Cara Memasang Keramik Lantai Agar Siku


Memasang Keramik Lantai Agar Siku – Seringkali rumah-rumah baru yang ada di sekitar kita dihiasi dengan keramik. Memang material yang satu ini masih menjadi primadona di tengah masyarakat. Biasanya keramik digunakan untuk lantai ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur ataupun kamar mandi.

Jika Anda ingin mengganti lantai lama dengan keramik, Anda bisa saja memasangnya sendiri. Ada beberapa tahap yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Pada kesempatan kali ini kami jabarkan bagaimana cara pasang keramik lantai. Sehingga bisa jadi bahan pelajaran untuk Anda yang belum pernah memasang keramik sebelumnya.



Sebenarnya ada beberapa macam teknik pemasangan keramik. Anda mungkin baru mendengarnya. Maka dari itu kita bahas terlebih dahulu teknik pemasangan keramik.

Teknik Pemasangan Keramik

Pemasangan keramik lantai tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada teknik tertentu yang perlu kita pelajari dan pahami sehingga kita bisa memasang keramik dengan tepat dan sempurna. Pemasangan yang sempurna akan membuat keramik bebas masalah di kemudian hari.

Umumnya ada tiga teknik pemasangan keramik. Yakni open joint, closed joint dan expansion joint. Mari kita bahas secara singkat ketiga teknik ini.



Open Joint

Teknik ini dilakukan dengan memasang keramik dan menambahkan jarak nat lebih dari 3 mm. Teknik open joint bertujuan untuk mengantisipasi pemuaian yang terjadi pada material keramik. Itulah mengapa jarak nat dibuat lebih renggang.

Closed Joint

Berbeda dengan teknik di atas, closed joint merupakan teknik pemasangan keramik dengan jarak nat yang lebih kecil dari 3 mm. Jarak yang kecil ini dipakai untuk memasang jika Anda menggunakan keramik dengan porositas rendah.

Expansion Joint

Expansion joint adalah teknik memasang keramik dengan nat tidak seluruhnya diisi semen, melainkan juga diisi bahan lain seperti karet atau sterofoam. Tujuannya untuk mengantisipasi saat terjadi pergeseran struktur. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko ‘lantai meledak’ pada rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memasang keramik, kita harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Tujuannya agar pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Sebelumnya beli keramik dengan ukuran motif yang sesuai selera dan kebutuhan. Saat ini tidak sulit untuk mencari penjual keramik di sekitar kita ataupun di e-commerce.

Selain membeli keramik, Anda juga perlu membeli material khusus. Berikut adalah alat dan bahan yang harus disiapkan:

  1. Semen khusus ubin
  2. Papan aplikator
  3. Nat keramik
  4. Tile spacer
  5. Meteran
  6. Benang tebal
  7. Pensil
  8. Sarung tangan

Ukur Luas Lantai Ruangan

Langkah berikutnya adalah mengukur lantai ruangan. Untuk pekerjaan ini gunakan meteran. Tarik meteran dari dinding satu ke dinding lainnya. Baik atas bawah maupun kiri kanan. Jangan lupa untuk memberikan tanda dan pastikan tanda tersebut bertemu di satu titik di tengah ruangan. Lalu tempelkan benang garis meteran dan benang tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *