glasswool juga dapat menimbulkan gatal serta iritasi pada kulit.

Baca juga: Harga Waterproofing Membrane

Cara Kerja Glasswool

Serat – serat halus yang sudah dipress jadi satu pada lembaran glasswool akan membentuk banyak rongga kecil. Rongga – rongga kecil tersebut berfungsi sebagai kantong udara yang terpisah satu sama lain, kantong udara yang terpisah ini akan memperlambat transfer panas dan suara. Semakin banyak rongga kecil yang ada pada lembaran glasswool akan menjadikan transfer panas dan suaranya juga makin lambat.



Cara Penanganan

Pada umumnya, glasswool memiliki ukuran serat sekitar 5 – 10 micron, dimana 1 micron = 1/1000 milimeter. Namun ada pula partikel halus debu glasswool yang ukurannya dibawah 3 micron yang dapat terhirup dalam sistem pernafasan. Partikel halus yang terlepas dari glasswool ini dapat menyebabkan gatal bahkan iritasi di kulit, mata serta pernafasan pada pekerja yang tidak mengenakan alat bantu saat pemasangan. Maka dari itu, gunakanlah masker sebagai pelindung pernafasan, kacamata sebagai pelindung mata serta sarung tangan dan juga pakaian guna menutup permukaan kulit agar tidak terkena debu glasswool. Tips pemasangan untuk meminimalisir efek debu glasswool terhadap kesehatan diantaranya :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *