Harga Dan Ukuran Buis Beton


  1. Buis Beton untuk Gorong – Gorong

Fungsi dari buis beton selanjutnya adalah untuk gorong – gorong. Sebenarnya, buis beton atau beton precast hanya digunakan untuk gorong – gorong saja, namun seiring berjalannya waktu buis beton akhirnya juga dapat difungsikan untuk keperluan lainnya. Buis beton yang digunakan untuk gorong – gorong memiliki type yang sama dengan buis beton yang digunakan untuk sumur resapan. Hanya saja, dalam pembuatan gorong – gorong, yang sering sekali dipakai adalah buis beton dengan type setengah lingkaran.

Mengenai dimensi dan spesifikasi dari buis beton akan disesuaikan dengan kebutuhan nantinya. Fungsi buis beton adalah untuk melapisi dinding tanah dengan lebih baik. Dengan menggunakan buis beton dalam pembuatan gorong – gorong ini maka proses pengerjaannya dapat lebih cepat serta gorong – gorong juga menjadi lebih kuat dan tahan lama. Itulah mengapa, sekarang ini banyak sekali pembuatan gorong – gorong atau drainase yang menggunakan buis beton daripada dicor ataupun menggunakan teknik yang lain.



  1. Buis Beton untuk Pengairan

Fungsi terakhir dari buis beton adalah sebagai pengairan. Fungsi ini sama seperti fungsi buis beton pada gorong – gorong dan juga drainase. Dimana nantinya yanga akan digunakan adalah buis beton dengan tipe buis beton bulat ataupun buis beton belah. Proses pengerjaan menggunakan buis beton ini memang akan jauh lebih cepat serta lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan material saluran yang lainnya. Selain itu, menggunakan buis beton sebagai material untuk pengairan juga lebih unggul jika dibandingkan dengan menggunakan batu kali.

Hal ini dikarenakan buis beton untuk pengairan lebih mampu untuk melindungi air dibandingkan dengan menggunakan bahan material yang lainnya, serta buis beton ini juga termasuk bahan material yang sangat kuat.

Setelah membahas 3 fungsi dari buis beton di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa buis beton terdiri dari beberapa type dan juga jenis yang berbeda. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan dibawah ini :



  1. Type pertama, buis beton berdasarkan bentuknya

Sekarang ini kebanyakan pabrik buis beton memproduksi precast dalam 2 pilihan bentuk. Yang pertama adalah buis beton lingkaran penuh dan yang kedua adalah buis beton setengah lingkaran. Kedua bentuk ini memiliki kegunaannya masing – masing seperti yang telah dibahas sebelumnya. Buis beton lingkaran penuh biasanya digunakan untuk sumur resapan. Sedangkan, buis beton setengah lingkaran biasanya digunakan untuk pengairan air. Meskipun tak menutup kemungkinan jika untuk pengairan air akan digunakan buis beton bentuk lingkaran penuh untuk skala penggunaan yang jauh lebih besar.

  1. Type kedua, buis beton berdasarkan bahan yang digunakan

Semua jenis buis beton dibuat dari concrete atau semen yang dicetak. Bedanya adalah, ada yang menggunakan campuran pasir saat pembuatan dan ada yang tidak menggunakan campuran pasir. Buis beton tanpa campuran pasir diklaim lebih kuat sebab tidak akan ada air yang masuk ke dalam nantinya. Sedangkan buis beton yang dicampur pasir biasanya digunakan untuk sumur resapan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.