Cara Menghitung Harga Tanah Per Meter


Menghitung Harga Tanah Per Meter – Ketika ingin jual beli tanah, maka kita perlu mengetahui kisaran harga tanah yang ada di sekitar lokasi tanah berada. Kita bisa melakukan survei dengan mendatangi kelurahan ataupun bank.

Mungkin hal ini terdengar cukup merepotkan. Akan tetapi opsi lainnya Anda bisa mengetahui kisaran harga tanah per meter dengan melihat Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP. Anda bisa menjumpai NJOP ini pada struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).



Setiap daerah mempunyai nilai NJOP yang berbeda-beda. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara menghitung nilai NJOP jika ingin mengetahui kisaran harga tanah. Perlu dicatat, cara ini hanya bisa dipakai sebagai pembanding saja. Sebab harga tanah di pasaran biasanya jauh lebih mahal dari NJOP.

Berikut kami jelaskan lebih lanjut seputar cara menghitung NJOP untuk mengetahui kisaran harga tanah per meter. Sebelumnya kita awali dengan membahas seputar NJOP.

Baca juga: Cara Balik Nama Sertifikat Tanah

Pengertian NJOP

Jika ingin membeli tanah maka Anda harus mengetahui apa itu NJOP dan besaran NJOP. Dengan begitu Anda akan mengetahui dana yang perlu disiapkan untuk membeli tanah incaran Anda.



NJOP adalah harga rata-rata yang didapatkan dari hasil transaksi jual beli properti. Nilai Jual Objek Pajak ditetapkan negara sebagai dasar pengenaan pajak bagi perhitungan PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Itulah mengapa NJOP sering dijadikan patokan pada transaksi jual beli rumah atau tanah.

Aspek-aspek dalam NJOP

Di dalam NJOP terdapat setidaknya tiga aspek yang dijadikan sebagai dasar perhitungan. Antara lain perbandingan harga objek, nilai perolehan baru dan Nilai Jual Objek Pajak Pengganti. Berikut penjabaran ketiga aspek tersebut:

  1. Perbandingan harga objek: merupakan perbandingan harga objek yang berdasarkan pada perbandingan antara nilai NJOP dengan objek properti lain yang sejenis dan letaknya tidak berjauhan, serta sudah diketahui harga jualnya.
  2. Nilai perolehan baru: nilai perolehan baru adalah metode yang didasarkan pada perhitungan biaya untuk memperoleh properti yang dibeli dan dikurangi kondisi fisik properti yang sudah dibeli.
  3. Nilai Jual Objek Pajak Pengganti: juga disebut NJOP Pengganti. Merupakan penentuan nilai pajak yang berdasarkan hasil produksi objek pajak yang bersangkutan.

Menghitung NJOP per Meter

Selanjutnya kita bahas bagaimana cara menghitung NJOP tanah per meter. Untuk mengetahuinya harus didasarkan penilaian tanah dengan menggunakan pendekatan perbandingan harga pasar. Penentuan NJOP tanah per meter persegi ini sebenarnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah setiap tahunnya dan dilakukan secara massal. Penentuan tersebut dilakukan untuk menentukan besaran NJOP untuk biaya PBB.

Perbandingan harga tanah bisa kita lakukan dengan mengambil data harga lewat penjual, pembeli, notaris, badan pertanahan (BPN), ataupun agen properti. Di samping itu perbandingan juga dilakukan dengan melihat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga tanah. Contohnya lokasi, fasilitas yang ada di sekitarnya, aksesibilitas, kondisi tanah dan lain sebagainya.

Menentukan Harga Jual Properti dari NJOP

Saat ingin menjual properti, ada dua cara yang bisa kita manfaatkan untuk menentukan harga jualnya. Pertama adalah dengan melihat harga pasaran yang ada di sekitar properti yang akan dijual. Dan cara berikutnya adalah menentukan berdasarkan NJOP.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *