Harga Shower Set Kamar Mandi


Harga Shower Kamar Mandi – Shower merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyemburkan air dan bisa diatur besaran semburan airnya. Fungsi utama dari shower adalah untuk membersihkan badan dengan cara mengalirkan air ke seluruh bagian badan. Ketika anda berkeinginan untuk merenovasi kamar mandi, tentunya anda harus memilih antara shower atau bak mandi (bathub) yang akan anda gunakan dikamar mandi tersebut.

Meskipun shower dan bathub memiliki kegunaan yang sama, tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas secara khusus tentang shower.



Baca juga: Contoh Desain Kamar Mandi Minimalis

Kelebihan dan Kekurangan Shower

Apabila anda ingin memasang shower dikamar mandi anda, maka ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan, diantaranya :

  • Apabila menggunakan shower akan jauh lebih menghemat air. Misalnya saja, pada satu rumah biasanya menghabiskan 90 liter air untuk mandi jika menggunakan bak mandi, namun dengan menggunakan shower hanya akan menghabiskan 30 liter air.
  • Shower dapat menjadi solusi yang tepat jika luas kamar mandi anda terbatas.
  • Menggunakan shower akan jauh lebih praktis dan efisien. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mandi di pagi hari dan sedang terburu-buru untuk berangkat kerja, maka mandi dengan menggunakan shower akan menyegarkan dengan cepat.

Sedangkan kekurangan shower adalah sebagai berikut :

  • Ketika pulang bekerja ataupun setelah menjalankan aktivitas seharian, tentunya anda akan lebih senang jika mandi dengan jumlah air yang banyak dan cukup untuk membersihkan seluruh yang telah menempel di badan anda, namun jika menggunakan shower sepertinya kurang memuaskan.
  • Apabila menggunakan shower maka pasokan listriknya akan jauh lebih banyak.

Baca juga: Keramik Kamar Mandi Minimalis

Tipe-Tipe Kepala Shower

Secara umum, ada dua jenis kepala shower yang biasa digunakan untuk kamar mandi. Yang pertama adalah hand shower dan yang kedua adalah shower tanam atau tempel. Berikut ini ada beberapa jenis shower yang banyak dijual di toko dan digunakan untuk kamar mandi.

  1. Single spray shower head

Kepala pancuran ini bersifat tradisional, yaitu untuk dapat mengubah bentuk semprotan air maka anda harus memutar sedikit bagian kepala dengan tangan ke arah kiri ataupun kanan sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Harga pancuran ini adalah sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribuan, tergantung dari jenis bahan pembuat dan finishingnya.



  1. Rain shower head

Jenis shower yang satu ini menyebabkan air secara merata dari lubang kepala shower layaknya seperti air hujan,, sehingga pancuran air akan tetap deras walaupun tekanan air kecil. Untuk dapat mengubah bentuk cucuran air shower jenis ini sangatlah mudah, anda hanya perlu menyetel handle pada shower yang terdapat di bagian tembok. Harga shower ini adalah sekitar Rp 1 juta sampai Rp 5 jutaan.

  1. Handheld shower head

Tipe ini biasa disebut dengan hand shower atau shower tangan yang dapat dilepas sewaktu digunakan sembari membersihkan badan. Kepala shower ini hanya cukup digantungkan pada pengaitnya jika hendak mandi tanpa perlu dipegang. Harga shower ini adalah sekitar Rp 900ribuan sampai Rp 1 jutaan.

  1. Multiple shower head

Shower jenis ini juga biasa disebut dengan dual shower head. Shower ini didesain dengan ua kepala shower yang ditanam atau ditempel pada dinding kamar mandi. Tipe ini mampu menghasilkan semprotan air yang lebar dan besar, dapat pula digunakan untuk mandi berdua dengan pasangan. Harga shower jenis ini sekitar Rp 1 juta sampai 2 juta per kepala shower, jadi jika dual maka harganya mencapai 4 juta sampai 10 juta.

  1. Ceiling shower head

Shower ini biasa dipasang pada plafon atau deck kamar mandi dengan kontrol handle di bagian tembok. Shower jenis ini mampu menghasilkan air cucuran yang sangat mirip dengan hujan dan akan langsung jatuh menyebar diatas kepala. Kekurangan shower ini adalah sulit untuk dibersihkan. Apabila langit-langit atau plafonnya cukup tinggi, maka seberan air kurang merata sehingga tidak akan bisa membersihkan rambut secara maksimal pada saat keramas. Harga shower ini adalah sekitar Rp 800 ribuan sampai 3 jutaan.



  1. Slidding bar shower head

Jenis kepala shower ini merupakan modifikasi shower tanam dan handheld shower yang dimana ketinggian shower ini bisa disesuaikan dengan tinggi badan penggunanya dengan cara menggeser ke atas atau ke bawah. Shower ini akan sangat cocok untuk digunakan kamar mandi umum di rumah yang biasanya mempunyai anggota keluarga yang cukup banyak dan beragam ketinggiannya. Harga shower ini adalah sekitar 600 ribuan sampai 3 jutaan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *