Cara Menghitung Luas Tanah m2


Menghitung Luas Tanah – Apabila anda bekerja di Badan Pertahanan Nasional (BPN), di notaris atau PPAT dan juga di instasi lain yang kesehariannya disibukkan oleh hal – hal yang berkaitan dengan tanah, maka sudah pasti banyak ilmu yang harus difahami, dan salah satunya adalah ilmu mengenai cara menghitung luas tanah.

Seperti yang kita tahu bahwa bentuk tanah tidak selalu persegi atau persegi panjang. Namun ada juga tanah yang bentuknya tidak beraturan, seperti trapesium ataupun segitiga. Satuan luas tanah sendiri pada umumnya dinyatakan dalam meter persegi (m²). Tetapi, ada juga satuan lain yang biasanya banyak dipakai oleh masyarakat, seperti hektar, are, dan juga ru.



mengukur tanah

Masing – masing bentuk tanah tentunya memiliki rumus yang berbeda. Apabila bentuk tanahnya hanya persegi, maka rumus luas tanah tersebut sama dengan rumus luas persegi. Namun, apabila bentuk suatu tanah tidak beraturan, maka rumus yang digunakan juga sudah berbeda nantinya. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, menghitung luas tanah sudah bukan menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Kita dapat memanfaatkan alat bantu seperti GPS, software komputer hingga memanfaatkan aplikasi maps online. Dengan memanfaatkan aplikasi maps online, kita dapat mengetahui gambar tanah dengan lebih jelas.

Satuan Luas Tanah

Seperti yang sudah dibahas di atas, selain dinyatakan dalam ukuran meter persegi, tanah juga dapat dinyatakan dengan satuan yang lain seperti hektar, are dan juga ru. Berikut penjelasannya :

  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 are = 100 m²
  • 1 ru = 14.0625 m²

Baca juga: Cara Membuat RAB Rumah

Cara Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan

Setelah kita mengetahui satuan luas tanah, selanjutnya kita juga harus tahu bagaimana caranya menghitung luas tanah yang tidak beraturan. Terdapat dua cara yang dapat kita manfaatkan untuk hal ini, yaitu secara manual dan memanfaatkan bantuan dari software seperti Autocad.



Sebagai contoh, di bawah ini terdapat suatu contoh gambar tanah yang tidak beraturan. Dalam contoh ini nanti, cara menghitung luasnya adalah dengan membagi tanah tersebut menjadi beberapa bagian sehingga terlihat sepeti beberapa segitiga yang ukurannya tidak beraturan dan saling berdampingan. Lalu selanjutnya, baru kita dapat menghitung luas tanah dengan cara menghitung luas dari masing – masing segitiga tersebut.

luas tanah

Rumus luas segitiga yang tidak beraturan adalah :

s = (a + b + c) : 2

L = [s x (s – a) x (s – b) x (s – c)]

Keterangan :

  • s = setengah keliling segitiga
  • a b c = panjang sisi – sisi segitiga
  • L = luas segitiga

Jawab :

Apabila kita akan menghitungnya secara manual, maka tinggal masukkan angka – angka di atas ke dalam rumus. Sebagai contoh, disini kita akan menghitung luas segitiga 1, maka pehitungannya adalah sebagai berikut :



s = (3 + 5 + 5,9560) : 2 = 6,9780

L = [6,9780 x (6,9780 – 3) x (6,9780 – 5) x (6,9780 – 5,9560)] = 7,4909 m²

Begitu seterusnya sampai luas kelima segitiga tersebut sudah diketahui. Lalu, untuk langkah terakhirnya adalah tinggal menjumlahkan luas masing – masing segitiga yang sudah dihitung tersebut hingga diketahui berapa luas tanah yang tidak beraturan tersebut. Apabila anda ingin lebih sederhana dan juga cepat, anda dapat menggunakan bantuan software Microsoft Excel atau software sejenisnya. Caranya adalah dengan memasukkan angka – angka di atas pada tabel di Microsoft Excel. Contohnya adalah seperti pada tabel berikut :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *