Cara Ampuh Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara Ampuh Menghilangkan Karat – Besi menjadi salah satu material yang sering digunakan pada bangunan atau peralatan rumah tangga. Besi memiliki sifat yang kuat dan kokoh sehingga masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Hanya saja ada satu permasalahan yang kerap menghantui besi, yakni karat.

Karat adalah kondisi di mana besi mengalami korosi lewat proses oksidasi. Sehingga hal tersebut memunculkan kotoran hasil oksidasi berwarna kuning dan berbau layaknya besi. Kara ini dapat terbentuk lantaran terdapat uap air akibat udara di lingkungan sekitar yang lembab. Selain itu karat juga bisa muncul karena kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata, ataupun karena logam satu dengan yang lainnya saling bersinggungan.

Besi yang sering berada di luar ruangan kerap mengalami karat. Hal ini tentu saja menyebalkan. Apalagi jika karat menjangkiti peralatan yang sering kita gunakan. Akan tetapi kita bisa membersihkan karat tersebut agar besi kembali seperti sedia kala.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba dengan bahan yang berbeda-beda. Untuk selengkapnya silakan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Tandon Air

Garam, Air Jeruk dan Bubuk Soda Kue

Garam, air jeruk dan bubuk soda kue menjadi bahan yang sangat mudah untuk dijumpai. Dan kabar baiknya Anda bisa mengombinasikan ketiga bahan ini untuk menghilangkan karat pada besi. Lalu bagaimana caranya?

Pertama-tama campur setengah sendok garam, lalu setengah sendok bubuk soda kue dan air perasan jeruk. Selanjutnya diamkan campuran ketiga bahan ini sekitar dua jam saja sebelum campuran siap digunakan untuk membersihkan karat.

Sesudah dua jam, Anda bisa langsung mengoleskan campuran ketiga bahan tersebut pada besi yang berkarat. Diamkan beberapa saat dan perhatikan karat pada besi yang mulai hilang dan memudar. Jika sudah cukup, bersihkan dengan kain kering. Tidak hanya mudah didapatkan, dengan ketiga bahan ini kita bisa menghilangkan karat dengan mudah tanpa merusak benda atau barang yang terbuat dari besi.

Cuka Biasa

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan cuka biasa. Umumnya cuka ini digunakan pada dapur. Caranya Anda hanya perlu menuangkan cuka biasa pada benda atau besi yang berkarat. Setelah itu tunggu sekitar 24 jam.

Gosok bagian karat dengan memakai sikat atau spons. Agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan spons atau sikat berbahan dasar aluminium foil. Sebab material ini lebih cepat dan efektif dalam menghilangkan sisa-sisa karat pada besi.

Hanya saja perlu dicatat bahwa cara kerja cuka biasa dalam menghilangkan karat tidak secepat cuka putih. Akan tetapi setidaknya cuka biasa lebih sering dijumpai di sekitar kita. Sehingga Anda tidak perlu membeli terlebih dahulu atau jika tidak ada di dapur Anda bisa membeli di toko maupun minimarket terdekat.

Ampelas

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia konstruksi tentu sudah tidak asing dengan barang yang satu ini. Lazimnya ampelas digunakan untuk melakukan finishing supaya permukaan benda bisa rata atau halus. Ampelas juga dapat dipakai untuk menghilangkan karat pada besi.

Membersihkan karat pada besi dengan ampelas tergolong mudah. Hanya saja perlu diingat bahwa jangan menekan ampelas terlalu keras ketika Anda mengosoknya. Sebab hal ini justru bisa merusak benda yang terbuat dari besi. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa membeli ampelas di toko bangunan terdekat.

Bahan Bakar Solar

Solar adalah bahan bakar yang biasa digunakan pada kendaraan bermesin diesel. Dan ternyata bahan bakar yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada barang-barang yang terbuat dari besi. Sama seperti cara-cara di atas, menghilangkan karat pada besi dengan solar tergolong mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah merendam benda berkarat ke dalam wadah yang telah diisi dengan solar. Sesudah itu diamkan selama satu malam agar terjadi reaksi. Apabila sudah cukup, Anda bisa mengangkat barang tersebut dari rendaman solar dan mencucinya hingga bersih.

Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kedua bahan ini juga dapat dipadukan untuk menghilangkan karat yang muncul pada besi. Caranya potong kentang menjadi beberapa bagian, lalu blender sampai halus. Berikutnya campur kentang dengan sabun pencuci piring dan aduk sampai merata.

Jika sudah oleskan pada barang atau besi yang berkarat. Biarkan selama beberapa saat supaya kentang dan sabun piring tersebut meresap ke bagian karat. Kemudian gosok besi tersebut dengan spons berbahan dasar aluminium foil atau spons kawat. Pakai kain kering untuk membersihkan dan mengeringkan besi yang berkarat.

Minuman Bersoda

Sudah banyak yang mengetahui bahwa minuman bersoda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat. Caranya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menuangkan soda pada wadah, lalu rendang barang yang terbuat dari besi ke dalam wadah tersebut. Diamkan sampai karat memudar dan besi kembali bersih. Kemudian bersihkan benda yang kita rendam tadi dengan lap basah dan diikuti dengan kain lap kering.

Asam Sitrat

Asam sitrat merupakan produk yang bisa dijumpai di toko bahan kue. Anda bisa memanfaatkan asam sitrat ini untuk membersihkan karat. Caranya mirip dengan di atas, yakni campur bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam wadah. Setelah itu rendam barang-barang Anda yang berkarat ke dalam wadah tersebut.

Lambat laun karat tersebut akan terangkat dan menjadi lunak. Sehingga kita bisa membersihkan sisa-sisa karat dengan mudah memakai sikat atau spons.

Baking Soda

Selain asam sitrat, baking soda juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Hanya saja baking soda bekerja dengan baik pada barang-barang dengan karat ringan atau barang yang terbuat dari logam tipis. Jika tertarik mencobanya, silakan campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta kental. Lalu oleskan pada barang Anda yang berkarat.

Pastikan bahwa bintik-bintik yang berkarat tertutup dengan baik. Biarkan pasta menempel pada bagian yang berkarat selama satu jam atau lebih. Kemudian gunakan sikat kawat untuk menggosok barang yang berkarat tadi. Langkah selanjutnya bilas dengan air dan keringkan sampai bersih.

Baca juga: Harga Dan Model Ayunan Besi

Membersihkan Karat pada Besi Mesin

Karat juga bisa muncul pada besi mesin. Jika ingin membersihkannya Anda bisa memakai oli bekas, oli gemuk atau stempet. Jika ingin mencobanya, aplikasikan oli bekas, oli gemuk atau stempet pada besi mesin atau knalpot yang berkarat. Kemudian hidupkan mesin secara perlahan sampai suhunya naik.

Saat suhu naik oli akan menghilangkan karat. Hanya saja gunakan opsi ini sesekali saja. Tujuannya supaya mesin tetap terlihat bersih.

Tips Mencegah Karat

Karat adalah masalah yang umum dijumpai pada besi. Akan tetapi bukan berarti risiko tersebut tidak dapat dicegah. Anda bisa menghindari proses pengaratan itu. Perlu diketahui, air menjadi penyebab utama karat. Maka dari itu bersihkan peralatan dari besi jika bersentuhan langsung dengan air. Selain itu simpan benda-benda tersebut di tempat dengan kelembaban rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *