Cara Membuat Pondasi Besi Cakar Ayam

Tahukah Anda bahwa perkembangan dunia properti tidak akan pernah habis masanya. Didalamnya termasuk informasi mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk mendukung industri tersebut. Pembahasan hari ini, Cara Membuat Pondasi Besi Cakar Ayam.

Besi Cakar Ayam – Jika anda ingin membuat rumah dengan dua lantai maka harus membutuhkan tulangan besi pondasi cakar ayam. Ini bertujuan untuk memperkuat rumah terutama dari beban lantai dua. Cara membuat tulangan besi pondasi cakar ayam tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan beberapa hal termasuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi si pemilik rumah.

Membuat tulangan besi pondasi cakar ayam sebenarnya bisa kita lakukan sendiri namun harus memiliki ketelitian serta membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun kalau anda tidak pengen repot bisa juga membeli yang sudah jadi dengan konsekuensi harga lebih mahal ketimbang membuat sendiri. Rumah modern dua lantai banyak yang menerapkan tulangan besi pondasi cakar ayam untuk memperkuat rumah mereka.

Berikut Contoh 3 Bentuk Pondasi Cakar Ayam  :

Berikut detail tulangan besi pondasi cakar ayam :

Hal – hal yang perlu dilakukan sebelum membuat tulangan besi pondasi cakar ayam adalah melakukan survei sederhana dengan bertanya kepada tukang. Inilah hal-hal yang saya tanyakan, yaitu :

  • Berapa biaya jika saya ingin membeli jadi tulangan besi pondasi cakar ayam?

Jika kita ingin membeli jadi sebuah tulangan besi pondasi cakar ayam sangat tergantung dengan ukuran dan jenis besi yang digunakan. Jenis besi yang biasa digunakan yaitu besi biasa yang mulus dan besi ulir, setelah itu ukuran diameter besi yang akan digunakan sebagai contoh : Untuk ukuran tulangan besi pondasi cakar ayam 80 cm x 80 cm dengan besi ulir harganya Rp 300.000 ( pada Januari 2019).

  • Berapa Upah yang saya harus bayar untuk Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam?

Jika kita ingin sistem upahan dalam membuat tulangan besi pondasi cakar ayam, informasi yang saya dapat pak tukang meminta kisaran harga Rp 60.000 – Rp 75.000 untuk satu buah rangkaian tulangan besi pondasi cakar ayam dan juga terkadang harus nego untuk berbagai ukuran.

Pertanyaan ini sering sekali dilontarkan oleh mereka yang berkeinginan membuat rumah bertingkat dua. Tentunya harga tersebut ditentukan oleh berapa luas dari bangunan yang ingin anda buat. Jika ingin membeli jadi tulangan besi pondasi cakar ayam maka anda harus mengukur terlebih dulu, ada dua macam bahan yang digunakan untuk membuat tulangan besi pondasi cakar ayam yaitu terbuat dari besi mulus dan ada juga yang dari besi ulir.

Baca juga : Harga Besi Kolom Praktis Untuk Pondasi

Untuk harga biasanya tulangan besi pondasi cakar ayam berukuran 80 cm x 80 cm dipasarkan sekitar Rp 500 ribuan. Kemudian soal upah pmbuatan tulangan besi pondasi cakar ayam rata-rata mencapai Rp 60 ribu sampai Rp 100 ribu tergantung dari rumitnya proses pembuatan atau daerah anda sendiri.

Untuk menghemat pengeluaran anda bisa mengakalinya yaitu dengan cara sebagian dikerjakan oleh tukang dan sebagian lagi oleh anda sendiri.

Kelebihan Pondasi Besi Cakar Ayam

Pondasi besi cakar ayam biasa digunakan dalam membangun suatu kontruksi bangunan ataupun infrastruktur, karena pondasi besi cakar ayam ini memberikan banyak kelebihan, yaitu sebagai berikut:

  1. Bisa dibangun di atas tanah yang lembek

Pondasi besi cakar ayam ini bisa dibangun di atas tanah dengan tekstur yang lembek dan bahkan berair sekalipun. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan pondasi konvensional yang sangat sulit untuk melakukan pembangunan di atas tanah dengan tekstur yang lembek dan berair karena beresiko ambles, bergerak ataupun bergeser. Pondasi ini juga mempunyai daya dukung yang lebih tinggi dan sudah tidak membutuhkan sela-sela untuk dapat menampung pengembangan akibat perubahan cuaca.

  1. Tidak membutuhkan sistem drainase

Kelebihan lainnya dari pondasi besi cakar ayam adalah tidak memerlukan sistem drainase dan sambungan kembang kusut. Hal ini dikarenakan seluruh pondasi besi cakar ayam berisi beton pada yang sangat kuat sehingga tidak akan ada celah atau ruangan sebagai drainase. Maka dengan demikian, pengerjaan pondasi besi cakar ayam ini akan mengurangi biaya, material, dan juga waktu pengerjaan.

Kekurangan Pondasi Besi Cakar Ayam

Pondasi besi cakar ayam dikenal sebagai pondasi bangunan yang sangat kuat dan kokoh. Lalu apa kekurangan dari pondasi besi cakar ayam ini? Pada umumnya, pondasi besi cakar ayam ini diaplikasikan untuk membangun bangunan besar, bertingkat, ataupun proyek infrastruktur yang berskala besar. Maka dari itu, biaya pembuatan pondasi yang satu ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan pondasi konvesional.

Mengapa jauh lebih mahal? Hal ini dikarenakan pembuatan pondasi besi cakar ayam ini memerlukan peralatan dan bahan-bahan yang sangat banyak dan proses yang sangat rumit. Contohnya yaitu proses betonisasi yang memerlukan bahan-bahan yang jauh lebih banyak.

Baca juga: Harga Besi Wiremesh Lengkap

Proses Pembuatan Besi Cakar Ayam

Adapun beberapa langkah proses pembuatan pondasi besi cakar ayam adalah sebagai berikut:

  1. Penggalian tanah

Sebelum akan melakukan penggalian tanah, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran panjang, lebar, dan juga kedalaman pondasi. Adapun hal teknis yang harus diperhatikan yaitu  sebaiknya galian pondasi dibuat lebih lebar dari ukurannya supaya para tukang bisa bekerja lebih leluasa. Selain itu, semua galian tanah juga harus diletakkan jauh dari lokasi pengerjaan pondasi supaya tidak mengganggu.

  1. Penulangan pondasi

Proses perakitan tulangan (pipa-pipa beton) pondasi biasa dikerjakan di luar tempat pengecoran tetapi masih dalam satu lokasi proyek. Hal ini supaya tulangan pondasi bisa segera dipasang setelah dirakit. Teknisnya, hasil rakitan tulangan tersebut dimasukkan kedalam tanah galian kemudian diletakkan tegak lurus dengan bantuan waterpass.

Selanjutnya, tulangan diberikan jarak sekitar 40 mm dengan dasar tanah dengan batu kali yang ditempatkan di setiap ujung sisi sebagai pengganjal. Apabila rakitan terpasang dengan stabil, langkah selanjutnya adalah dengan membuat plat beton alias pengecoran.

  1. Bekisting

Proses berikutnya adalah pengerjaan bekisting. Tahukah Anda apakah itu bekisting? Bekisting adalah suatu konstruksi bantu yang bersifat sementara yang biasa digunakan untuk mencetak beton yang akan di cor, entah itu di dalamnya ataupun di atasnya.

  1. Pengecoran

Langkah yang terakhir adalah pengecoran. Adapun bahan-bahan pokok yang dibutuhkan adalah semen, pasir, kerikil atau split, dan juga air. Untuk bisa mendapatkan hasil dengan mutu yang baik, tentu harus menggunkan bahan yang bermutu juga.

Nah itulah tadi informasi mengenai harga dan juga proses pembuatan tulangan besi pondasi cakar ayam yang mungkin bisa bermanfaat buat anda.

Source:

gambar besi cakar ayam penutuh saluran air,cara buat cakar ayam,contoh gambar cakar ayam,gambar detail pondasi cakar ayam,cara membuat cakar ayam,cara membuat besi cakar ayam,cara membuat besi ceker ayam,pondasi ceker ayam sederhana,cara buat cakar ayam pondasi,cara membuat cakqr ayam

Loading...