Harga Aluminium Foil Per m2


Harga Aluminium Foil – Atap merupakan faktor terpenting yang dapat menentukan kenyamanan dari sebuah rumah. Pengerjaan yang baik akan membuat anda nyaman tinggal di rumah tersebut dan merasa bahwa rumah tersebut merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu anda. Salah satu bagian atap yang paling penting adalah rangka atap, dan juga lapisan yang biasa digunakan secara bersamaan dengan rangka atap ini, yakni aluminium foil.

Lapisan aluminium foil ini biasanya digunakan dengan rangka atap dan berbahan baja ringan. Kedua bahan tersebut memiliki daya tahan yang sangat kuat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.



Fungsi alumunium foil pada rangka atap rumah bisa digunakan sebagai penahan panas dan radiasi matahari yang menembus plafon rumah. Bagi anda yang tinggal di wilayah tropis, tentunya sering merasakan panas akibat terpaan sinar matahari di siang hari. Maka cara yang tepat untuk bisa menecegah panas matahari menembus ke dalam rumah adalah dengan cara memasang aluminium foil dibawah atap bangunan.

Gambar rangka baja ringan yang dilapisi aluminium foil

Aluminium foil terbuat dari bahan yang sangat kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehinga aman dan sangat ramah lingkungan. Selain itu, aluminium jenis ini ini juga akan membantu untuk menahan dan juga memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah. Bahan ini umumnya dipasang pada rangka atap untuk dapat melindungi kebocoran akibat dari air hujan dan embun.



Baca juga: Harga Waterproofing Membrane

Fungsi Alumunium Foil Pada Rangka Atap Rumah

Fungsi pemasangan alumunium pada rangka atap rumah adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi radiasi matahari sampai 97%. Karena pada iklim tropis, pada siang hari biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah akan jauh lebih panas. Hal ini dikarenakan perpindahan radiasi panas di bagian atas atap, telah berpindah ke bagian bawah atap. Aluminum foil yang sudah dipasang akan berfungsi untuk memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu di dalam ruangan atau rumah akan menjadi lebih sejuk.
  2. Alumunium foil berfungsi untuk menghalangi air apabila terjadi kebocoran pada atap, sehingga air tidak akan langsung masuk ke dalam ruangan.
  3. Dapat mencegah rumah dari resiko kebakaran. Hal ini dikarenakan aluminium foil memiliki bahan kemurnian 99,45% dari polyethylene, tidak mudah robek, tidak merambatkan api, reduksi suara sampai 6 db, dan titik leleh sampai 310 derajat celcius.

Baca juga: Harga Glasswool Per m2

Jenis-Jenis Alumunium foil

Ada dua jenis alumunium foil yang biasa digunakan pada konstruksi atap, khususnya rangka atap baja ringan, yakni single side (satu sisi) dan double side (dua sisi).

  1. Single side (satu sisi) adalah lapisan yang hanya satu sisi, sehingga akan tampak mengkilap di bagian atas namun buram di bagian bawah.
  2. Duble side (dua sisi) adalah lapisan yang mengkilap pada bagian atas dan bagian bawah, alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium foil double side ini, yaitu mampu menolak radiasi lebih efektif dan jauh lebih kuat dibandingkan single side.

Pada intinya, kedua jenis aluminium foil tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penahan panas. Oleh sebab itu, lapisan aluminium foil akan sangat cocok digunakan pada kota-kota besar yang berada didekat laut seperti Jakarta. Udara panas dari luar tentunya akan membuat ruangan menjadi tidak nyaman. Selain itu, dengan keberadaan penahan panas tersebut, anda bisa lebih menghemat untuk pendingin ruangan, karena rumah anda tidak akan begitu panas.

Bagi anda yang ingin model atap ekspose, jenis alumunium foil yang tepat yang bisa anda gunakan adalah jenis double side. Jadi, nampak dari dalam rumah akan terlihat jauh lebih indah dan juga rapi. Anda pun juga bisa menggunakan tipe single side, namun pilihlah alumunium foil yang terbuat dari bahan dasar plastik. Ini karena bahan plastik akan lebih kuat dan rapi ketika dipasang.

Baca juga: Harga Atap Spandek

Sifat Material

Berbicara tentang jenis bahan dasar aluminium foil, pada dasarnya ada dua jenis bahan dasar yang digunakan, yaitu kertas dan plastik. Bahan dasar kertas lebih ringan, namun akan mudah sobek dan rusak, misalnya ketika terinjak ataupun terkena benda.

Sementara itu, bahan plastik akan lebih kuat dan ringan. Sifat yang kuat dan elastis ini membuatnya sangat mudah untuk dipasang. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir ketika hujan turun ditengah proses pemasangan aluminium foil. Ini dikarenakan aluminium berbahan dasar plastik tidak akan rusak terkena air hujan. Sedangkan kertas, anda harus menghindarkannya dari hujan supaya tidak rusak.



Yang paling menarik tentang aluminium foil, material ini awalnya hanya digunakan sebagai penahan tampias atau kebocoran pada atap ketikan hujan. Namun, karena fungsi material aluminium yang menjadi isolator panas, lapisan ini pada akhirnya juga digunakan sebagai penahan panas. Ada beberapa negara yang telah menggunakan aluminium foil sebagai bagian utama dari atap rumah penduduknya. Seperti Australia, yang dimana salah satu bahan bangunan ini menjadi salah satu persyaratan kelayak dari sebuah rumah untuk dapat ditinggali.

1. Woven Laminated



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *