Harga Baja Ringan Per Batang Dan Meter Mei 2022


  1. Rangka atap baja ringan + atap onduline

Harga untuk rangka atap baja yang telah memiliki atap onduline adalah Rp 210 ribuan.

  1. Rangka atap baja+ genteng metal dan aluminium

Harga untuk rangka atap baja tipe ini adalah Rp 230 ribuan



Itulah tadi beberapa kelompok harga baja ringan yang saya sampaikan di atas dan merupakan harga pasaran yang banyak dijual di toko bangunan. Sudah pasti setiap toko mempunyai patokan harga namun tidak sedikit pula toko bagunan yang memberikan promo khusus sehingga harganya menjadi lebih murah dibandingkan dengan biasanya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Baja Ringan

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Sama halnya dengan material pada umumnya, rangka atap baja ringan ini memiliki banyak kelebihan. Adapun kelebihan rangka atap baja ringan adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Walaupun jenis material ini termasuk dalam material yang ringan, tetapi baja ringan ini mempunyai kekuatan tegangan tarik yang tinggi atau 550 Mpa, dimana tegangan ini lebih besar dibandingkan tegangan baja konvensional. Baja konvensional hanya mempunyai tegangan sekitar 300 Mpa. Mengapa demikian? Ini dikarenakan sifat kelenturan yang dimiliki oleh rangka atap baja ringan, yang dimana kelenturan ini bisa menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar.

Berbeda halnya dengan material kayu, yang memiliki sifat lebih kaku dan sangat mudah hancur. Kekuatan tegangan inilah yang membuat rangka atap baja ringan mampu menjaga kestabilan bangunan dan keruntuhan.



  1. Proses pemasangan mudah

Salah satu kelebihan yang paling utama dari pemakaian rangka atap baja ringan adalah proses pemasangannya bisa menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Bobot yang ringan akan memudahkan saat dalam proses konstruksi. Disamping itu, baja ringan juga mempunyai sistem sambungan yang tidak terlalu rumit. Sambungan ini umumnya bisa menggunakan baut, skrup, keeeling dan las. Sistem sambungan juga bisa mudah dirangkai dengan konstruksi lainnya seperti beton dan kayu.

  1. Bentuk rangka bisa mengikuti model atap

Karena mempunyai sifat lentur, rangka baja ringan ini bisa disesuaikan dengan model atap yang Anda inginkan. Meskipun demikian, pembebanan rangka atap ini harus ditumpu pada rangka atap baja ringan.

Jika Anda ingin memastikan kekuatan rangka tersebut, Anda harus memasang rangka dengan sistem rapat. Yaitu dengan memaksimalkan kerenggangan antara baja ringan yang satu dengan baja ringan lainnya, yaitu dengan menggunakan jarak sekitar 150 cm.

  1. Mempunyai sifat anti karat

Salah satu kelemahan penggunaan rangka kayu adalah bisa dimakan rayap, walaupun ada jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Kelebihan yang dimiliki oleh material baja ringan ini adalah anti rayap dan anti karat. Oleh karena itu, perawatannya juga akan menjadi lebih mudah.