Harga Dan Ukuran Buis Beton


Buis Beton Sumur Dan Selokan – Buis beton atau yang juga biasa disebut dengan gorong – gorong beton tentunya sudah tidak asing lagi, baik itu di kalangan masyarakat umum ataupun bagi para pekerja di bidang kontraktor. Buis beton merupakan salah satu material beton yang tersedia dalam bentuk yang sudah siap pakai untuk kebutuhan saluran air. Material beton yang satu ini pada umumnya digunakan dalam proyek pembangunan gorong – gorong, saluran pembuangan air dan juga drainase. Penggunaannya pun mulai dari level pembangunan rumah, pembuatan sumur dan juga jalan, tergantung dari kebutuhan buis beton itu sendiri.

Buis beton adalah bahan material modern yang digunakan dalam proses pembuatan saluran air. Selain disebut dengan buis beton, material beton ini juga sering disebut dengan nama hong atau pipe concrete, sebab material beton yang satu ini memiliki bentuk seperti pipa tetapi terbuat dari beton. Disamping itu, tentu nama standar dari buis beton adalah gorong-gorong, seperti yang biasa di sebutkan oleh para pekerja di bidang kontraktor.



Selain memiliki beberapa istilah nama atau sebutan yang berbeda, buis beton ini juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Meskipun pada dasarnya, cara kerja dari buis beton ini adalah sebagai penahan laju air, baik itu air yang mengalir masuk maupun air yang mengalir keluar. Itulah mengapa, bentuk dan juga ukuran dari buis beton ini selalu dibuat menyerupai pipa. Baik itu lingkaran penuh maupun setengah lingkaran.

Berdasarkan dari fungsinya pula, buis beton juga mempunyai beberapa pilihan material dan juga type yang berbeda – beda. Sebelum membahas lebih jauh tentang bentuk hingga tipe buis beton precast, kami disini akan membahas tentang fungsi dan manfaat dari penggunaan buis beton itu sendiri. Baik itu fungsi dan manfaat penggunan buis beton pada perumahan, untuk sarana publik dan sarana umum. Dibawah ini adalah uraian selengkapnya tentang buis beton tersebut.

Baca juga: Harga Box Culvert

Fungsi Buis Beton

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa fungsi buis beton pada umumnya adalah untuk saluran air. Fungsi utama dari buis beton ini memang nampak sederhana, yaitu untuk membantu proses pengaliran air. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dibawah mengenai fungsi dari buis beton yang dibagi menjadi 3 kategori berbeda.



  1. Buis Beton Untuk Sumur Resapan

Fungsi atau kegunaan yang pertama dari buis beton adalah untuk sumur resapan. Pada fungsi yang satu ini, buis beton dipakai untuk melapisi dinding tanah saat proses pembuatan sumur resapan. Sebelum adanya buis beton, pelapis dinding tanah untuk sumur resapan dulunya dibuat dari batu kali atau biasanya dibuat dengan cara dicor. Dengan adanya buis beton sekarang ini tentu akan lebih mempermudah pengerjaan sumur tanah serta dapat lebih menghemat biaya.

Untuk sumur resapan, dimensi buis beton yang akan digunakan umumnya yang berbentuk bulat (lingkaran). Jenis buis beton ini biasa disebut dengan buis beton model pipe concrete. Sumur resapan yang telag menggunakan buis beton dipercaya mempunyai keunggulan tersendiri, salah satunya adalah memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tentunya, hal ini akan tergantung dari jenis jenis buis beton yang akan digunakan nantinya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *