Cara Membersihkan Toren Air


Sebelum masuk ke dalam tandon, jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat untuk membersihkan bagian dalam toren. Seperti gayung, sikat atau spon.

Menggosok Bagian dalam Toren Air

Gosok dan bersihkan bagian dalam toren dengan memakai spon dan sikat. Gosok bagian dinding toren yang berlumut sampai bersih. Setelah itu bilas dengan air. Anda dapat mengambil air dengan cara menarik pelampung mesin otomatis air.



Gunakan air seperlunya untuk membilas dinding toren yang digosok. Selain itu hindari menggunakan cairan pembersih atau sabun. Karena hal tersebut membuat kita kesulitan untuk membilasnya.

Buang Air Bekas Bilasan

Jika selesai membersihkan, jangan lupa untuk membuang air bekas bilasan. Anda bisa menggunakan gayung jika air tidak bisa dibuang lewat saluran pembuangan toren.

Apabila air yang tersisa sudah mulai habis, Anda bisa kembali mengalirkan air bersih ke dalamnya. Tujuannya untuk membantu pembuangan kotoran yang tersisa. Lakukan sampai kotoran sudah tinggal sedikit. Kita dapat memakai selang untuk membuang air yang ada di dalam toren dengan cara menyedotnya lewat selang tersebut.



Isi dengan Air

Setelah bagian dalam toren air bersih, Anda bisa mengisinya dengan air. Caranya adalah dengan mengembalikan sensor pompa air ke posisi awal dan menutup saluran pembuangan air.

Baca juga: Harga Menara Tandon Air

7 Cara Mengatasi Toren Air Berlumut

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk membersihkan toren air, khususnya untuk menghilangkan lumut yang menempel di dinding dalam toren. Ada setidaknya tujuh barang yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan lumut di dalam toren. Berikut informasi selengkapnya.

Cat Minyak

Kita bisa memanfaatkan cat minyak agar toren air terhindar dari permasalahan lumut. Pertama-tama buang air yang ada di dalam tangki. Setelah itu cat lapisan luar tangki dengan cat minyak dengan warna hitam dan putih. Hal ini penting dan tidak boleh hanya salah satu warna.

Warna hitam menjadi cat untuk lapisan pertama. Tujuannya untuk menggelapkan tangki supaya sinar matahari tidak masuk ke dalam. Sedangkan warna putih dipakai sebagai lapisan kedua yang fungsinya untuk memantulkan cahaya matahari. Perlu diketahui, lumut bisa tumbuh di dalam tangki lantaran adanya sinar matahari yang menembus bagian luar tangki dan masuk ke dalamnya. Hal ini bisa terjadi jika kita memakai toren air berbahan plastik atau HDPE.

Scrubber

Scrubber atau saringan lumut bisa kita gunakan untuk membersihkan lumut yang ada di dalam toren. Cara ini dapat Anda manfaatkan jika tangki air yang ada di rumah Anda tidak terlalu besar. Buat suatu jenis saringan pada bagian sirkulasi atau inlet air. Sehingga nantinya lumut akan terperangkap di sana.

Air Kapur

Anda bisa memanfaatkan air kapur yang dikenal memiliki sifat yang keras. Sifat ini akan berguna untuk melepaskan lumut dari dinding tangki. Anda bisa membeli kapur di toko bangunan. Atau Anda juga bisa memanfaatkan kapur tulis.



Leave a Reply

Your email address will not be published.