Analisa Harga Pasangan Bata Ringan / Hebel


Analisa Harga Pasangan Bata Ringan РSemakin berkembangnya zaman, semakin banyak kebutuhan manusia yang mengarah ke tradisi yang lebih modern. Hal ini berlaku pula pada material bangunan yang semakin modern.

Saat ini bata ringan atau nama lain dari bata hebel, mulai menjadi material bangunan yang populer pengganti bata merah dan batako. Masyarakat biasa menggunakan bata ringan sebagai pembuatan dinding atau tembok bangunan.



Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan

Produksi bata ringan dilakukan melalui proses pembuatan yang modern dan menggunakan alat yang canggih, sehingga mampu menghasilkan kualitas yang baik.

Meskipun terdengar modern, bata ringan juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih material ini sebagai bahan utama dinding bangunan. Apa saja kelebihan dan kekurangan bata ringan?

Baca juga: Analisa Pekerjaan Pasangan Batako SNI Per m2

Kelebihan Bata Ringan

  1. Bobotnya ringan

Sesuai dengan namanya, bata ringan memiliki bobot yang ringan dibandingkan dengan bata yang lain. Hal ini dikarenakan bata ringan memiliki rongga udara yang terikat di dalamnya.



  1. Bentuk presisi

Melalui proses pembuatan yang modern serta menggunakan alat yang canggih, bata ringan yang dihasilkan menjadi lebih presisi, sehingga menjadi nilai tambah bagi kualitas bata ringan.

  1. Kedap suara dan air

Pembuatannya yang padat serta memiliki permukaan yang halus, menjadikan bata ringan memiliki keunggulan kedap suara dan memiliki risiko yang kecil terhadap rembesan air pada dinding.

  1. Ketahanan yang baik

Meskipun memiliki bobot yang ringan, bata ringan dinilai memiliki daya tahan yang baik. Hal ini dikarenakan bata ringan terbuat dari bahan campuran beton, sehingga memiliki daya tahan hampir sama kuatnya dengan material beton.

Batu ringan telah dinilai memenuhi standar sebagai material bangunan yang tahan terhadap gempa, karena daya tahan ini pula penggunaan material dari bata ringan dapat bertahan lama.

  1. Insulator suhu yang baik

Bata ringan mampu menjadi insulator suhu yang baik dikarenakan adanya rongga udara yang terikat di dalam bata ringan, sehingga dinding berbahan material batu ringan mampu menyerap panas dengan baik serta menjaga suhu ruang lebih dingin.

  1. Proses pemasangan mudah dan cepat

Proses pemasangan bata ringan menjadi lebih mudah dan cepat karena bentuknya yang presisi dan bobotnya yang ringan.

  1. Harga pemasangan lebih hemat

Terkait dengan proses pemasangan, waktu yang diperlukan menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja saat pemasangan lebih hemat.

Kekurangan Bata Ringan

  1. Harga lebih mahal

Pembuatan bata ringan melalui proses yang modern serta menggunakan alat yang canggih. Maka dari itu, harga bata ringan lebih mahal dibanding bata lainnya.



  1. Penggunaan Tukang Berpengalaman

Pemasangan bata ringan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena pengerjaannya berbeda dengan pemasangan bata pada umumnya. Sehingga perlu memilih tukang yang berpengalaman dalam pemasangan bata ringan untuk hasil yang lebih baik.

  1. Proses Pengeringan yang Lebih Lama

Pemasangan bata ringan harus dilakukan dengan kondisi bata yang benar-benar kering, karena apabila bata belum kering dan dipaksa menggunakan plester akan menimbulkan bercak kuning pada plester. Alangkah baiknya pemasangan bata ringan tidak dilakukan saat musim hujan.

  1. Butuh Perekat Khusus

Tidak seperti bata lainnya, pemasangan bata ringan memerlukan perekat khusus. Perekat khusus untuk bata ringan berupa semen instan yang mudah diperoleh di toko bangunan.

  1. Bisa Menyisakan Banyak Bahan

Ukuran bata ringan cenderung lebih besar dibanding bata lainnya. Sehingga apabila saat proses pemasangan banyak dilakukan pemotongan, akan menyisakan banyak bahan yang terbuang.





Leave a Reply

Your email address will not be published.