Desain Pintu Minimalis Berbagai Model


Pintu Rumah Minimalis – Pintu ini merupakan filosofi dari rumah minimalis sederhana. Dengan memilih pintu rumah yang cocok untuk dapat menambah ciri khas dinamis rumah minimalis sederhana anda. Ciri khas rumah minimalis terutama pada bagian pintu rumahnya adalah detail aksen garis tegak dan datar sebagai hiasan.

Tetapi ada juga cara membuat pintu yang didesain polos, hanya menambahkan unsur dinamis melalui warna kayu, warna plitur, vernis, atau cat putih, abu-abu dan hitam. Untuk bahannya sendiri saat ini sedang tren pintu jati, pintu kayu, pintu besi dan pintu aluminium yang digunakan pada desain rumah minimalis jaman sekarang.



Meski pintu rumah minimalis ini terkesan sederhana, tetapi ada banyak sekali varian desain, model, dan juga jenis-jenis pintu minimalis yang dapat anda pilih sendiri untuk mempertegas ciri khas rumah minimalis anda. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai ciri khas pintu rumah minimalis.

Hal Wajib Yang Dimiliki Desain Pintu Minimalis

Sesuai dengan kegunaan dan penempatannya sebagai pelengkap interior dan eksterior Rumah Minimalis, pintu minimalis ini mempunyai ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh pintu lainnya. Berikut adalah ciri khas pintu rumah minimalis yang perlu anda ketahui.

  • Pintu rumah kayu minimalis memiliki bahan kayu yang cukup kuat dan terlihat sederhana namun masih menonjolkan karakter yang elegan dan mewah. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu jati dengan motif alami pada kayunya. Selain itu, kayu trembesi dan ulin juga dapat digunakan sebagai pintu rumah minimalis.
  • Sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai pintu rumah minimalis, pintu ini memiliki bentuk simple dan hampir polos, tanpa hiasan yang rumit seperti pada rumah-rumah dengan gaya etnik atau futuristik yang lebih kompleks.
  • Terdapat tambahan garis tegak, daya atau kombinasi keduanya untuk pintu minimalis. Cukup manis dan dinamis sebagai hiasan.
  • Hanya dengan menggunakan satu warna saja untuk dapat mempertegas ciri khas pintu rumah minimalis. Biasanya akan menggunakan warna netral atau abu-abu. Namun terkadang juga menggunakan warna alami kayu dengan plitur dan vernis.

Baca juga: Harga Engsel Pintu

Memilih Pintu Minimalis

Saat ini, ada banyak sekali desain pintu rumah minimalis yang sangat menarik dengan harga bervariasi. Namun, perlu diingat ada juga beberapa hal untuk menjatuhkan pilihan. Berikut adalah tips memilih pintu rumah minimalis yang perlu anda perhatikan, diantaranya :



1. Desain Pintu

Desain pintu rumah minimalis ini memiliki ciri khas yang sederhana dan polos. Perpaduan garis tegak dan datar merupakan hiasan yang paling umum. Penggunaan detail lain yang dapat menambah kesan sederhana adalah bagian pegangan pintu.

Ada beberapa jenis pegangan pintu yang dapat anda pilih, yaitu perak, besi dan lainnya. Selain bahan kayu, pintu alumunium juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis anda.

2. Model Pintu

Model pintu rumah minimalis ini sangat beragam. Ada pintu yang berdaun satu, ada pula berdaun pintu dua. Apabila dilihat dari cara membukanya, ada dua pilihan model, yaitu pintu dorong dan pintu geser.

  • Daun pintu satu

Model pintu berdaun satu ini sangat manis untuk digunakan pada jenis rumah minimalis sederhana bertipe 36 dan 45. Pintu ini selain sangat cocok untuk bagian eksterior rumah, bagus juga digunakan sebagai pintu kamar.

  • Daun pintu dua

Model dua pintu ini sangat elegan digunakan sebagai pemanis eksterior rumah. Terutama jika teras rumah dan ruang tamu anda memiliki ukuran yang cukup luas. Merancang pintu lebar sangat penting sekali ketika anda mendesain dan menata ruang tamu serta memasukkan perabot.



  • Pintu geser

Desain pintu geser ini sangat unik dan akan menghemat tempat untuk pasang di rumah minimalis. Desain pintu geser memiliki banyak pilihan. Anda harus sering merawat pintu model geser ini untuk menghindari seret. Selain terbuat dari bahan dasar kayu, triplek juga dapat digunakan untuk membuat pintu geser ini.

  • Pintu dorong

Pintu rumah minimalis model dorong ini banyak kita jumpai dimana saja karena lebih umum dan praktis penggunaannya.



3. Bahan Kayu

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam membangun rumah, salah satunya adalah kayu. Memilih bahan kayu yang digunakan pada pintu rumah minimalis sangatlah penting untuk dapat mempertegas desain minimalis keseluruhan rumah anda.

Selain itu, pemilihan jenis kayu juga bertujuan agar terhindar dari rayap dan pintu rumah bisa awet. Tips memilih bahan kayu adalah sebagai berikut :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *